Perhatian Orangtua dan Hasil Belajar Siswa di SMAN 1 Siantar

Ali Daud

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh orangtua siswa yang kurang memperhatikan pendidikan anaknya, seperti  mereka acuh tak acuh terhadap anaknya, tidak memperhatiksn sama sekali akan kepentingan- kepentingan dan kebutuhan- kebutuhan anaknya dalam belajar, tidak melengkapi alat belajarnya, tidak memperhatikan apakah anak belajar atau tidak, tidak tau bagaimana kemajuan belajar anaknya, kesulitan-kesulitan yang dialami belajar, sehingga menyebabkan anak kurang berhasil dalam belajarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif bersifat korelasi yaitu tipe penilitian yang bertujuan melihat dan mendeskripsikan pengaruh antara dua variabel penelitian.


References


Ahmadi Abu. (2003). Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Arifin Zainal. (1991). Evaluasi Instruksional, Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto Suharmi. (1998). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar Saifuddin. (2005). Metode Penelitian. Bandung: Ghalia Indonesia.

Dalyono M. (1997). Psikologi Pendidikan. Semarang: IKIP Semarang Press.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Danarjati Prasetia Dwi dkk. (2014) Psikologi Pendidika. Jakarta: PT. Raja Wali Gravindo Persada.

Djamarah Bahri Syaiful. (2002). Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dzakir. (1993). Dasar-Dasar Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Faisal Sanafiah. (1999). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Ghalia Indonesia.

Hadi Amir. (1998) Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Pustaka Setia.

Hasan Iqbal M. (2002) Poko-pokok Materi Statistik.Jakarta: Bumi Aksara.

Istadi Irawati . (2008). Mendidik Anak Dengan Cinta. Bekasi: Pustaka Inti.

Kartono Kartini. (1986). Peran Keluarga Dalam Memajukan Anak. Jakarta: Rajawali.

Lestari Sri. (2002). Psikologi Keluarg. Jakarta: Kencana.

Mudjijo. (1995) Tes Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Munandar Utami. (1998) Pengembangan Kreatif Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Narbuko Khalid dan Ahmadi Abu. (2009). Metodologi Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Nazir Moh. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Rahman Shaleh Abdul (2008). Psikologi suatu Pengantar dalam Perspektif islam. Jakarta: Kencana.

Rusyan Tabrani, dkk. (1994). Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rosda Karya.

Shochib Moh. (1998). Pola Asuh Orangtua. Jakarta: Rajawali.

Syah Muhibbin. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Syah Muhibbin. (1999). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Logos Wancana Ilmu.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Mempengaruhinya.Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana Nana. (2001). Penilaian Hasil Belajar Mengajar.Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sudjono Anas. (1996). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjono. (1999). Pengantar Statistik Pendidikan.Jakarta: Raja Wali Press.

Sumadi. (2004) Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Suryabrata Sumardi. (2005). Psikologi Pendidikan.Jakarta: PT. Raja Wali Grafindo Persada.

Walgito Bimo . (1989). Bimbingan dan Penyuluhan Di sekolah. Yogyakarta: Andi Offset.

Walgito Bimo. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Yono Sugi. (2006). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV. Alfabeta.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v5i2.1142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.