EFEKTIVITAS KONSELING INDIVIDUAL DENGAN PENDEKATAN KONSELING CLIENT CENTERED DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMA N 1 DUA KOTO

Delita Warni, Junaidi Junaidi, Rahmawati Wae

Abstract


Penelitian ini beranjak dari fenomena banyaknya peserta didik yang melakukan pelanggaran disiplin dalam mematuhi tata tertib sekolah. Untuk mereduksi tingkat pelanggaran tersebut guru BK berupaya mengatasinya melalui beberapa jenis layanan salah satunya dengan layanan konseling individual namun hasilnya belum optimal. Peneliti mencoba melakukan layanan konseling individual dengan pendekatan client centered. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pendekatan konseling client centered dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Penelitian ini tergolong penelitian pre eksperimen model One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 83 orang, sedangkan sampel penelitian adalah 7 siswa yang terindikasi memiliki tingkat pelanggaran disiplin tinggi berdasarkan teknik non random sampling dan rekomendasi guru BK. Instrumen pengumpulan data adalah skala likert. Uji hipotesis menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 22. Hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat perbedaan antara nilai pretest dengan nilai posttest. Dari hasil test statistik mengunakan uji Wilcoxon  diperoleh nilai signifikansi p-value sebesar 0,018 pada taraf signifikan 0,05. Berdasarkan ketentuan yang berlaku pada Uji Wilcoxon maka dapat dikatakan Ho ditolak artinya pendekatan konseling client centered efektif dalam meningkatkan kedisiplinan siswa.


References


Arikunto, Suharsimi. 1998. Manajemen Pengajaran. Jakarta: Aneka Cipta.

Corey, Gerald. 2009. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Penerjemah oleh E.Koeswara. Bandung: PT Refika Aditama.

Hadiyanto. 2000. Manajemen Peserta Didik. Padang: UNP Press.

Hamalik, Oemar. 1995. Psikologi Remaja. Bandung: Mandar Maju.

Hanum, Lutfia Latifah, 2016. Efektifitas Konseling Islami dengan pendekatan Client Centered Theraphy untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa kelas VIII MTs Negeri Janten, Kulon Progo. Tesis, Program Studi Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga. Diakses pada Tanggal 25 Oktober 2019 pukul 11.00 WIB.

Prayitno. 2009. Wawasan Konseling. Padang: UNP.

Setyawati, Suerlin. 2017. Konseling Kelompok dengan Teknik Client Centered Therapy dalam Meningkatkan Ketaatan Terhadap Tata Tertib Sekolah. Tesis, Program Studi Magister Studi Islam Program Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Diakses pada tanggal 1 Agustus 2019 pukul 20.20 WIB.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidi kan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2014. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.2009. Metode Penelitian Pendidi kan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sujanto,Agus. 1998. Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Surya, Muhammad. 1994. Dasar-dasar Konseling Pendidikan (Konsep dan Teori).Bandung: Bhakti Winaya.

Surya, Muhammad. 2003. Teori-teori Konseling. Bandung: Pustaka Bani Quraiys.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v6i2.1923

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.