HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTSN 5 AGAM TIKU

Ernawati ernawati, Remiswal Remiswal, Safri Mardison

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi adanya ditemukan beberapa peserta didik malas membaca, tidak membuat catatan, tidak membuat latihan, dan tidak konsentrasi selama pelajaran di kelas serta tidak membuat pekerjaan rumah karena alasan lupa. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 5 Agam Tiku. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional. Sampel penelitian diambil dengan cara simple random sampling sehingga diperoleh 71 orang peserta didik untuk mewakili populasi peserta didik kelas VIII di MTsN 5 Agam Tiku. Kepada 71 sampel ini diberikan angket tentang kebiasaan belajar yang kemudian datanya diolah mengunakan SPSS Versi 20. Data penelitian selanjutnya dianalisis menggunakan rumus Product Moment Correlation coefisien Karl Pearsons. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa kebiasaan belajar dan hasil belajar peserta didik berada dalam kategori cukup baik dengan nilai korelasinya sebesar 0,396. Nilai korelasi ini lebih besar dari nilai korelasi pada tabel dimana untuk taraf signifikan 1% nilainya sebesar 0,302 dan untuk taraf 5% nilainya 0,232. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kebiasaan belajar maka semakin tinggi juga hasil belajar yang diperoleh peserta didik kelas VIII di MTsN 5 Agam Tiku dan begitu pula sebaliknya.

References


A. Muri Yusuf. 2007, “Dasar-dasar Metodologi Penelitian”. Padang: UNP Press.

Ahmad Susanto, 2013, Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana.

Anas Sudijono, 2006, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta:PT.Raja Grafindo Persada.

Arifin Prima, 2012, Hubungan Kebiasaan BelajarDenganPrestasi Belajar, Universitas Negeri Malang.

Asep Jihad, 2012, Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta: Multi Pressindo.

Asep Jihad, Abdul Haris. 2012, Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta: Multi Pressindo.

Aunurrahman, 2010, Belajar Dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Bambang Prasetyo, 2011, Metode Penelitian Kuantitatif :Teori dan Aplikasi,Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Bimo Walgito, 2004, Bimbingan dan Konseling(Studi dan Karir), Yogyakarta: Andi Offset.

Daryanto, 2010, Belajar Dan Mengajar, Bandung: CV. Yrama Widya.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, 1994, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Desri Devita, 2018, Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Gunung Talang Solok .

Dimyati dan Mudjiono, 2009, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali, 2011, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Duwi Priyatno, 2012, Cara Kilat Belajar Analisisdata dengan SPSS 20,Yogyakarta: CV Andi Offet.

Hermawati, 2013, Bimbingan Akademik Dan Prestasi Belajar Perspektif Sosiologi Pendidikan, Padang: Imam Bonjol Padang Press.

Melisa,2015, Peranan Guru Pembimbing Dalam Meningkatkan Kebiasaan Belajar Siswa SMKN 2.

Muhibbin Syah, 2012, Psikologi Belajar, Jakarta: Rajawali Pres.

Nana Sudjana, 2005, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung PT Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana,2008, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar BaruAlgensindo.

NanaSyaodihSukmadinata, 2009,Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya,Offset.

Ngalim Purwanto, 2013, Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ramayulis, 2016, Bimbingan dan Konseling Islam di Madrasah dan di SekolahJakarta : KalamMulia.

Redi Saputra M. Kebiasaan Belajar Peserta Didik Kelas VIII Di SMPN 5 Gunung Talang. 2017

Riko Kurniawan, 2017, Hubungan Konformitas Teman Sebaya Dengan Hasil Belajar Peserta Didik SMPN 2 Lengayang Pesisir Selatan.

Rosleny Marliany, 2010, Psikologi Umum, Bandung: Pustaka Setia.

Saifuddin Azwar, 2015, Sikap Manusia Teori dan Penerapannya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slameto, 2010, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono, 2003, Metode Penelitian Administrasi, Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: RinekaCipta.

The Liang Gie, 1995, Cara Belajar Yang Efisien, Yogyakarta: Liberty.

Wahab Jufri, 2013, Belajar dan Pembelajaran Sains, Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Welmi Yulisa, 2016, Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Ranah Kognitif Peserta Didik Di SMPN 10.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v7i1.2361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.