PENGARUH KECERDASAN EMOSI DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA REMAJA DI SMA NEGERI 12 SEMARANG

Tansis Tyan Pratiwi, Mulawarman Mulawarman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesejahteraan psikologis, kecerdasan emosi, dan religiusitas dan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosi dan religiusitas terhadap kesejahteraan psikologis pada remaja di SMA Negeri 12 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan populasi berjumlah 1296 siswa SMA Negeri 12 Semarang. Selanjutnya dengan menggunakan teknik  proportionate stratified random sampling maka diperoleh sampel sejumlah 279 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala Skala Kecerdasan Emosi, Skala Religiusitas, dan Skala Kesejahteraan Psikologis. Validistas uji dengan mengunakan rumus product moment dan reliabilitas menggunakan rumus alpha dan untuk menganalisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesejahteraan emosi, kecerdasan emosi, dan religiusitas berada dalam kategori tinggi. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai  nilai signifikansi untuk pengaruh kecerdasan emosi dan religiusitas terhadap kesejahteraan psikologis adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 158,862 > F tabel 3,028725648, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan emosi dan religiusitas terhadap kesejahteraan psikologis dengan besarnya pengaruh kecerdasan emosi dan variabel religiusitas terhadap kesejahteraan psikologis adalah sebesar 53,5%.


References


Ancok, D., & Suroso, F. N (2001). Psikologi Islami. Yogyakarta;Pustaka Belajar.

Anderson, L., Loekmono, J. T. L., & Setiawan, A. (2020). Pengaruh Quality Of Life Dan Religiusitas Secara Simultan Terhadap Subjective Well Being Mahasiswa Teologi. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 4(1), 14. https://doi.org/10.46445/ejti.v4i1.194

Anggraeni, R. D. (n.d.). DENGAN PSYCHOLOGICAL WELL BEING.

Arikunto, & Suharsini. (2010). Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta;Rineka Cipta.

ARIYANTI, S. L. (2017). Hubungan Antara Forgiveness Dan Kecerdasan Emosi Dengan Psychological Well-Being Pada Mahasiswa. Universitas Muhammadiyah Surakarta, (9), 1689–1699.

Aviyah, E., & Farid, M. (2014). Religiusitas, Kontrol Diri dan Kenakalan Remaja. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(02), 126–129. https://doi.org/10.30996/persona.v3i02.376

Basaria, D. (2019). Gambaran Kecerdasan Emosi Dan Psychological Well-Being Tenaga Pendidik Di Provinsi Dki Jakarta. Jurnal Psikologi Pendidikan, 9(1), 58–78.

Boyanov, M. A. (2016). Bone development in children and adolescents. Puberty: Physiology and Abnormalities, 77–94. https://doi.org/10.1007/978-3-319-32122-6_6

Dar, O. H., Alam, S., & Lone, Z. A. (2011). Relationship between emotional intelligence and psychological well being of male police personnel. Journal of the Indian Academy of Applied Psychology, 37(1), 47–52.

Dwi, U., Wibowo, A., & Dewi, S. E. (2016). Indonesia Ugung Dwi Ario Wibowo dan Dinar Sari Eka Dewi, The Role Of Religiosity On Organization Citizenship Behavior Of Employee Of Islamic Banking. 1239, 1235–1239. http://www.ojk.go.id/

Empati, J., Shintia, L., Sari, S., & Desiningrum, D. R. (2016). Kecerdasan Emosional Dan Psychological Well-Being Pada Taruna Semester Iii Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Empati, 5(1), 158–161.

Fitriani, A. (2016). Annisa Fitriani, Peran Religiusitas Dalam Meningkatkan Psychological Well Being. Jurnal Psikologis, xi(1), 1–24.

Glock, & Stark. (1965). Religion and Society in Tension.Chicago;Rand McNally.

Goleman, & Daniel. (2005). Kecerdasan Emosi : Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Terjemahan Alex Tri kantjono. Jakarta;PT Gramedia Pustaka Utama.

Hurlock, E. . (1990). Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan.Jakarta;Erlangga.

Indrawati, T. (2017). Peranan Kecerdasan Emosi dan Dukungan Sosial terhadap Kesejahteraan Psikologis Siswa SMP Terbuka di Cirebon. Edukasia Islamika, 2(1), 70. https://doi.org/10.28918/jei.v2i1.1630

Indrawati, T. (2019). Pengaruh Resiliensi dan Religiusitas Terhadap Kesejahteraan Psikologis Pada Guru di PAUD Rawan Bencana ROB. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 71–82. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i2.5226

Ismail, Z., & Soha, D. (2012). Religiosity and Psychological Well-Being. International Journal of Business and Social Science, 3(11), 20–28. www.ijbssnet.com

Landa, J. M. A., Martos, M. P., & López-Zafra, E. (2010). Emotional intelligence and personality traits as predictors of psychological well-being in Spanish undergraduates. Social Behavior and Personality, 38(6), 783–794. https://doi.org/10.2224/sbp.2010.38.6.78

Mayssara A. Abo Hassanin Supervised, A. (2014). 済無No Title No Title No Title. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 13–38.

Mochon, D., Norton, M. I., & Ariely, D. (2011). Who Benefits from Religion? Social Indicators Research, 101(1), 1–15. https://doi.org/10.1007/s11205-010-9637-0

Nasikhah, D., & Prihastuti, D. (2013). Hubungan antara Tingkat Religiusitas dengan Perilaku Kenakalan Remaja pada Masa Remaja Awal. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 2(2), 69–72.

Prasetiya, B., Safitri, M. M., & Yulianti, A. (2020). Perilaku Religiusitas: Analisis Terhadap Konstribusi Kecerdasan Emosional Dan Spiritual. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 303–312. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.5015

Primadha, R. (2017). Perilaku Menyimpang Siswa. FISIP Universitas Airlangga, 1(1), 1–20.

Psikologi, J., Pendidikan, F. I., Psikologi, J., & Pendidikan, F. I. (2018). HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS TERHADAP KENAKALAN REMAJA Adhek Kaysa Kurnia Nafisa Siti Ina Savira Abstrak. 34–44.

Sagitania. (2017). Intensi Merokok Siswa SMP. Jurnal Psikologi Insight, 1(1), 96–108. https://doi.org/10.5281/zenodo.579558

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung;Alfabeta.

Sugiyono. (2017a). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung; Alfabeta.

Sugiyono. (2017b). Statistika untuk Penelitian.bandung; Alfabeta.

Sutoyo. (2014). Pemahaman Individu (Observasi, Checklist, Interviu, Kuisioner, Sosiometri).Semarang;Pustaka Belajar.

Wijaya, R., Putri, G. S., & Pandjaitan, L. N. (2020). Efektifitas Pelatihan Kecerdasan Emosional Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Remaja Panti Asuhan. Jurnal Psikohumanika, 12(1), 60–78. https://doi.org/10.31001/j.psi.v12i1.791.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v8i1.3187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.