HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KEMATANGAN EMOSI DI SMA NEGERI 5 SEMARANG

Devi Tri Kumalasari, Eem Munawaroh

Abstract


Seorang remaja memiliki perkembangan emosi yang berbeda beda, hal ini pun dapat dipengaruhi oleh efikasi diri yang ada dalam dirinya dan dukungan sosial yang ada di lingkungan sekelilingnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial terhadap kematangan emosi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 5 Semarang, yang mana teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan rumus slovin tingkat presisi 5%, didapatkan sampel penelitian sebanyak 252 siswa. Metode analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Dalam pengujian ditemukan validitas data setiap variabel memiliki rentang nilai 0,162 sampai dengan 0,791. Sedangkan, reliabilitas data untuk setiap variabel memiliki rentang nilai sebesar 0,817 sampai dengan 0,823. Kemudian, hasil penelitian menemukan bahwa variabel efikasi diri berpengaruh terhadap kematangan emosi dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Hal ini dikarenakan siswa-siswa pada SMA N 5 Semarang memiliki kepercayaan diri lebih atau memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi mengenai kemampuan mereka dalam menyelesaikan setiap tugas yang Guru berikan atau juga dalam kegiatan bersosialisasi. Kemudian, dukunagn sosial juga berpengaruh terhadap kematangan emosi, dikarenakan mereka merasa bahwa mereka dicintai, diperhatikan, dihargai, dan dihormati, serta dilibatkan dalam jaringan komunikasi dan kewajiban sosial secara timbal balik.

References


Adicondro, Nobelina & Alfi Purnamasari (2011).Efikasi diri, dukungan sosial keluarga dan self regulated learning pada siswa kelas VIII. Vol. VIII No.1 Januari . Fakuktas Psikologi, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Ahmad, Zaeema Riaz & Yasien, Saba (2014). Relationship between perceived Social Self-Efficacy and Depression in Adolescents. Iran J Psychiatry Behav Sci, Volume 8, Number 3, Autumn 2014

Ali, Mohammad. dan Mohammad Asrori. 2012. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Apollo, & Cahyadi, A. (2012). Konflik Peran Ganda Perempuan Menikah yang Bekerja Ditinjau dari Dukungan Sosial Keluarga dan Penyesuaian Diri. Widya Warta No. 02 Tahun XXXV I/ Juli 2012 ISSN 0854-1981 , 261-262.

Arifin, Muhamad. Setiadi Cahyono Putro & Hari Putranto (2014). Hubugan Kemampuan Efikasi diri dan Kemampuan Kependidikan dengan kesiapan menjadi guru TIK Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika. Teknologi dan Kejuruan, Vol. 37, No.2

Anwar, A. I. D. (2009). Hubungan Antara Self-Efficacy Dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Iniversitas Sumatera Utara. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara

Endah Susilowati (2013). mengenai Kematangan emosi dengan penyesuaian sosial pada siswa Akselerasi timgkat SMP Vol 1, No 1 (2013).

Fitri , Nia Febbiyani, & Bunga Adelya (2017). Kematangan emosi remaja dalam pengentasan masalah. Jurnal Penelitian Guru Indonesia - JPGI (2017) Vol 2 No 2

Ghufron, M. N., & S, R. Risnawati. (2011). Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Hermann, Karen Stroiney (2005). The Influence of Social Self-Efficacy, Self-Esteem, and Personality Differences on Loneliness and Depression: The Ohio State University

Kumalasari, F & Latifah N. A. (2012). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Remaja Di Panti Asuhan. Jurnal Psikologi Pitutur. Volume 1 No.1. Hal 21- 31.

Kusrini, Woro & Nanik Prihartanti (2014). Hubungan dukungan sosial dan Kepercayaan diri dengan prestasi bahasa inggris siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Boyolali. Jurnal Penelitian Humaniora, Vol. 15, No. 2, Agustus 132 2014: 131-140.

Isnawati, Dian & Suhariadi Rendi. (2013). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Penyesuaian Diri Masa Persiapan Pensiun pada Karyawan PT Pupuk Kaltim. Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi. Vol. 1, Februari 2013, Hal. 1-6. Departemen Psikologi Industri dan Organisasi Fakultas Psikologi Universitas Airlangga

Rahma, Ayu Nuzulia (2011). Hubungan Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Remaja di Panti Asuhan. Jurnal Psikologi Islam (JPI) Lembaga Penelitian Pengembangan Psikologi dan Keislaman (LP3K). Vol 8 No. 2, Januari 2011 231-246.

Sarafino, E. P., Timothy W. Smith. 2011. Health Psychology: Biopsychosocial Interactions, 7th edition. Amerika Serikat: John Wiley & Sons, Inc.

Sarwono. (2012). Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Sheng-Yi WU (2012). The Influences of social self-efficacy on social trust and social capital – A case study of facebook. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology – April 2012, volume 11 Issue 2

Susilowati, Endah (2013). Kematangan Emosi dengan Penyesuaian sosial pada siswa Akselerasi tingkat SMP. Jurnal Online Psikologi Vol. 01 No. 01

Walgito, Bimo. 2005. Bimbingan dan Konseling (Studi&Karir). Yogyakarta: CVAndi Offset.

Yusuf, S., & Sugandhi, N. M. (2011). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v8i2.3382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.