DAMPAK PLAY STATION TERHADAP PERILAKU AGRESIF PESERTA DIDIK DAN UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASINYA DI SMP N 10 PADANG

Rahmat Hidayat, Jum Anidar

Abstract


Permasalahan dalam penelitian adalah banyak peserta didik yang hobi bermain play station, dengan hobinya tersebut banyak dampak negatif yang ditimbulkannya. Peserta didik banyak  berperilaku yang tidak ada kelembutan bahkan telah melakukan kekerasan. Ketika di luar kelas ada peserta didik yang berkelahi dengan temannya sampai melukai. Jenis penelitian adalah menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang menggambarkan fakta dan realita secara aktual dan akurat mengenai keadaan di lapangan. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan  wawancara. Hasil penelitian bahwa jenis game yang sering dimainkan oleh peserta didik antara lain sepak bola, naruto dan smack down. Bentuk perilaku  agresif yang ditimbulkan play station menyakiti atau merusak diri sendiri dan orang lain. Dampak play station terhadap perilaku agresif peserta didik adalah banyak peserta didik yang memiliki perilaku agresif sesudah main play tation. Sedangkan upaya guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi peserta didik yang memiliki kecanduan play station dan perilaku agresif adalah memanggil ke ruangan BK untuk konseling individual.

References


Abu ahmadi, Psikologi social, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002

Anantasari, Menyikapi Perilaku Agresif, Yogyakarta: Kanisius, 2006

Anderson dan Bushman, (Journal American Psychological Society, 2001

Bermain Game, Baik atau Buruk? http:www.google.com, diakses 15 Januari 2009=

Burhan Bugin. Metodologi Penelitian kualitatif ,Jakarta: Kencana, 2005

David O. Sears dkk, Psikologi Sosial Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama, 1985

Dayakisni, Psikologi Sosial Malang: UMM, 2003

Dewa Ketut Sukardi, Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Bina Aksara, 1988

Fattah hanurawan, Psikologi Sosial Suatu Pengantar Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2010

Indrakusuma. Pengantar Ilmu Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional, 2003

Iskandar. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Gaung Persada Press GP Press.2009

Mardalis, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT Bumi Aksara, 1990

Margono.S. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.2010

Mayke Teja Saputra. Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta, Grasido, 2001

Nasution, Metode Research, Jakarta: Bumi Aksara, 2002

Pertiwi, Aprilia, dkk, Bermain Dunia Anak, Jakarta: Yayasan Aspirasi Pemuda, 1996

Rahman, Abdul, Psikologi Sosial Integrasi Pengetahuan Wahyu Dan Pengetahuan Empirik, Jakarta: PT Raja Grafindo persada, 2013

Riduwan, Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru. Bandung: Alfabeta. 2007

_______, Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Penelitian Pemula. Bandung: Alfabeta. 2010

Robert A. Baron, Donn Byrne. Psikologi Sosial Jakarta: Erlangga, 2005

Shelley A.Taylor, Anne Peplau, David O.Sears. Psikologi Sosial Jakarta: Kencana, 2009

Siti Rahayu Haditono. Psikologi Perkembangan Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta, Gajah Mada University Press, 2006

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R & D), Bandung: Alfabeta, 2013

_______, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta 2012

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.2006

Syafari Soma & Hajaruddin, Menanggulangi Remaja Kriminal Bandung: Nuansa, 2000

Syofian Siregar, Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Bandung: Bumi Aksara. 2013

Ummi. (2007). Bermain Mengembangkan Diri. http://www.ummigroup.co.id

Web, Fightin game, Diakses dari http://en.wikipedia.org/wiki/Fighting_game,27 Januari 2013.

Wirawan, Psikologi Sosial Jakarta: Balai Pustaka, 1999

Yusuf, A Muri. Metode Penelitian. Padang: UNP Press 2007


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v4i2.498

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.