Pendidikan Karakter Berbasis Keislaman dan Keindonesiaan
Abstract
Setiap manusia dilahirkan memiliki fitrah, agar manusia tetap berada pada fitrahnya dan potensi dasarnya yang suci berkembang optimal, maka dibutuhkan tarbiyah wa ta’lim atau proses pendidikan yang terencana dan berkelanjutan sesuai dengan tuntunan Islam. Ada lima nilai utama karakter yang menjadi sentral Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) untuk diterapkan dan dikembangkan di sekolah, yaitu karakter religius, nasionalis, integritas, gotong-royong, dan mandiri. Pendidikan karakter harus dibangun di atas landasan keislaman dan keindonesiaan, secara total taat pada ajaran Islam dan berpihak pada bangsa Indonesia. Pendidikan karakter berbasis keislaman dilakukan secara optimal, baik dalam lingkungan keluarga, masyarakat, maupun sekolah. Mengoptimalkan pendidikan empat pilar kebangsaan dan menguatkan ruhaniyah guru efektif di samping loyalitasnya pada NKRI, merupakan bentuk pendidikan karakter berbasis keindonesiaan dan keislaman.
References
al-Abrasyi, Muhammad Athiyyah, 2003, Prinsip-prinsip Dasar Pendidikan Islam, Penj. Abdullah Zakiy al-Kaaf, Bandung: Pustaka Setia
al-Attas, Syeh M. Naquib, Islam dan Sekularisme, Penj. Khalif Muammar, Bandung: Institut Pemikiran Islam dan Pembangunan Insan [PIMPIN], 2011, cet. ke-2
Anwar, Chairul, 2014, Hakikat Manusia dalam Pendidikan; Sebuah Tinjauan Filosofis, Yogyakarta: SUKA Press
Balitbang Puskur Kemdikbud, 2010, Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah, Jakarta: Puskur Kemdikbud
Hanani, Silfia dan Ghazali, 2004, Dialog Filsafat dengan Teologis; Tuhan dan Alam dalam Perbincangan Filosof Ibnu Sina dan Teolog al-Ghazali Bandung: Humaniora
Hawwa, Sa’id, 2010, Tarbiyatuna ar-Ruhiyah, Penj. Imam Fajaruddin, Surakarta: Era Adicitra Intermedia
Kosim, Muhammad, 2016, PPK Berbasis Kearifan Lokal, Padang: Harian Padang Ekspres, 18 Oktober “Pendidikan Agamais dan Nasionalis” dalam Tinjauan secara Kritis Reformasi Pendidikan Nasional; 85 Tahun Tribute to Prof. H.A.R. Tilaar, Jakarta: Media Indonesia Publishing, 2017
Lickona, Thomas, 2012, Educating for Character; Mendidik untuk Membentuk Karakter, Penj. Juma Abdu Wamaungo, Jakarta: Bumi Aksara
Majid, Abdul dan Dian Andayani, 2011, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya
Nata, Abuddin, 2003, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam; Seri Kajian Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Rajawali Press
______, 2016, Pendidikan dalam Perspektif Alquran, Jakarta: Kencana
Pimpinan MPR dan Tim Kerja Sosialisasi MPR Periode 2009-2014, 2012, Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, Jakarta: Sekretariat Jenderal MPR RI
Ramayulis, 2002, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia
Tafsir, Ahmad, 2010, Filsafat Pendidikan Islam; Integrasi Jasmani, Rohani dan Kalbu Memanusiakan Manusia, Bandung: Remaja Rosdakarya
DOI: 10.15548/atj.v3i2.535
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.