GURU BK DALAM MENJAWAB TANTANGAN DI ERA DIGITAL

Ahmad Zaky Firsa

Abstract


Berkembangnya dunia saat ini telah memasuki era digital dimana perkembangannya bisa dilihat dari banyaknya sektor yang saat ini telah menggunakan teknologi, adanya kemajuan teknologi yang terus maju menjadikan era ini tidak bisa dilewatkan siapapun termasuk pada dunia pendidikan yang terpaksa mengikuti adanya perkembangan teknologi ini yang kemudian memaksa dunia pendidikan ini untuk bisa mengaplikasikan teknologi pada pendidikan. Pada tulisan ini penulis menganalisa terkait inovasi seperti apa yang akan dilakukan guru bimbingan dan konseling pada era digital ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dimana data yang mana data yang didapatkan merupakan hasil dari sumber bacaan yang asalnya dari buku, jurnal, hingga artikel yang sebelumnya juga sudah dikerjakan dengan seorang peneliti. Melalui sumber yang telah dikumpulkan maka penelitian ini menghasilkan jika layanan bimbingan dan konseling yang tepat digunakan dalam era digital ini yaitu E-counseling dimana layanan ini berbasis online yang tentu memanfaatkan perangkat dan juga internet yang mana hadirnya E-counseling ini diharapkann tidak akan terjadi hilang peran guru bimbingan dan konseling oleh teknologi yang terus berkembang.

References


Amichai-Hamburger, Y., Klomek, A. B., Friedman, D., Zuckerman, O., & Shani-Sherman, T. (2014). The future of online therapy. Computers in Human Behavior, 41(July 2015), 288–294. https://doi.org/10.1016/j.chb.2014.09.016

Alijona, A. (2020). Peran Konselor di Era Disruption. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 188–194.

Asri, A. S., Zainudin, Z. N., Norhayati, W., Othman, W., Hassan, S. A., Aniza, N., Talib, M. A., & Yusop, Y. M. (2020). E-Counselling Process and Skils: a Literature Review. Journal of Critical Reviews, 7(13), 629–643. https://doi.org/10.31838/jcr.07.13.110

Ayuni, B. Q., Umaria, S. R., & Putri, A. (2021). Cybercounseling Sebagai Inovasi Konselor Menghadapi Tantangan Disrupsi Pada Era Society 5.0. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 7(2), 100. https://doi.org/10.31602/jbkr.v7i2.5842

Bastemur, S., & Bastemur, E. (2015). Technology Based Counseling: Perspectives of Turkish Counselors. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 176(1998), 431–438. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.493

Fitria, E., & Yudhawati, D. (2018). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Simulasi Berbasis Token Economyuntuk Meningkatkan Konsep Diri Positif Siswa Tunarungu. In Prosiding Seminar Nasional Strategi Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Era Disrupsi.

Hayati, L. M. (2022). Paradigma Guru Bimbingan Konseling Pada Kurikulum Merdeka Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 158. https://doi.org/10.29210/021880jpgi0005

Janna, N. M., & Sainuddin, I. H. (2018). Bimbingan dan Konseling bagi Siswa di Era Disrupsi. Osf.Io, 1(Ddi), 1–12. https://osf.io/preprints/kjq36/

Nurmalasari, Y., & Erdiantoro, R. (2020). Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier. Quanta, 4(1), 44–51. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497

Nursalim, M. (2020). Peluang Dan Tantangan Globalisasi Profesi Bimbingan Dan Konseling di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 31–40.

http://e-jurnal.ikippgrismg. ac.id/index. php/mediapenelitianpendidikan

Permatasari, Y., Suhaili, N., & Firman, F. (2021). Inovasi Program Layanan Bk Berbasis Digital Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 7(1), 38–44. https://doi.org/10.15548/atj.v7i1.2921

Rokhyani, E. (2022). Penguatan Praksis Bimbingan Konseling dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar. Abkin, 3(1), 26–38.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryahadikusumah, A. R., & Kurniasari. (2019). Karakteristik guru BK millenial di Sekolah Menengah Atas Kota Palembang. Teraputik Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 52–27. https://doi.org/10.30998/teraputik.32125.

Tari, E., & Hutapea, R. H. (2020). Peran Guru Dalam Pengembangan Peserta Didik Di era Digital. Kharisma: Jurnal Ilmiah Teologi, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54553/kharisma.v1i1.1


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v9i2.5580

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ahmad Zaky Firsa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.