PERILAKU MENYONTEK DI KALANGAN PESERTA DIDIK DI SMPN 3 KOTO XI TARUSAN

Ayu Wulandari, Hallen A, Wahyuli Lius Zen

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi adanya ditemukan perilaku menyontek di kalangan peserta didik. Melalui penelitian ini peneliti ingin mengetahui apa yang melatarbelakangi perilaku menyontek di kalangan peserta didik, faktor faktor penyebab munculnya perilaku menyontek dan bentuk bentuk perilaku menyontek di kalangan peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMPN 3 Koto XI Tarusan dengan mengunakan metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan mengunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada peserta didik, wali kelas dan guru Bimbingan Konseling SMPN 3 Koto XI Tarusan. Data penelitian yang diperoleh selanjutnya dianalisa dengan cara mendeskripsikan, mengkombinasikan dan mengintegrasikan berbagai  unsur yang terpisah selama pengumpulan data sehingga dapat menjadi sesuatu kesatuan untuk ditarik menjadi kesimpulan. Melalui penelitian ini dapat disimpulkan bahwa yang melatarbelakangi perilaku menyontek dikalangan pelajar adalah rendahnya minat belajar, kebiasaan menunda tugas, kurang percaya diri terhadap kemampuan sendiri, keinginan nilai tinggi, pikiran negatif, dan kecemasan yang berlebihan. Selain itu ditemukan bahwa rasa tidak percaya diri, kebiasaan, malas, teman sebaya dan tuntutan berlebihan dari orang tua merupakan faktor penyebab munculnya perilaku menyontek di kalangan pelajar. Sedangkan bentuk-bentuk perilaku menyontek yang dilakukan oleh peserta didik yaitu melihat jawaban teman, melihat internet, menulis di atas meja, kode tangan dan membuat catatan kecil.

References


Arikunto Suharisimi. 1990. Manajemen Penelitian. (Jakarta: PT Rineka Cipta)

Ali H. Rohmad. 2009. Kapita Selekta Pendidikan (Yogyakarta: Teras)

Ajzen dan Fishbein. M. 1975. I. Belief. Attitude. itention and behavior: An introduction to Theory and Research. Reading. MA: Addison-Wesley

Alhadza Abdullah . Masalah Perilaku menyontek (Cheating) didunia pendidikan. Http://depdiknas.go.id/jurnal. (19 desember 2019)

Daradjad Dzakiah . 1992. Ilmu Pendidikan Islam. (Jakarta: Bumi Aksara)

Hartanto Dody . 2012. Bimbingan dan konseling menyontek mengungkap akar masalah dan solusinya. (Jakarta: Penerbit Indeks)

Hamdani Ubaidi dan Rusy 2014. Menyontek. Hmm Nggak Ah !!. (Jakarta: Tarns Media)

Maleong J Lexi. 2005. Metodologi penelitian kualitatif. (Bandung: Remaja Rosda Karya)

Nasution. 2009. Metodologi Penelitian Ilmiah. (Jakarta: Bumi Aksara, 2009)

Narbuko Cholid dan Abu Achmad. 2005. Metodologi penelitian. (Jakarta: Bumi Aksara)

Sudijono Sumardi. 1991. Metodologi Penelitian. (Jakarta: Rajawali Press)

Usman Husaini . 2006. Metodologi Penelitian Sosial. (Jakarta:Bumi Aksara)

Undang-undang RI nomor 20 tahun 2003. Tentang sistem pendidikan nasional (Jakarta: Sinar Grafika)

Werang R. Basilius. 2015. Manajemen Pendidikan disekolah. (Yogyakarta: Media Akademi)

Zuriah Nurul . 2006. Metodologi penelitian sosial dan pendidikan. (Jakarta: Bumi Aksara)


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v7i1.2357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.