PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL REMAJA

Ayu Intan Delima, Citra Ayu Kumala Sari

Abstract


Penelitian dilaksanakan berdasarkan pada fakta lapangan yang menunjukkan bahwa para remaja memiliki kemampuan interaksi sosial yang rendah. Permasalahan ini membuat mereka kurang optimal dalam melakukan interaksi dengan orang lain baik dengan keluarga, maupun teman sebaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui interaksi sosial para remaja sebelum diberikan perlakuan, dan untuk mengetahui interaksi sosial remaja setelah diberikan perlakuan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif ekperimen dengan desain penelitian pre-test post-test control group design. Desain ini adalah desain yang  terdiri dari dua kelompok yang berbeda yaitu kelompok kontrol dan kelompok ekperimen. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen berupa angket interaksi sosial. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji independent sampel t test. Pengujian hipotesis ini dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 20. Hasil yang didapat pada penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan kelompok teknik diskusi dapat meningkatkan interaksi sosial pada remaja. Hasil ini dapat dibuktikan dari hasil SPSS yang menunjukkan bahwa nilai hipotesis sebesar 0,001<0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak, diartikan bahwa penelitian ini dapat meningkatkan interaksi sosial para remaja di dusun Semanding.

References


Andarbeni, Sari Lisdian. Studi tentang Kemampuan Interaksi Sosial Anak Kelompok A dalam Kegiatan Metode Proyek di TK Plus AL-FALLAH Pungging Mojokerto. Jurnal BK UNESA. Vol. 04. No. 01. 2013.

Fairuzry dkk. Analisis Perbedaan Pemahaman Antara Experienced dan Non-Ekperience Smartphone User Terhadap Application Permission. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Vol. 1, No. 10, Oktober 2017.

Fatnar dkk. 2014. Kemampuan Interaksi Sosial Remaja yang Tinggal Dipondok Pesantren Dengan yang Tinggal Bersama Keluarga. Jurnal Fakultas Psikologi. Vol. 2, No 2.

Hermawati dan Suherman. Kesulitan Belajar Berlatar Interaksi Sosial Peserta Didik di Sekolah. Jurnal of Inovatif Counseling: Teori, Praktice, Reserch. Vol. 1. No. 2, Agustus 2017.

https://www.kompasiana.com/aspiandi/5528d490f17e617b0e8b45a9/meningkatkan-interaksi-antar-siswa-di-kelas# di akses pada November 2019, pukul 15.29 WIB.

https://www.kompasiana.com/putriseptiani/5ae353a9cf01b4586778c102/apakah-rendahnya-interaksi-sosial-dapat-diatasi-melalui-konseling-kelompok diakses pada tanggal 14 November 2019, pukul 07.18 WIB.

https://www.kompasiana.com/yogaarief/5b4a1ccbdd0fa80d2131d2c6/melemahnya-interaksi-manusia-di-dunia-nyata-akibat-adanya-media-baru?page=all diakses pada 19 November 2019, pukul 19.12 WIB.

Lamajau, Eresia. Peningkatan Kemampuan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN Sampaka Kec. Bualemo Kab. Banggai Melalui Metode Diskusi Kelompok. Jurnal Kreatif Online. Vol. 5 No. 1.

Martono, Nanang 2011. Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Ananlisis Data Skunder Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Maunah, Binti. 2016. Interaksi Sosial Anak di dalam Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat. Surabaya: Jenggala Pustaka Utama.

Nitami, Yulisa. 2018. "Peninngkatan interaksi sosial siswa menngunakan layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas X SM negeri 1 natar tahun pelajaran 2017/2018". Skripsi.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Pratiwi, Regina Putri. 2016. Hubungan Perilaku Bullying dengan Kemampuan Ineraksi Sosial Siswa. Jurnal Pendidikan Guru SD, Edisi2, tahun ke-5.

Priyatno, Dwi. 2008. Mandiri Belajar SPSS Untuk Analisis dan Uji Statistik. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

Romlah, Tatiek 2001. Teori dan Praktik Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Santosa, Slamet. 2014. Teori-Teori Psikologi Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Soehartono, Irawan. 2004. Metode Penelitian Sosial (Suatu Teknik Penelitian Bidang Kesejahteraan Sosial dan Ilmu Sosial Lainnya). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Soekanto, Sarjono. 2007. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Sugiono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta.

Suhardita, Kadek. Efektifitas Penggunaan Teknik Permainan Dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa. Jurnal BK. Vol. No. 1, Agustus 2011.

Tumon, Matraisa Bara Asie. Studi Deskriptif Perilaku Bullying pada Remaja. Jurnal Ilmiah Mahsiswa Universitas Surabaya. Vol. 3. No. 1. 2014.

Walgito, Bimo. 2003. Psikologi Sosial: Suatu Pengantar. Yogyakarta: ANDI OFFSET.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v7i1.2450

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.