Profil Motivasi Berprestasi Mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Bukittinggi

Syawaluddin Syawaluddin

Abstract


Mahasiswa sepanjang masa studinya di perguruan tinggi diharapkan untuk sukses dalam tiga hal, yaitu sukses akademik, sukses persiapan karir dan sukses sosial kemasyarakatan. Untuk mencapai ketiga sukses di atas mahasiswa harus memiliki motivasi, salah-satunya motivasi berprestasi. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan motivasi berprestasi mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Semester II dan IV berjumlah 73 Orang. Penulis menggunakan teknik total sampling dalam menentukan jumlah sampel. Jumlah sampel sebanyak 73 Orang. Instrumen yang digunakan adalah angket yang mengungkapkan motivasi berprestasi mahasiswa, dimana hasil data yang diperoleh dari responden diolah dan dikategorikan ke dalam 5 kriteria kategori yaitu sangat tinggi (ST), tinggi (T), sedang (S), rendah (R), dan sangat rendah (SR). Data dianalisis dengan menggunakan teknik persentase. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: sebanyak 37 responden atau sebesar 51% memiliki motivasi berprestasi yang tinggi (T), 34 responden atau sebesar 46% memiliki motivasi berprestasi yang sangat tinggi (ST), dan sebanyak 2 responden atau sebesar 3% memiliki Motivasi berprestasi dalam kategori sedang (S). Apabila dilihat dari nilai persentase rata-rata secara keseluruhan motivasi berprestasi mahasiswa KPI berada pada kategori tinggi (T) dengan nilai persentase rata-rata sebesar 78.4%.

References


A. Diniaty. 2001. “Keikutsertaan Siswa Pada Lembaga Bimbingan Belajar Dalam Kaitannya dengan Motivasi Berprestasi, Kemampuan dan Masalah Belajar Serta Peranan Guru Pembimbing Di SMUN 1 Padang”. Tesis tidak diterbitkan. Padang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang.

A. Muri Yusuf. 2002. Kiat Sukses Dalam Karier. Bogor: Ghalia Indonesia.

A.E. Wolfolk,. 1995. Educational Psychology (6th ed). USA: Allyn and Bacon.

A.S. Makmun. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

B. Alma. 2011. Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

David C. McClelland. 2010. The Achieving Sosiety. Princeton, New Jersi: Martino Publishing.

Syaiful Bahri Djamarah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipra.

Elida Prayitno. 1989. Motivasi dalam Belajar. Jakarta: Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Hamzah. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

J. Winardi. 2007. Motivasi Pemotivasian Dalam Manajemen. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

J. W. Santrock. 2003. Perkembangan Remaja. Terjemahan oleh Shinto B. Adelar dan Sherly Saragih. Jakarta: Erlangga.

Mudjiran, dkk. 2007. Perkembangan Peserta Didik. Padang: Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Oemar Hamalik. 2000. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Prayitno. 1990. Bahan Penataran Penasehat Akademik Bagi Para Dosen. Makalah. IKIP Padang.

Prayitno. 2012. Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: FIP UNP.

Sumadi Suryabrata. 1995. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

W.S. Winkel.1996. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Yogyakarta: Gramedia.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v3i2.533

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.