Penguasaan Kompetensi Konselor Mahasiswa Peserta Program Pengalaman Lapangan (PPL) Prodi Bimbingan Konseling IAIN Bukittinggi

Fadhilla Yusri

Abstract


Kinerja seorang konselor sekolah dinyatakan berkualitas jika ia menunjukkan perilaku tugas yang sesuai dengan indikator kompetensi inti yang ditentukan dalam Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor (SKAKK). Kualitas kinerja guru BK mengacu pada tingkat kesesuaian antara perilaku nyata yang ditunjukkan oleh guru BK ketika melakukan tugas khusus sebagai guru BK dan indikator kompetensi inti yang ditetapkan dalam SKAKK. Semakin tepat kinerja konselor sekolah dengan spesifikasi yang ditentukan dalam SKAKK, semakin berkualitas kinerja profesional konselor sekolah yang bersangkutan. Kualitas kinerja profesional konselor sekolah dengan demikian dapat diartikan sebagai memenuhi spesifikasi perilaku tugas profesional oleh konselor sekolah sesuai dengan yang ditentukan dalam indikator SKAKK.


References


A. Muri Yusuf. (2005). Metodologi Penelitian. Padang: UNP Press.

A.Suahenah Suparno. (2000). Membangun Kompetensi Belajar. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Baharuddin Harahap. (2003). Supervisi Pendidikan yang Dilaksanakanoleh Guru, Kepala Sekolah, Penilik dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Damai Jaya.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2006). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

Depdiknas. (2005). PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Diknas. (2003). UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas. Jakarta: Diknas.

Engels, Dennis W., Dameron. Joseph D. (1990). The Professional Counselor (Competencies, Performance Guidelines and Assessment). Alexandria: American Association for Counseling and Development.

E. Mulyasa. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung : Remaja Rosdakarya.

John M. Echold dan Hassan Shadly. (2009). Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: Gramedia.

M.H Arifin. (2003). Kapita Selekta Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Mungin Eddy Wibowo. (2005). Standardisasi profesi konseling. Semarang: makalah konvensi nasional XIV dan kongres nasional X ABKIN. (Makalah: Tidak diterbitkan)

Prayitno. (2013). Pembelajaran melalui Pelayanan Konseling. Padang: UNP Press.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v5i2.1141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.