HUBUNGAN ANTARA FRUSTRASI DENGAN PERILAKU AGRESIF PESERTA DIDIK KELAS IX DI MTsN 1 PESISIR SELATAN

Dzil Fadli Anwar, Jum Anidar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara frustrasi dengan perilaku agresif peserta didik kelas IX MTsN 1 Pesisir Selatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Instrumen penelitian ini menggunakan skala frustrasi dan skala perilaku agresif. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji korelasi Product Moment yang sebelumnya diawali dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat frustrasi peserta didik kelas IX yang berjumlah 35 orang sebagai sampel, berada pada tingkat menengah ke atas dengan persentase 86% dan begitu pula dengan perilaku agresifnya dengan persentase 92%. Berdasarkan hasil uji korelasi antara frustrasi dengan perilaku agresif diperoleh hasil rhitung sebesar 0,516. Nilai rtabel pada taraf signifikan 5% = 0,334 dan untuk nilai signifikan 1% = 0,430, sehingga dengan demikian rhitung > rtabel yang artinya ada hubungan positif dan signifikan antara frustrasi dengan perilaku agresif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi frustrasi maka semakin tinggi pula perilaku agresif peserta didik kelas IX di MTsN 1 Pesisir Selatan.

References


Anantasari, 2006, Menyikapi Prilaku Agesif. Yogyakarta: Kanisius

Arikunto, Suharsimi, 2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Atkinson, 1983, Pengantar Psikologi Jilid II edisi kedelapan. Jakarta: Erlangga

Buss, A.H. & Perry. M. 1992, The Agression Questionaire, Journal Of Personality and Sosial Pscology.

C. P. Chaplin, 1989, Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajawali Pers

Dayakisni, 2003, Psikologi Sosial, Malang: UMM

Depdiknas,2003, Undang-Undang RI no. 20 tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Sinar Grafika

Hafiz, 2013, Studi Tentang Perilaku Agresif Siswa di Sekolah. Skripsi ( tidak diterbitkan). UNP Padang

Langgulung, Hasan 1986, Teori-Teori Kesehatan Mental, Jakarta: Pustaka Al Husna

Robert A. Baron, Donn Byrne, 2005, Psikologi Sosial, Alih Bahasa Michael Adryanto, Jakarta: Erlangga.

Semiun, Yustinus, 2006) Kesehatan Mental. Yogyakarta: KANISIUS.

Shelley A.Taylor, Anne Peplau, David O.Sears. Psikologi Sosial. Jakarta: Kencana,

Sobur, Alex, 2003, Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia

Soma, Syafari & Hajaruddin, 2000. Menanggulangi Remaja Kriminal. Bandung: Nuansa.

Sugiono, 2010, Statistika Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Yusuf, A.Muri, 2013, Metode Penelitian. Padang :FIP IKIP Padang

Yusuf, Syamsu dan Juntika Nurihsan. 2010. Landasan Bimbingan dan Koseling, Bandung: Remaja Rosdakarya


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v4i1.515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.