STRATEGI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING SMKN 2 SOLOK DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI

Disa Edkamila, Nursyamsi Nursyamsi, Aprizal Ahmad

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi kesulitan peserta didik dalam belajar daring masa covid 19. Peserta didik semakin malas mengerjakan tugas karena sering ketinggalan informasi mengenai tugas. Hal ini disebabkan oleh kurang memadai  jaringan internet di tempat tinggalnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas X pada masa Covid di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Solok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru Bimbingan Konseling mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada masa covid. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif yaitu metode untuk mendapatkan gambaran sesuatu apa adanya. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi kepada guru pembimbing, wali kelas, serta peserta didik. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan strategi guru bimbingan dan konseling  mengatasi kesulitan belajar peserta didik di masa pandemi dengan melakukan kerjasama dengan wali kelas dan tim IT untuk melaksanakan layanan informasi bimtek mengenai cara belajar menggunakan aplikasi kelas maya. Kelas maya merupakan lingkungan belajar yang ada dalam konten digital yang dapat diakses, disimpan, dan dibagikan melalui jaringan komputer dan sistem informasi sehingga dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

References


Abin Syamsudin, 2004. Psikologi Kependidikan Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung: Remaja Rosdakarya,

Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono, 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta,

Ahmad Susanto, 2013. Teori belajar dan pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Kencana,

Achmad Juntika Nurihsan, 2009. Bimbingan dan Konseling Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: PT Radika Aditama.

Dewa Ketut Sukardi, 2000. Proses Bimbingan dan Penyuluhan, Jakarta: Rineka Cipta.

Martini Jamaris. 2009. Kesulitan Belajar Perspektif, Asessmen dan Penanggulanganya. Cet.I. Jakarta : Yayasan Penamas Murni.

Muhibbin Syah, 2012. Piskologi Belajar. Jakarta: PT RajaGrafindoPersada,

Saiful Bahri Djamrah, 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sofyan Willis, 2005. Konseling Individual. Bandung; Alfabeta.

Somantri,2005. Psikologi Anak Luar Biasa, Bandung: Refika Aditama.

WS.Winkel, 2003.Psikologi Bimbingan. Bandung: PT Eresco.

Harnani,Sri.2020. Efektivitas Pembelajaran Daring di masa pandemi Covid-19 https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/efektivitas-pembelajaran-daring-di-masa-pandemi-covid-19 diakses 3 Agustus 2020

https://id.m.wikipedia.org/wiki/strategi, diakses pada tanggal 2 Juni 2020


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v7i2.2324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.