HUBUNGAN KESIAPAN DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Amnah Sari Hasibuan, Sasmi Nelwati, Safri Mardison

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan peserta didik di SMPN 31 Padang kelas VIII. Peserta didik sering dipanggil karena laporan guru mata pelajaran bahwa peserta didik tidak membuat tugas yang diberikan guru. Peserta didik sering terlambat ke sekolah dengan alasan bangun kesiangan dan bahkan tidak datang ke sekolah. Selain itu peserta didik belum menemui guru mata pelajaran untuk melakukan remedial padahal guru yang bersangkutan sudah menyediakan waktu untuk melaksanakan remedial peserta didik dan hal ini guru mata pelajaran tidak bisa memberikan nilai kepada peserta didik. Dan Peserta didik jarang mengulang kembali pelajaran yang ada di sekolah, peserta didik belajar ketika menjelang ujian saja dikelas, juga peserta didik sering keluar kelas. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ apakah ada hubungan antara kesiapan dengan prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP N 31 Padang?”. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah a) kesiapan peserta didik kelas VIII SMP N 31 Padang, b) prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP N 31 Padang, c) hubungan kesiapan dengan prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP N 31 Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang berbentuk korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik di SMP N 31 Padang yang berjumlah 247 orang dan jumlah sampel sebanyak 71 orang yang diambil dengan menggunakan teknik propotional random sampling. Instrumen penelitian ini adalah angket, kemudian data diolah dengan  menggunakan program statistical product and service solution (SPSS) versi 20, serta dianalisis dengan menggunakan rumus Product Moment Correlation Coefisien Karl Pearson. Hasil Penelitian mengungkapkan bahwa (1) kesiapan belajar peserta didik kelas VIII SMP N 31 Padang tergolong sedang yaitu dengan 19 orang atau 26,77% dengan nilai rata-rata 179,68 (2) prestasi peserta didik kelas VIII SMP N 31 Padang tergolong sedang yaitu dengan 15 orang dan nilai rata-rata 63,18 atau 21,13% (3) tingkat signifikan yang digunakan adalah 5% (α=0,05). Kriteria pengujian H0 ditolak dan Ha diterima apabila rhitung > rtabel. Dari hasil pengolahan data di dapatkan bahwa rhitung = 0.419 lebih besar dari rtabel untuk signifikan 5%=0,232, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga kesimpulannya didapat bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kesiapan dengan prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP N 31 Padang. Artinya, semakin baik kesiapan peserta didik maka semakin baik pula prestasi belajar peserta didik.

References


Arikunto, Suharsimi.2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.

Dalyono,M.2005.Psikologi Pendidikan. Semarang: Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri.2011.Psikologi Belajar.Jakarta: Rineka Cipta.

Sobur,Alex.2009.Psikologi Umum. Bandung : Pustaka Setia.

Mulyani,Dessy.2013.Konselor Jurnal Ilmiah Konseling.

Nasution,S.2011.Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Prayitno.1997.AUM PTSDL. PADANG: FIP UNP.

Rohmalina,Wahab.2016. Psikologi Belajar.jakarta: Rajawali pers.

Slameto.2010.Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudirman, N. DKK.1992.Ilmu Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya

Sudjana, Nana. 2005.Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar.Bandung: Sinar Baru.

Suryabrata, Sumadi,2001. Psikologi Pendidikan.Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Syah,Muhibin.1991. Psikologi Belajar.Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

UU No.20 SISDIKNAS. 2003.Bandung: Fokus Media

Wasty,Soemanto.2012. Psikologi Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v6i1.1751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.