STRATEGI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR DARING SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Muhammad Rafiul Muiz, Wahidah Fitriani, Aulia Fikri

Abstract


Pandemi covid-19 yang terjadi, mempengaruhi sektor pendidikan Indonesia, sehingga kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 dan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 harus diberlakukan. Kebijakan tersebut dikenal dengan, kebijakan pendidikan jarak jauh dalam jaringan online (daring), proses belajar daring dilakukan sebagai sebuah solusi, namun di sisi lain hal ini juga memiliki kekurangan, salah satunya adalah kejenuhan belajar yang dialami oleh siswa. Kejenuhan yang terus menerus tanpa diikuti oleh penanganan yang tepat dapat menyebabkan siswa kehilangan minat pada pembelajaran. Maka dari itu, harus ada upaya yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dalam rangka pengentasan kejenuhan belajar daring ini. Metode penelitan yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research, yang dilakukan dengan mengumpulkan data dengan menggunakan berbagai bahan seperti buku referensi, hasil penelitian sebelumnya, dan berbagai jurnal yang berkaitan dengan masalah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, teknik analisis data adalah analisis isi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, strategi yang dapat dilakukan, oleh guru bimbingan dan konseling untuk mengatasi kejenuhan belajar daring pada siswa diantaranya adalah, strategi motivasi berprestasi, strategi konseling self regulated learning dan yang terakhir adalah strategi sinema konseling.

References


Afifah, S. (2019). Pengaruh Kejenuhan Belajar dan Interaksi Sosial Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa dengan Sistem Pesantren Modern di Samarinda. Psikoborneo, 7(4), 528. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/article/viewFile/4827/pdf

Agusriani, A., & Fauziddin, M. (2021). Strategi Orangtua Mengatasi Kejenuhan Anak Belajar dari Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1729–1740. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.961

Al Isfahani, F. R., Sutijono, S., & Farid, D. A. M. (2021). Traditional play therapy “Bancakan” efektif dalam mengurangi kejenuhan pembelajaran daring siswa SMA saat pandemi Covid-19. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 77–86. https://doi.org/10.26539/teraputik.51604

Almafahir, A. (2021). Guidance And Counseling Services In The New Normal Era. Berajah Journal, 1(2), 85–90. https://doi.org/10.47353/bj.v1i2.11

Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 119–129. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702

Handayani, R. T., Arradini, D., Darmayanti, A. T., Widiyanto, A., & Atmojo, J. T. (2020). Pandemi covid-19, respon imun tubuh, dan herd immunity. Jurnal Ilmiah Stikes Kendal, 10(3), 373–380.

Hanina, Putri & Faiz, A. & Y. D. (2021). Upaya Guru dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Peserta Didik di Masa Pandemi . 5(5), 3791–3798. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1402

Hidayah, Aas Aliana Futriani & Adawiyah, Al Robiah & Mahanani, & P. A. R. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19: Value, 2(1),1–10. https://doi.org/10.36490/value.v2i1.177

Khalida & Fatimah, & Williya. (2021). TEKNIK SELF INSTRUCTION BERBASIS ONLINE TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR SISWA MTS KELAS VIII. 4(4), 317–329.

Mestika, Z. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan (Edisi Kedu). Yayasan Obor Indonesia.

Mirzaqon, A. (2018). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing Library. Jurnal BK UNESA, 1, 1–8.

Muna, N. R. (2013). Efektifitas Teknik Self Regulation Learning. 14(02), 57–78.

Musdalifah, A. (2020). Media Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling, 59–64.

Novika, D. & J. & A. (2021). Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mempertahankan Prestasi Akademik Siswa Pada Pembelajaran Daring di SMK Negeri 1 Banjarmasin. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 1–9.

Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di Tengah Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i1.7

Prawitasari, I. (2020). Implementasi Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling Di Masa Pandemi Covid-19: a Literature Review. Syi’ar: Jurnal Ilmu Komunikasi, Penyuluhan …, 3(2), 123–130. http://journal.iaisambas.ac.id/index.php/Syiar/article/view/671

Putra, M. A., & Shofaria, N. (2020). Inovasi Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Masa Pembelajaran Dalam Jaringan Masa Pandemi Covid-19. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling Teori Dan Praktik), 4(2), 55. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v4n2.p55-61

Rinawati, D., & Darisman, E. K. (2020). Survei tingkat kejenuhan siswa SMK belajar di rumah pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan selama masa pandemi covid-19. Journal of Science and Education (JSE), 1(1), 32–40.

Rufa’ida, Z. A. (2019). Dampak Pendidikan Dan Mental Para Pelajar Selama Covid-19. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Sari, Permata & Kholidin, Imam Farid & Edmawatii, Dewi, M. (2020). Tingkat Kejenuhan Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kota Bandar Lampung. Guidance And Counseling Inspiration, 1(1), 1–8.

Sari, M., & Asmendri. (2018). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA, 2(1), 15. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555/1159

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265

Trisnani, N., & Astuti, A. D. (2021). Penguatan peran orang tua dalam mengatasi kejenuhan belajar anak selama pandemi Covid-19. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(1), 97–106. https://doi.org/10.20414/transformasi.v17i1.3190


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v8i2.3453

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.