HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMPN 1 V KOTO KAMPUNG DALAM KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Maisha Fajriani Halim, Safri Mardison

Abstract


Penelitian ini berdasarkan fakta lapangan yang penulis temukan di SMPN 1 V Koto Kampung Dalam bahwasabpelanggaran disiplin yang dilakukan peserta didik diantaranya adalah sering keluar di saat jam pelajaran berlangsung, tidak membawa catatan ketika belajar, tidak mengerjakan PR dan tidak memperhatikan guru di saat menerangkan materi pelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik, yang berjumlah 167 orang dan jumlah sampel sebanyak 42 orang yang diambil dengan penggunaan teknik Proposional random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Data diolah dengan menggunakan program statistical product and service solution (SPSS) versi 20.00, serta dianalisis dengan menggunakan rumus Product Moment Correlation Coefisien Karl Pearson. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa (1) Disiplin belajar peserta didik kelas VIII di SMPN 1 V Koto Kampung Dalam dikategorikan sedang dengan jumlah persentase sebesar 45,24% sedangkan hasil belajar nya dikategorikan Tinggi dengan jumlah persentase sebesar 38,10%. Selain itu dari hasil pengolahan data didapatkan bahwa rhitung = 0,727 lebih besar dari rtabel untuk taraf signifikan 1%= 0,393 dan untuk signifikan 5% = 0,304, sehingga dinyatakan terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar peserta didik disiplin belajar dengan prestasi belajar peserta didik.


References


Azwar, Saifuddin. 2012. Penyusunan skala Psikologi.Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

AsyMas’udi. 2000. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Yogyakarta: PT Tiga Serangkai.

Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djunaidi Ghony dan Fauzan Almanshur. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif). UIN Press: Malang.

Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Ghozali, Imam. 2005. AplikasiAnalisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi Ketiga. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hakim, Thursan. 2000. Belajar Secara Aktif. Jakarta: Puspa Swara.

Hamdani. 2011. Dasar-dasar Kependidikan. Bandung : Pustaka Setia.

Hamzah B Uno. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta:BumiAksara.

Irianto, Agus. 2010. Statistik konsep dasar, aplikasi & pengembangannya. Jakata: Kencana.

Imron, Ali, 2012 Manajemen peserta didik berbasis sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jufri, Wahab. 2013. Belajar dan Pembelajaran SAINS. Bandung: Reka Cipta.

Nanang Hanafiah & Cucu Suhana. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Nazir. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rieneka Cipta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Pernada Media Group.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v7i2.2365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.