EFEKTIVITAS KURIKULUM JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM KONSENTRASI BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM (Studi tentang Kesesuaian Kurikulum dengan Lapangan Kerja Alumni)

Jum Anidar

Abstract


Keberhasilan sebuah institusi yaitu mampu menghasilkan lulusan yang dapat mengamalkan ilmu dalam bidangnya di masyarakat. Hal ini sejalan dengan salah satu tujuan pembelajaran agar peserta didiknya dapat berguna serta bermanfaat dalam menyumbangkan keahliannya sesuai dengan bidangnya. Rumusan masalah penelitian adalah apakah kompetensi alumni Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam sudah efektif dalam mempersiapkan alumni di dunia kerja? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi alumni MPI konsentrasi BKI dan tanggapan stakeholder. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif, dengan metode penelitian Mixed methods. Sumber datanya adalah: pimpinan sekolah/madrasah, guru BK   (stakeholder), dan alumni. Populasi penelitian ini adalah seluruh alumni Jurusan MPI Konsentrasi BKI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Imam Bonjol Padang dari tahun 2005 sampai 2016 yang berjumlah 518 orang dan sampel 52 orang. Hasil Penelitian menunjukkan Pekerjaan alumni yang sesuai dengan pendidikan dan spesifikasi keilmuan sebanyak 96,2%. Masa tunggu sebelum mendapatkan pekerjaan,  pada umumnya  adalah 00 – 0,6 bulan, sebanyak 80,8%, Rata-rata tanggapan pihak pengguna lulusan tentang kompetensi alumni jurusan Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam adalah pada rentang sangat baik dan baik.

References


Ansyar, Moh, 2014, Analisis dan Pengembangan Kurikulum, Padang: UNP

Arikunto, Suharsimi, 2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Brady, L and Kenedy, K, 2007, Curriculum Construction, Frenchs Forest, NSW: Pearson Prentice Hall

Faisal Sanafiah, 1990, Penelitian Kualitatif, Dasar-Dasar dan Aplikasi, Yayasan Asah Asih dan Asuh, Malang

Hamalik, Oemar 2010, Manajemen Pengembangan Kurikulum, Cet. IV; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, p. 150.,

Kemendiknas No 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa

Lingcoln dan Guba, 1985, Naturalistic Inquiry, New Delhi, Sage Publication

Majid, Abdul, 2014, Implementasi Kurikulum 2013, Kajian Teoritis dan Praktis. Bandung; Interes

Ornstein & Hunkins, 2013 (Sixth Edition), Curriculum: Foundations, Principles, and issues. Boston: Pearson

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 Kurikulum Pendidikan Tinggi

Peraturan Presiden No.08 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

Sanjaya, Wina 2011, Kurikulum dan Pembelajaran, , Jakarta, Prenada Media Group, hal. 3-4

Sudiyono, 2004, Manajemen Pendidikan Tinggi, Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: Alfabeta.

Sukardi, 2008, Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta: Bumi Aksara

Sudarwan Danim, Profesionalisasi dan Kode Etik Guru, Bandung, Alfabeta, Bandung, 2010

Syaodih Sukmadinata, Nana. 2004. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Undang-Undang No 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang-undang No 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen

Yusuf, A.Muri, 2013, Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif dan penelitian gabungan, Padang: UNP Press

Zainal Arifin, 2011, Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, (Cet. I; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya; 2011), p. 2.,

Zais, 1976, Curriculum: Principles and Foundation, N.Y: Herper & Row Publisher


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v4i2.500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.