AKTUALISASI DIRI ABRAHAM MASLOW PERSPEKTIF ISLAM

Muhammad Ibnu Malik, Nurjannah Nurjannah

Abstract


Salah satu tokoh terkenal dalam psikologi aliran humanistik adalah Abraham Maslow. Salah satu pemikiran terkenal Maslow adalah teori self-actualization yang terkenal dalam dunia psikologi dan merupakan puncak dalam hierarki kebutuhan. Dalam teori Abraham Maslow, fokus hanya pada "sekarang" dan tidak membahas kehidupan manusia yang membutuhkan kekuatan yang transenden. Hal ini karena dalam psikologi Barat, terpisah dari elemen ilahi yang membuatnya sekularis. Berbeda dengan Islam, yang pembahasannya melampaui kehidupan individu di dunia dan meyakini adanya kekuatan yang lebih transenden terkait dengan fitrah dasar penciptaan manusia terkait self-actualization. Berdasarkan penjelasan ini, penelitian ini bertujuan untuk menentukan self-actualization dalam perspektif Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan, dengan menggunakan bahan dari perpustakaan seperti artikel dan buku sebagai data dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa dalam penciptaan manusia di dunia untuk mengaktualisasikan diri, Allah SWT memberikan dua tugas aktualisasi, yaitu sebagai hamba ('abdun) dan wakil Allah SWT (khalifah) di bumi.

References


Al Afify, M. F. (2018). Konsep Fitrah dalam Psikologi Islam. Tsaqafah, 14(2), 279-298.

Bagas, M. A. (2020). Relevansi Teori Hierarki Kebutuhan Abraham Maslow terhadap Motiavasi Kerja Anggota Organisasi Penyuluhan Agama Islam. Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 1 (2), 100-108.

Bouzenita, A. I., & Boulanouar, A. W. (2016). Maslow’s Hierarchy of Needs: An Islamic Critique. Intellectual Discourse, 24(1), 59-81.

Cahyati, ED, & Rizal, DA (2022). Konsep Perdamaian Agama Islam sebagai Ummat Khalayak dalam Surat Al-Hujurat Ayat 13. Jurnal SUARGA: Studi Keberagamaan dan Keberagaman , 1 (1), 45-54.

Compton, W. C. (2018). Self-Actualization myths: What did Maslow Really say?. Journal of Humanistic Psychology, 1-18.

Pasiska & Alisyahbana (2020). Manusia dalam Pandangan Psikologi. Yogyakarta: CV. Budi Utama. 137.

Furqon, F. 2021. Peran Manusia di Bumi Sebagai Khalifah dalam Perubahan Sosial. An Naba 4 (1): 1-13.

., & Ridho, A. (2021). Self Actualization According to Bediuzaman Said Nursi (1877-1960) in Risale-I Nur. Psychology and Education Journal, 58(2), 141-153.

Hadori, M. (2015). Aktualisasi Diri (Self-Actualization); Sebuah Manifestasi Puncak Potensi Individu Berkepribadian Sehat (Sebuah Konsep Teori Dinamika-Holistik Abraham Maslow). Lisan Al-Hal: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan, 9(2), 207-220.

Khair, Z., Ahmad, N., & Abd Hamid, M. A. (2016, April). Motivation in Islamic Perspective: A Review. In Proceeding of 1st International Research Conference on Economics Business and Social Sciences, Penang (pp. 12-13).

Kurniawan, A. (2018). Aktualisasi Nilai-Nilai Khilafah dalam Al Quran. Jurnal Al-Dirayah , 1 (1), 51-56.

Marwah, SS, & Abdussalam, A. (2020). Tinjauan Psikologis Humanistik dalam Pedagogik Spiritual. Al-Musannif , 2 (1), 15-28.

Narulita, S. (2015). Psikologi Islam Kontemporer. Jurnal Studi Al-Qur'an , 11 (1), 55-69.

Safrudin, I., Khuzai, R., & Nasir, M. A. (2020). Concepts of humans based on Behaviorism, Psychoanalysis, Humanism and Islam. Opción: Revista de Ciencias Humanas y Sociales, (27), 71.

Salleh, S., & Razak, M. A. A. (2021). An Appraisal on Maslow’s Hierarchy of Needs From an Islamic Perspective. Global Journal of Educational Research and Management, 1(2), 101-114.

Susanto, N. H & Lestari, Cindi. (2018). Mengurai problematika pendidikan nasional berbasis teori motivasi abraham maslow dan david mcclelland. Lembaran Ilmu Kependidikan, 47 (1), 30-39.

Taufikurrohmah, I. (2022). Implikasi Pendidikan dari Al-Quran Surat Adz-Dzariyat Ayat 56 tentang Tujuan Penciptaan Manusia terhadap Upaya Pendidikan dalam Membentuk Manusia yang Taat Beribadah dalam Seri Konferensi. Bandung: Pendidikan Islam (Vol. 2, No. 2, hlm. 747-755).


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v9i2.5445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Ibnu Malik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.