PERKEMBANGAN TEORI ART THERAPY

andi meldayani, Nurjannah Nurjannah

Abstract


Art Therapy adalah terapi yang menggunakan seni sebagai model terapi khususnya seni visual yang pada mulanya digunakan sebagai sarana terapi/ penyembuhan. Art Therapy pertama kali diusulkan oleh Adrian Hills di Inggris lalu dikembangkan oleh Margaret Naumburg dan Edith Kramer yang berasal dari negara Amerika serikat. Untuk melakukan Art Therapy maka terpais perlu memperhatikan 10 langkah sebelum mengimplementasikan terapi tersebut karena tanpa mengetahui ilmu dan tahapan-tahapannya maka akan dapat menyebabkan kesalahan dalam melakukan interpretasi. Art Therapy merupakan alternative yang kerap digunakan oleh berbagai lembaga karena terapi ini memiliki manfaat seperti untuk mengetahui permasalahan di masa lalu, kecemasan, dan perasaan-perasaan negatif lainnya. Meskipun Art Therapy memiliki banyak manfaat, terapi ini memiliki kekurangan terutama dari segi jika terjadinya error human sehingga dapat menyebabkan beberapa kesalahan interpretasi.

References


Amos, Fareez Vincent, & Mohd Zahuri Khairani. 2020. “Seni Sebagai Terapi Pelukis Melalui Karya Catan Kontemporari Malaysia: Kajian Rintis.” JAPPA Journal-Journal of Applied Art 2(1):146–50.

Asnani. 2020. “Efektivitas Terapi Seni Mewarnai Untuk Menurunkan Depresi Pada Remaja Putri; Single One Shot Case Study Sayuri.” Journal of Psychological Perspective, 2 (2): 109 - 120 Https://Doi.Org/10.47679/Jopp.022.12200010 2(2):109–20.

Ayu, A. A., Wulan Dwi, Anggaswari Igap, and Wulan Budisetyani. 2019. “Art Therapy Bencana Sebagai Upaya Penanganan Trauma Anak Pasca Gempa Lombok.” Journal.Unj.Ac.Id 16(2).

Ayu Eka Permatasari, dkk. 2017. “Penerapan Art Therapy Untuk Menurunkan Depresi Pada Lansia Di Panti Werdha X.” Journal.Untar.Ac.Id 1(1):116–26.

Bitonte, Robert A., & Marisa De Santo. 2014. “Art Therapy : An Underutilized , yet Effective Tool Early Works.” 6. doi: 10.4081/mi.2014.5354.

Dewi, Andi Imrah, Andi Ardiansyah, Henriana Sri Rejeki, and Erniati. 2021. “Art Therapy in Changing the Cultural Conduct Of.” Education 2(1):0–5.

Fauziyyah, SA, I. Ifdil, YE Putri-SCHOULID: Indonesian Journal of, and undefined 2020. 2020. “Art Therapy Sebagai Penyaluran Emosi Anak.” Jurnal.Iicet.Org 5(3):109–14. doi: 10.1007/08972011.

Marhamah. 2019. “Jurnal Konseling Religi.” Jurnal Konseling Religi 10(1):42–60.

Marheni, Krisna Indah. 2017. “Art Therapy Bagi Anak Slow Learner.” Prosiding Temu Ilmiah Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia 154–62.

Wijaya, R., S. Tirta-Jurnal Muara Ilmu Sosial, undefined Humaniora, undefined Dan, and undefined 2018. 2018. “Penerapan Art Therapy Dalam Menurunkan Perilaku Agresi Pada Anak Periode Middle Childhood Di Panti Asuhan.” Journal.Untar.Ac.Id 2(1):395–403.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v9i2.3598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.