RESILIENSI REMAJA DALAM MENGHADAPAI STRES AKADEMIK DI SEKOLAH

Dinda Salma Rosana, Ipah Saripah, Nadia Aulia Nadhirah

Abstract


Remaja akan dihadapkan pada berbagai macam tekanan dalam menempuh pendidikan, salah satunya yaitu tekanan dalam menunjukkan hasil akademik yang baik di sekolah. Adanya tekanan dalam menempuh pendidikan tentunya perlu ada kemampuan dalam diri individu untuk beradaptasi atas kondisi yang sedang dihadapi. Individu yang memiliki resiliensi tinggi akan menilai tugas-tugas stres sebagai kurang mengancam, dibandingkan dengan individu dengan reseiliensi rendah, dan individu yang memiliki resiliensi tinggi akan menilai situasi sulit sebagai tantangan, bukan sebagai ancaman. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris peran resiliensi terhadap stress akademik remaja. Adapun metode penelitian yang akan digunakan yaitu dengan metode literature review. Hasil penelusuran menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat resiliensi siswa, maka semakin rendah pula stress akademik siswa di sekolah, begitu pula sebaliknya. Maka dari itu diperlukan suatu usaha, khususnya guru bimbingan dan konseling/konselor untuk meningkatkan kemampuan resiliensi remaja di sekolah.

References


Afandi, L. P., Aisha, D., &Dimala, C. P. (2022). Pengaruh Resiliensidan Pola Asuh Otoritatif Terhadap Stres Akademik Pada Siswa di Karawang Barat. Empowerment Jurnal Mahasiswa Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang, 2(3), 68-76.

Aini, P. N. (2022). Hubungan Dukungan Orang Tua Dengan Resiliensi Akademik Pada Remaja SMP Negeri di Kecamatan Ngrambe. Quanta, 6(2), 11-19.

Ainiah, Q., &Khusumadewi, A. (2018). Penerapan Konseling Kelompok Realita Untuk Meningkatkan Resiliensi Diri (SelfRecilience) Siswa. Jurnal BK UNESA, 9(1).

Alfiani, V. R. (2020). Upaya Resiliensi Pada Remaja Dalam Mengatasi Toxic Relationship yang Terjadi Dalam Hubungan Pacaran. Skripsi Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto.

Amalia, R. (2017) Pengaruh Resiliensi Akademik dan Motivasi Belajar Terhadap Student Engagement Pada Santri Mukim Pondok Pesantren Nurul Islam Karangcempaka Sumenep. Tesis. Universitas Airlangga.

Aza, I. N., Atmoko, A., & Hitipeuw, I. (2019). Kontribusi Dukungan Sosial, Self-Esteem, dan Resiliensi Terhadap Stres Akademik Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(4), 491-498.

Barseli, M., Ifdil, I., &Nikmarijal, N. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal konseling dan pendidikan, 5(3), 143-148.

Barseli, M., Ifdil, I., & Fitria, L. (2020). Stress Akademik Akibat Covid-19. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 5(2), 95-99.

Bastian, V. M. (2017). Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Resiliensi Remaja Perantauan Tingkat SMP (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Budiyati, G. A., & Oktavianto, E. (2020). Stres dan Resiliensi Remaja di Masa Pandemi COVID-19. Husada Mahakam: Jurnal Kesehatan, 10(2), 102-109.

Dari, S. W., Abdi, S., & Erwin, A. (2022). Efektivitas Konseling Kelompok Cognitive Restructuring Untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 3308-3314.

Deswanda, A. R. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Resiliensi Remaja Yayasan Sosial di Jakarta Selatan (Bachelor's thesis, Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Dumaris, S., & Rahayu, A. (2019). Penerimaan Diri dan Resiliensi Hubungannya Dengan Kebermaknaan Hidup Remaja Yang Tinggal Di Panti Asuhan. Ikra-Ith Humaniora: Jurnal Sosial dan Humaniora, 3(1), 71-77.

Edmawati, M. D. (2021). Keefektifan Konseling Kelompok Berbasis Kearifan Lokal Tembang Macapat Sinom untuk Meningkatkan Resiliensi Generasi Milenial. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 11(2), 143-156.

Fitri, H. U., & Kushendar, K. (2019). Konseling Kelompok Cognitive Restructuring Untuk Meningkatkan Resiliensi Akademik Mahasiswa. BulletinofCounselingandPsychotherapy, 1(2), 67-74.

Hasanah, N., & Rusmawati, D. (2020). Hubungan Antara Resiliensi Dengan Kematangan Karir Pada Remaja Penyandang Disabilitas Daksa Prof. Dr. Soeharso Surakarta. Jurnal Empati, 7(3), 1119-1123.

Herrman, H., Stewart, D., Diaz-Granados, N., & Berger, E. J. B., &Yuen, T.(2011). What is Resilience. The CanadianJournalofPsychiatry, 56(3), 258-283.

Kumar, S. (2017). Academic Stress: Concept, Sources And Effect. Indian JournalOfAppliedResearch, 7(9), 503-504.

Roellyana, S., & Listiyandini, R. A. (2016). Peranan Optimismse Terhadap Resiliensi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Yang Mengerjakan Skripsi. Prosiding Konferensi Nasional Peneliti Muda Psikologi Indonesia, 1(1), 29-37.

Lubis, M., & Dewi, R. S. (2021). Resilience in Early Childhood. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 1069-1077.

Luthar, S. S., Cicchetti, D., &Becker, B. (2000). The Construct of Resilience: A Critical Evaluation and Guidelines for Future Work. Child Development, 71(3), 543-562.

Mahmud, N. U., Arief, R. Q., Safruddin., & Hikmah. (2022). Korelasi Resiliensi Terhadap Tingkat Stress Siswa SMP Berdasarkan Usia Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Kesehatan, 15(1), 1-9.

Masten, A. S., Best, K. M., &Garmezy, N. (1990). Resilience and Development Contributions From The Study of Children Who Overcome Adversity. Development and Psychopathology.

Muwakhidah, M. (2021). Keefektifan Peer-Counseling (Konseling Teman Sebaya) Untuk Meningkatkan Resiliensi Remaja di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Jombang. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 8(1), 52-64.

Nakaya, M., Oshio, A., &Kaneko, H. (2006). Correlations for Adolescent Resilience Scale With Big Five Personality Traits. Psychological reports, 98(3), 927-930.

Oktaningrum, A., &Santhoso, F. H. (2018). Efikasi diri akademik dan resiliensi pada siswa SMA berasrama di Magelang. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 4(2), 127-134.

Oktavia, W. K., Fitroh, R., Wulandari, H., &Feliana, F. (2019, November). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Stres Akademik. In Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (pp. 142-149).

Pardede, N., & Dalimunthe, S. N. (2020). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dalam Meningkatkan Resiliensi Siswa SMP Muhammadiyah 29 Padang sidimpuan. Ristekdik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 7-13.

Rahayu, W., &Djabbar, M. E. A. (2019). Peran Resiliensi Terhadap Stres Akademik Siswa SMA. Naskah Prosiding Temilnas, 20, 21.

Rahayu, R. A., Kusdiyati, S., &Borualogo, I. S. (2021). Pengaruh Stress Akademik terhadap Resiliensi Pada Remaja Di Masa Pandemi COVID-19. Prosiding Psikologi, 0 (0). https://doi. org/10.29313/. v0i0, 28372.

Reivich, K. andShatté, A. (2002) The ResilienceFactor: 7 Essential Skills for Overcoming Life’s Inevitable Obstacles. Broadway Books.

Sagone, E., & DeCaroli, M. E. (2013). Relationships Between Resilience, Self-Efficacy, and Thinking Styles in Italian Middle Adolescents. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 92, 838-845.

Sarafino, E. P. (2006). HealthPsychology : Biopsychososial Interactions. Fifth Edition. USA : John Wiley& Sons.

Septiana, N. Z. (2021). Hubungan Antara Stres Akademik dan Resiliensi Akademik Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi COVID-19. SITTAH: Journal of Primary Education, 2(1), 49-64.

Shatté, A., Perlman, A., Smith, B., & Lynch, W. D. (2017). The Positive Effect of Resilience On Stress And Business Outcomes in Difficult Work Environments. Journal of occupational and environmental medicine, 59(2), 135.

Sholichah, I. F., Paulana, A. N., & Fitriya, P. (2019). Self-Esteem dan Resiliensi Akademik Mahasiswa. In Proceeding National Conference Psikologi UMG 2018 (Vol. 1, No. 1, pp. 191-197).

Supriyadi, S., & Kartini, M. (2022). Intervensi Untuk Meningkatkan Resiliensi Pada Remaja. Jurnal Keperawatan Karya Bhakti, 8(1), 19-29.

Surya, D. J. (2016). Hubungan Kestabilan Emosi Terhadap Stres Akademik Pada Remaja di SMAN 4 Jakarta (Bachelor's thesis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, 2016).

Tugade, M. M., &Fredrickson, B. L. (2004). Resilient Individuals Use Positive Emotions to Bounce Back From Negative Emotional Experiences. Journal of personality and social psychology, 86(2), 320.

Wagnild, G., & Young, H. M. (1990). Resilience among older women. Image: The Journal of Nursing Scholarship, 22(4), 252-255.

Wagnild, G. M., & Young, H. M. (1993). Development and Psychometric Evaluation of the Resilience Scale. Journal of nursing measurement, 1(2), 165-17847.

Wolin, S. J., & Wolin, S. (1993). The Resilient Self How Survivors of Troubled Families Arise above Adversity. New YorkVillardBooks.

Yusuf, S., Sughandi, N. M., Saomah, A. (2021). Bimbingan dan Konseling Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v9i2.5536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dinda Salma Rosana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.