DAMPAK KECANDUAN GAME ONLINE PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 12 PADANG

Nibras Salimah, Ilpi Zukdi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kecanduan peserta didik memainkan game online yang dilengkapi fitur fitur menarik akibat  maraknya perkembangan teknologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak sosial, psikis dan fisik kecanduan game online pada peserta didik di SMPN 12 Padang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan metode kualitatif. Sumber data bagi peneliti adalah peserta didik SMPN 12 Padang, wali kelas dan guru BK guna memperoleh informasi tentang dampak kecanduan game online pada peserta didik di SMPN 12 Padang. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil wawancara dengan responden kemudian dibandingkan dengan observasi, diolah, dianalisa dan disajikan dalam suatu kalimat yang bermakna. Keabsahan data diperiksa dengan teknik pemeriksaan derajat kepercayaan. Hasil penelitian ini sebagai berikut: bahwa kecanduan bermain game online sangat berpengaruh pada sosial, psikis, dan fisik peserta didik. Kecanduaan game online membuat peserta didik lupa waktu, melalaikan tugas dan tanggungjawab, kurang interaksi sosial,emosi peserta didik menjadi tidak stabil, dan emosi mudah terpancing ketika tidak bisa mengalahkan tantangan yang dimainkannya. Dari segi fisik peserta didik mengalami beberapa cedera pada bagian tubuh seperti leher, punggung, tulang belakang, pergelangan tangan, dan juga mengalami penurunan berat badan akibat lupa makan dan penambahan berat badan akibat sering ngemil dan makan makanan siap saji.


References


Adiningtiyas, Sri Wahyuni. 2017. Peran Guru dalam Mengatasi Kecanduan Game Online. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling. Vol 4.No.1 (2017). http://dx.doi.org/10.33373/kop.v4 i1.1121

Ahmadi,Abu ,H &Sholeh, Munawar.2005. Psikologi Perkembangan (Edisi Revisi).Jakarta : Rineka Cipta.

Al-Munajid,Muhammad. 2016. Bahaya Game. Solo : Aqwam

Angela.2013.Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN 015 Kelurahan Sidomulyo Kecamatan Samarinda Ilir. Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol.1(2):532-544.

Arikunto,Suharsimi. 2008. Prosedur Peneltian Suatu Pendidikan Praktek Edisi Revisi VI, (Jakarta: Rineka Cipta.

Artini,D.A.E.Y.,Nyandra,M.,&Suarjana, N. (2019, October).Hubungan pola asuh terhadap perilaku game online di SMK Kesehatan PGRI Denpasar. In Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, dan Sosial Humaniora (SINTESA)(Vol.2, No.1).

Chen, C. Y. & Chang,S. L 2008. An Exploration Of Tendency To Online Game Addiction Due To User‟s Liking Of Design Feature. Asian journal of Health and Information Sciences. Vol 3. No 1-4. Taiwan

Farouk, Muhammad dan Djali. 2005. Metode Peneltian Sosial. Jakarta: PTIK Press dan Restu Agung.

Kim. Hyo-Jun.2002. Improving The Vehicle Performance With Active Suspension Using Road-Sensing Algorithm. (Elcevier Science Ltd.)

Kusumawati,R., Aviani,Y.I., & Molina,Y. 2017.Perbedaan tingkat kecanduan (adiksi) game online pada remaja ditinjau dari gaya pengasuhan. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang),8(1).

Maleong, Lexi J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Monks,F.J.,& Roney, A.M.P.2006. Psikologi Perkembangan Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya, ed. Ke 16. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Narbuko, Cholid dan Ahmadi, Abu. 2005. Metodologi Peneltian. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution. 1992. Metode Penelitian Naturalistik-Kualitatif. Bandung : Tarsito.

Rini,Ayu.2011. Menanggulangi Kecanduan Game Online Pada Anak. Jakarta : Pustaka Mina.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitataif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v6i2.2127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.