HUBUNGAN ANTARA DETERMINASI DIRI DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MAN 3 KOTA PADANG

Nofriligia Utami, Martin Kustati, Asri Atuz Zeky

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan determinasi diri dengan hasil belajar pada peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 3 Kota Padang dengan populasi sebanyak 256 orang dan jumlah sampel sebanyak 72 orang. Pengambilan sampel diambil dengan menggunakan probability random sampling menggunakan rumus slovin dengan error sampling 10%. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuesioner tentang determinasi diri dan nilai rapor. Berdasarkan pengujian hipotesis antar kedua variabel didapatkan koefisien korelasi sebesar 0.503, artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara determinasi diri dengan nilai hasil belajar peserta didik. Semakin tinggi tingkat determinasi diri peserta didik maka semakin tinggi juga nilai hasil belajar yang didapatkannya, begitu pula sebaliknya. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan bagi pihak sekolah khususnya bagi guru Bimbingan Konseling (BK) untuk memahami determinasi diri serta dapat dijadikan bahan acuan untuk menyusun program layanan BK agar peserta didik dapat memahami determinasi diri dan memiliki kesadaran untuk meningkatkan determinasi diri untuk mencapai nilai hasil belajar yang lebih baik.

References


Dariyo, Agoes. 2013. Dasar-dasar Pedagogi Modern. Jakarta: Indeks.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mithaug, Dennis E, et al. 2003. Self Determined Learning Theory Construction, Verification, and Evaluatin. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.

Ormrod,Jeanne Ellis. 2008. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang.Jakarta: Penerbit Erlangga.

Paramita, Aurora, Meithy Intan R.L, dan Awaluddin Tjalla. 2014. Hubungan Antara Determinasi Diri dengan Nilai Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA 53 Jakarta. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol. 3 No. 1. UNJ.

Rozali,Yuli Azmi.2014. Hubungan Self Regulation dengan Self Determination Studi pada Mahasiswa Aktif Semester Genap 2013/2014. Jurnal Psikologi, Vol. 12 No. 2, Universitas Esa Unggul.

Ryan, Richard M. and Edward L. Deci. 2000. The What and Why of Goal Pursuits: Human Needs and The Self Determination of Behavior. Jurnal Psychology. Vol. 11,No. 4.

University of Roschester.

Ryan, Richard M. and Edward L. Deci. 2017. Self Determination Theory Basic Psychological Needs in Motivation, Development, and Wellness. New York: The Guilford Press.

Sukmadinata, Nana Syadih. 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Sugiyono.2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung: ALFABETA.

Tohirin.2008. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Werang,Basilius Raden. 2015. Pendekatan Kuantitatif dalam Penelitian Sosial. Yogyakarta: Calpulis.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v6i1.1756

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.