INOVASI PROGRAM LAYANAN BK BERBASIS DIGITAL PADA MASA PANDEMI COVID-19

Yuli Permatasari, Neviyarni Suhaili, Firman Firman

Abstract


Pandemi Covid-19 memaksa siapapun untuk beradaptasi dengan suasana baru semenjak melanda dunia. Sektor pendidikan yang selalu indentik dengan kegiatan tatap muka dengan guru di kelas harus belajar dengan metode jarak jauh. Guru Bimbingan dan Konseling juga harus beradaptasi dengan kondisi ini, yang berdampak terhadap program dan layanan yang diberikan. Kajian ini bertujuan untuk menggali inovasi-inovasi program layanan Bimbingan dan Konseling yang dapat dilakukan pada masa pandemi. Metode yang digunakan adalah systematic literature review. Hasil kajian menemukan bahwa; pertama program dan layanan Bimbingan dan Konseling sangat urgen di masa pandemi, mengingat tidak semua orang bisa beradaptasi dengan mudah dan cepat dengan kondisi dan lingkungan baru. Kedua, guru Bimbingan dan Konseling harus melakukan berbagai inovasi agar program layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah tetap berjalan di masa pandemi sesuai kondisi lingkungan dengan mempertimbangkan sarana dan prasarana yang telah tersedia di sekolah. Ketiga, guru Bimbingan dan Konseling dapat melakukan program layanan Bimbingan dan Konseling berbasis digital di masa pandemi seperti E-Counseling yang merupakan sebuah situs atau berupa aplikasi yang dapat mempermudahpeserta didik melakukan berbagai layanan konseling jarak jauh.

References


AP, Adi Putra M dan Shofaria, Nurida. 2020. Inovasi layanan bimbingan dan konseling pada pembelajaran Dalam jaringan masa pandemi covid-19. Jurnal Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik) 4(2) 55-61

Ardi, Z., Yendi, F. M., & Ifdil, I. (2013). Konseling Online: Sebuah Pendekatan Teknologi Dalam Pelayanan Konseling. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 1(1), 1–5

Creswell, J. W. 1998. Qualitatif Inquiry and Research Design. Sage Publications, Inc: California.

Fahyuni, Eni Fariyatul. Dkk 2020. Model aplikasi cybercounseling Islami berbasis websiteb untuk meningkatkan self-regulated learning siswa SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. 7 (1) 93-104

Fauzi, Dkk. 2020 tentang Upaya Pelayanan Guru Bimbingan Dan Konseling Selama Pandemi Covid-19 Pada Siswa Di Smp Negeri 23 Banjarmasin. JurnalMahasiswa BK An-Nur :Berbeda, Bermakna, Mulia. 1-12

Feida Noorlaila Isti’adah, DKK. Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Dalam Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. 2020. Semnas LPPM Univetitas Muhammadiyah Purwokerto. 235-238.

Gozali, Achmad. 2020. Layanan bimbingan dan konseling berbasis teknologi informasi pada masa psbb (pembatasan sosial berskala besar). Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam. 1 (2) 36-49.

Gunawan, G., Suranti, N. M. Y., & Fathoroni, F. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 61–70.

Indiani, baroroh. 2020. Mengoptimalkan proses pembelajaran dengan media daring pada masa pandemi covid-19. Jurnal Sipatokkong BPSDM Sulawesi Selatan. 1 (3) 227-232.

Jarkawi. 2015. Perencanaan program BK di SMP 12 Banjarmasin. Jurnal Konseling GUSJIGANG.1-15

Kurniawan,Nanda Alfan. Profesionalitas Konselor selama Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Mengukuhkan Eksistensi Peran BK Pasca Pandemi Covid-19 di Berbagai Setting Pendidikan. 87-91

Musdalifah, Ana. 2021. Media Daring Layanan Bk Di Masa Pandemi Covid-19. Ristekdik Jurnal Bimbingan dan Konseling. 6(1) 109-113

Nita, Rahma Wira. Inovasi Pelayanan Konseling dalam kerangka merdeka belajar. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang “Arah Kurikulum Program Studi . 81-88

Nur Mega Aris Saputra dan Nanda Widya Muharammah. Peran Layanan Bimbingan dan Konseling Sebagai Internalisasi Kemampuan Adaptasi Peserta Didik pada Era New Normal. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Mengukuhkan Eksistensi Peran BK Pasca Pandemi Covid-19 di Berbagai Setting Pendidikan. 75-79.

Purwaningsih, Heni. 2021. Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam melayani peserta didik di masa pandemi covid-19. Educational: Jurnal Inovasi pendidikan dan pengajaran. 1(1) 36-44)

Prayitno, 2018. Konseling Profesional Yang Berhasil:Layanan dan Kegiatan Pendukung. Depok: Rajawali Press

Rasyif, abdullah dan Muhid Abdul. 2020. Pentingnya e-counseling dalam pelaynan BK di seklah pada masa pandemi Covid-19. Journal Of Education, Psychology and Counseling. 2 (2). 110-116.

Rohmadi, Dwi. Dkk. 2021. Guidance And Counseling In The Covid-19 Pandemic Period. Perpectve Education and Teacher Training. 7(1) 74-83.

Setiawan, S Andi. 2016. Peranan Teknologi Informasi Binet Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dalam Bimbingan dan Konsleing. (1)1 46-49.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v7i1.2921

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.