PERILAKU AGRESIF REMAJA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI 5 KOTA SOLOK

Silvia Febriantika, Nursyamsi Nursyamsi, Awida Awida

Abstract


Telah dilakukan penelitian untuk mendeskripsikan atau menggambarkan macammacam perilaku agresif, faktor penyebab perilaku agresif dan bagaimana implikasinya terhadap layanan bimbingan dan konseling di SMP N 5 Kota Solok. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus.Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data penelitian diolah dan dianalisa dengan mengunakan teknik analisa deskriptif kualitatif. Keabsahan data penelitian diuji dengan Teknik pemeriksaan derajat kepercayaan (Credibility), Teknik pemeriksaan keteralihan dengan cara uraian rinci, Teknik pemeriksaan kebergantungan (auditing), dan Teknik pemeriksaan kepastian. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan ada beberapa macam perilaku agresif yang dilakukan oleh peserta didik yaitu perilaku agresif fisik aktif langsung, agresif aktif tidak langsung, dan agresif verbal aktif langsung. Perilaku agresif fisik aktif langsung seperti memukul teman, menonjok, mendorong kepala teman, dan mencubit. Agresif verbal aktif langssung seperti menghina, mengolok-olok, menertawakan, dan melontarkan kata-kata kasar. Peserta didik berperilaku agresif disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor lingkungan dan faktor sosial. Faktor lingkungan berasal dari pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Sedangkan faktor sosial disebabkan faktor frustasi karena tidak tercapainya suatu keinginan yang dikehendaki serta dari pembelajaran model kekerasan dimedia dan kekerasan yang dilakukan dilingkungan keluarga. Layanan yang diberikan terhadap peserta didik yang berperilaku agresif adalah layanan konseling individual dan layanan informasi.

References


Agus Abdul Rahman. 2014. Psikologi Sosial (Integritas Pengetahuan Wahyu Dan Pengetahuan Empirik. Jakarta: Raja Wali Pers.

Ardimen dan Dian Erhan Saputra. 2010. Metodologi Dalam Penelitian Konseling. Batusangkar: STAIN Batusangkar Press.

Bimo Walgito. 1999. Psikologi Sosial (Suatu Pengantar). Yogyakarta: Andi Offset.

Chalid Narbuko, dan Abu Ahmadi. 2005. Metodologi Peneltian. Jakarta: Bumi Aksara.

Elizabet B. Hurlock.1980. Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Retang Kehidupan). Jakarta: Erlangga.

Emzir. 2010. Metode Penelitian Kualitatif ANALISIS DATA.Jakarta: Rajawali Pers.

Farouk Muhammad dan Djali. 2005. Metode Peneltian Sosial. Jakarta: PTIK Press dan Restu Agung.

Iqbal Hasan. 2002. Pokok-pokok Materi Metode Penelitian Dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Lexi J. Maleong, 2010, Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, Bandung : Remaja Rosdakarya

Muhammad Ali Dan Muhammad Asrori. 2004. Psikologi Remaja (Perkembangan Peserta Didik). Jakarta: Pt. Bumi Aksara.

Sarlito W, Sarwono. 2010. Psikologi Remaja. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada.

Suharsimi Arikunto. 2008. Prosedur Peneltian Suatu Pendidikan Praktek Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.

Syamsu Yusuf Dan Juntika Nurihsan. 2014. Landasan Bimbingan Dan Konseling. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Umar Husein. 2009. Metode Penelitian Skripsi dan Tesis.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v6i1.1754

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.