PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING SIMBOLIK TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SANTRI

Desi Suryani, Anwar Sutoyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada atau tidaknya pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolik terhadap penyesuaian diri santri PP Al Utsmani Kajen Kab. Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian one grouppre-test post-test design. Subjek penelitian ini yaitu 50 santri kelas VII, dan sebagai sampelnya 10 santri yang memiliki tingkat penyesuaian diri sangat rendah, rendah, dan tinggi. Teknik sampel yang diambil dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala penyesuaian diri santri. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif persentase dan uji paired-samples t test dengan menggunakan alat bantu program spss versi 22. Hasil penelitian menunjukkan ada perubahan tingkat penyesuaian diri santri sebelum dan sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolik yaitu mengalami peningkatan rata-rata sebesar 9% dari hasil awal saat pre-test sebesar 56% menjadi 65% saat post-test. Selain itu, diperoleh data dari hasil uji paired-samples t test didapatkan nilai yaitu nilai Sig. (2-tailed) bernilai 0.000 < 0,05 maka hipotesis penelitian diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolik berpengaruh terhadap peningkatan penyesuaian diri santri PP Al Ustmani Kajen Kab. Pekalongan

References


Aulia, Fitri. 2014. Kuesioner Cheklist Masalah Santri dan Layanan Bimbingan Konseling yang dibutuhkan (Studi di SMP Muhammadiyah Boarding School). Tesis, tidak diterbitkan. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Chou, Kee-lee. 2000. Brife Report the Utilization of Healthcare Services and Social Services By Neurotic Patients and Their Service Need. International Journal of Social Psychiatry. Vol. 46 (4).

Corey, Gerald. 2013. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Fahmi, M. 2004. Penyesuaian Diri Remaja. Bandung: Karya Pustaka.

Gerald, Kathryn dan David Gelrald. 2010. Konseling Remaja Pendekatan Proaktif untuk Anak Muda. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Handono, dkk. 2013. Hubungan Antara Penyesuaian Diri dan Dukungan Sosial Terhadap Stres Lingkungan Pada Santri Baru. EMPATHY. Jurnal Fakultas Psikologi Vol. 1, No 2.

Komalasari. G., dkk. 2014. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks.

Meichati, S. 1983. Kesehatan Mental. Yogyakarta: Fakultas Psokologi UGM.

Mugiarso, Heru., dkk. 2011. Bimbingan dan Konseling. Semarang: UPT MKDK UNNES.

Smith, Eliot R. 2011. Personality Processes and Individual Differences. Juournal of personality and social psychology (frof monitor on psychology). Washington DC: American Psychological.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfa Beta.

Sutirna. 2013. Perkembangan dan Pertumbuhan Peserta Didik. Yogyakarta: Andi Offset.

Tohirin. 2013. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integritas). Jakarta: Rajawali Pers.

Yengimolki, Soheila. et al. 2015. Self-Concept, Social Adjustment and Academic Achievement of Persian Students. International Review of Social Sciences and Humanities, Vol. 8, (2).

Syamsu, Yusuf & Juntika Nurihsan. 2014. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Winkel & Sri Hastuti. 2012. Bimbingan dan Konseling di Institut dan Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v7i1.3087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.