EFEKTIVITAS CINEMA THERAPY BERBASIS ANIMASI DALAM MENINGKATKAN EMPATI SISWA KELAS VII-A SMP MUHAMMADIYAH KAMPUNG PISANG

Syaiful Bahri, Nurbaity Nurbaity, RAMADHIAN ARIFAH

Abstract


Empati adalah sebuah bentuk perhatian yang melibatkan hubungan emosi dalam memahami perasaan orang lain. Namun masih banyak remaja yang belum dapat mengeskplorasi empati mereka, sehingga perlu ditingkatkan. Salah satu cara untuk meningkatkan empati adalah menggunakan teknik cinema therapy berbasis animasi. Cinema Therapy sebagai metode konseling yang menggunakan film untuk memberikan efek positif pada konseli. Animasi yang digunakan dalam treatment ini ialah yang mengandung nilai empati. Tujuan penelitian untuk menganalisis keefektifan peningkatan empati siswa SMP Muhammadiyah Kampung Pisang melalui cinema therapy berbasis animasi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif metode pre-experimental design jenis one-group pretest-posttest untuk melihat pengaruh cinema therapy untuk meningkatkan empati. Penelitian ini melibatkan 8 siswa kelas VII-A SMP Muhammadiyah Kampung Pisang yang memiliki skor pre-test empati rendah. Data diperoleh melalui skala empati yang kemudian dianalisis dengan bantuan SPSS versi 20 menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cinema therapy berbasis animasi efektif untuk meningkatkan empati siswa SMP Muhammadiyah Kampung Pisang.

References


Agustin, U. M., Mubina, N., & Hakim, A. R. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Film dalam Meningkatkan Empati pada Narapidana Kasus Kekerasan Seksual di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Karawang. Jurnal Psikologi Prima Volume 04 Nomor 02 (2021), 04, 1–11.

Angelyna, & Liauw, F. (2020). Fenomenologi sebagai Metode Pengembangan Empati dalam Arsitektur. Jurnal STUPA, 2(2), 1413–1426. https://doi.org/10.24912/stupa.v2i2.8535

Fatchurahman, M. (2017). Penerapan teknik cynema therapy untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap bahaya merokok. 3, 1–10.

Habsyah, N. Y. (2019). Penerapan Cinema Therapy dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Cileunyi. 4(1), 21–37. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497

Khusumadewi, A., & Juliantika, Y. T. (2018). The Effectiveness Of Cinema Therapy To Improve Student Empathy. 212, 566–569. https://doi.org/10.2991/icei-18.2018.124

Larasati, I. T. (2020). Pengaruh Konseling Kelompok dengan Cinema Therapy untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri 7 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020. 21(1), 1–9.

Latifah, L., & Susanti, R. H. (2016). Upaya Meningkatkan Empati Siswa SMP Muhammadiyah 1 Malang Melalui Penggunaan Teknik Sinema Terapi. Jurnal Konseling Indonesia, 1(2), 88–95.

Machshushoh, D. N., & Nawantara, R. D. (2018). Efektivitas Cinema Therapy dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Siswa.

Marice, Istirahayu, I., & Fitriyadi, S. (2017). Pelaksanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan empati Siswa Kelas VII di SMP N 7 Singkawang. 2, 15–18.

Maulani, S. (2018). Perilaku Anti Sosial pada Anak Sekolah Dasar dan Upaya Pemecahannya. Madrosatuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1, 24–39.

Mulinda, R., Afiati, E., & Conia, D. D. P. (2020). Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Empati Siswa. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 31–41.

Ni’mah, R. (2018). Hubungan Empati Dengan Perilaku Altruistik. At-Tuhfah, 6(1), 99–115. https://doi.org/10.36840/jurnalstudikeislaman.v6i1.85

Nurbaiti, R. (2019). Efektivitas bimbingan kelompok dengan penggunaan teknik sosiodrama untuk meningkatkan rasa empati pada pelaku. Skripsi.

Rangga, C. D. (2017). Efektivitas Cinema Therapy untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri di Depan Kelas Siswa Kelas XI Pemasaran SMK PGRI 3 Kediri Tahun 2016/2017.

Renata, D., Satrianta, H., Permatasari, R., Rufaidah, A., Utami, S., & Nisa, A. (2020). Movie Therapy To Developing Prosocial Behavior of Childhoods. FIKROH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 13(1), 1–16. https://doi.org/10.37812/fikroh.v13i1.56

Rosyida, A. H. (2020). Efektivitas Terapi Film Dalam Meningkatkan Empati. 8(2), 211–220.

Rukminingsih., Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan.

Suwanto, I., & Nisa, A. T. (2017). Cinema therapy sebagai intervensi dalam konseling kelompok. 3, 147–152.

Ula, A. M. (2017). Hubungan Empati dengan Bullying pada Siswa Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Malang.

Wicaksono, G. (2018). Efektivitas Metode Cinematherapy Terhadap Peningkatan Konsep Diri Positif Siswa SMA. Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4, 305–313.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v8i2.4660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.