HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN SELF REGULATED LEARNING SISWA SMP NEGERI SE-KECAMATAN BANYUMANIK

Faiqotus Sa'adah, Maria Theresia Sri Hartati

Abstract


Penelitian ini dilakukan berdasarkan fakta di lapangan yang menunjukkan bahwa sebagian siswa SMP Negeri se-Kecamatan Banyumanik memiliki kemampuan self regulated learning yang sedang. Hal ini ditunjukkan dengan beberapa siswa SMP Negeri se-Kecamatan Banyumanik merasa enggan mengerjakan tugas tanpa mau mencoba, terlebih ketika ia merasa dirinya tidak mampu mengerjakan tugas tersebut. Siswa juga seringkali menunda-nunda waktu dalam mengerjakan tugas. Selain itu, mereka juga tidak mengetahui strategi yang sesuai dengan dirinya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan self regulated learning. Penelitian dilakukan menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan menggunakan skala psikologis sebagai instrumen penelitian. Teknik sampling yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling yang menghasilkan 355 sampel untuk mewakili populasi dari seluruh siswa SMP Negeri se-Kecamatan Banyumanik. Skala psikologis yang menjadi instrumen penelitian diberikan kepada 355 sampel yang kemudian datanya diolah menggunakan SPSS versi 21. Berdasarkan data yang terkumpul diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan self regulated learning dengan nilai korelasi sebesar 0,728. Sehingga dapat disimpulkan semakin tinggi tingkat kecerdasan emosional dan motivasi belajar siswa, maka semakin tinggi pula self regulated learning siswa SMP Negeri se-Kecamatan Banyumanik.

References


Alfina, Irma. (2014). Hubungan Self Regulated Learning dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa Akselerasi (SMA Negeri 1 Samarinda). eJournal Psikologi, 2(2), 227-237.

Aimah, S., & Ifadah, M. (2014). Pengaruh Self Regulated Learning terhadap Motivasi Belajar Siswa.

Destiana, Atika. (2019). Hubungan antara Kecerdasan Emosi dan Konsep Diri dengan Penyesuaian Sosial Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Boja. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Hadi, S. N. (2020). Hubungan Motivasi Belajar dengan Regulasi Diri dalam Belajar pada Mahasiswa Skripsi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3169-3176.

Hadin, Pauji, H. M., & Arifin, U. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematik Siswa MTs Ditinjau dari Self Regulated Learning. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(4), 657-666.

Lubis, R. H. (2016). Hubungan Dukungan Sosial dan Kecerdasan Emosional dengan Self Regulated Learning. Jurnal Analitika Magister Psikologi UMA, 8(1), 35-55.

Maryani. (2019). Keefektifan Konseling Singkat Berfokus pada Solusi untuk Meningkatkan Self Regulated Learning pada Siswa di SPMA Negeri H Moenadi. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Mulyana, E., Mujidin, & Bashori, K. (2015). Peran Motivasi Belajar, Self-Efficacy, dan Dukungan Sosial Keluarga terhadap Self Regulated Learning pada Siswa. PSIKOPEDAGOGIA, 4(1), 165-173.

Mustofa, R. F., Nabiila, A., & Suharsono. (2019). Correlation of Learning Motivation with Self Regulated Learning at SMA Negeri 1 Tasikmalaya City. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(6), 647-650.

Nabiila, A., Suharsono, & Mustofa, R. F. (2020). Korelasi antara Kecerdasan Emosional dengan Self Regulated Learning di SMA Negeri 1 Kota Tasikmalaya. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 11-17.

Rachmah, D. N. (2015). Regulasi Diri dalam Belajar pada Mahasiswa yang Memiliki Peran Banyak. Jurnal Psikologi, 42(1), 61-77.

Ramdaniar, S., & Rosiana, D. (2018). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Self Regulated Learning Siswa Kelas XI SMA Langlangbuana Bandung. Prosiding Psikologi, 4(2), 461-466.

Sagita, N. N., & Mahmud, A. (2019). Peran Self Regulated Learning dalam Hubungan Motivasi Belajar, Prokrastinasi, dan Kecurangan Akademik. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 516-532.

Sasami, Y. G. T. S. (2019). Pengaruh Task Value dan Dukungan Sosial Keluarga terhadap Strategi Self Regulated Learning pada Mata Pelajaran Matematika di SMA Negeri 5 Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sutikno. 2016. Kontribusi Self Regulated Learning dalam Pembelajaran. Dewantara, 2/2: 188-203.

Ulum, M. I. (2016). Strategi Self Regulated Learning untuk Menurunkan Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa. PSYMPATHIC: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2), 153-170.

Yulianti, P., Sano, A., & Ifdil. (2016). Self Regulated Learning Siswa Dilihat dari Hasil Belajar. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 98-102.

Zimmerman, B. J. (1990). Self Regulated Learning and Academic Achievement: An Overview. Educational Psychologist, 25(1), 3-17.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v8i2.3367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.