IMPLEMENTASI BIMBINGAN KONSELING ISLAM DALAM SUFI HEALING DI PONDOK DARUL AFKAR KLATEN
Abstract
References
AG. n.d.“Wawancara Dengan AG, Petugas Sufi Healing Pondok Darul Afkar Klaten Pada Tanggal 21 Januari 2022.”
Agustini, M. 2016. “Self-Efficacy Dan Makna Hidup Pada Penderita Penyakit Jantung Koroner. Samarinda.” E Journal Psikologi Vol. 4:hlm. 419.
Amir. N. 2013. Buku Ajar Psikiatri Edisi Ke-2. 2nd ed. Jakarta: FKUI.
Ariadi, Purmansyah. 2013. “Kesehatan Mental Dalam Perspektif Islam.” Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan Vol. 03(No. 02):hlm. 2.
Azzet, Akhmad Muhaimin. 2017. Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Yogyakarta: Buku Ar-Ruzz Media.
Beningtyas Kharisma Bestari, Dwi Nurviyandri Kusuma Wati. 2016. “Penyakit Kronis Lebih Dari Satu Menimbulkan Peningktan Perasaan Cemas Pada Lansia Di Kecamatan Cibinong.” Jurnal Keprawatan Indonesia 19(1):hlm. 50-53.
Bergin. 1980.“Upaya Penelitian Bidang Agama Dalam Hubungannya Dengan Konseling Juga Dilakukan Oleh Bergin (1980) Didalam Penelitiannya Menemukan 46% Responden Dari Ahli Kesehatan Mental Yang Ia Survey Mereka Menyetujui Bahwa Seluruh Pendekatan Kehidupan Mereka Didasark.”
Daradjat, Zakiah. 1985. Kesehatan Mental. Jakarta: PT. Gunung Agung.
Elva Sujana, Dkk. 2017. “Kebutuhan Spiritualitas Keluarga Dengan Anak Penderita Penyakit Kronis.” Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia Vol. 3(No. 1):hlm. 48.
Ema Hidayanti. 2015. Dasar-Dasar Bimbingan Rohani Islam. Semarang: CV. Abadi Jaya.
FRSP. n.d.“Wawancara Dengan FRSP, Petugas Sufi Healing Pondok Darul Afkar Klaten Pada Tanggal 01 Juli 2022.”
Hawari, Dadang. 2004. Al-Qur’an Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan Jiwa. Yogyakarta: Bakti Prima Yasa.
Hidayanti, Ema. 2013. “Optimalisasi Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Agama Bagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).” Jurnal Dimas Vol. 12(No. 2):hlm. 362-363.
Imam Faisal Hamzah, DKK. 2014. “Makna Sakit Pada Penderita Penyakit Jantung Koroner.” Jurnal Psikologis Undip Vol. 13(No. 1):hlm. 2.
Koenig, Harold G. 2012. “Religion, Spirituality, and Health: The Research and Clinical Implication.” Jurnal International Scholarly Research Network hlm. 05.
Nadia. n.d. “Kecemasan Pada Penderita Gagal Ginjal Kroniks Di Laboratorium Dianalisis Rumah Sakit Pusat TNI AU Dr. Esnawan Antariksa.” hlm. 5.
Rahman, Imas Kania. 2017. “Gestalt Profetik (G-Pro) Best Partice Pendekatan Bimbingan Dan Konseling Sufistik.” Jurnal Bimbingan Konseling Islam Vol. 8(No.1):hlm. 11.
Salabi, Mas Rahim. 2002. Mengatasi Keguncangan Jiwa Perspektif Al-Quran Dan Sains. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sartini, Nopa Three. 2021.“Dzikir Sebagai Psikoterapi Islam Dalam Mengatasi Kecemasan Menurut Dadang Hawari.”
Sri Maullasari, dkk. 2020. “Mental Health with COVID-19: Health Crisis Intervention.” Journal of Advance Guidance and Counseling 1(2):143.
Syamsu Bakri, Ahmad Saifuddin. 2019. Sufi Healing (Integrasi Tasawuf Dan Psikologi Dalam Penyembuhan Psikis Dan Fisik). Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Syukur, M. Amin. 2012. Sufi Healing: Terapi Dengan Metode Tasawuf. Jakarta: Erlangga.
Syukur, M Amin. 2012. Sufi Healing Terapi Dalam Literatur Tasawuf. Semarang: Walisongo Press.
Tarmizi. 2018. Bimbingan Konseling Islam. Medan: Perdana Publishing.
DOI: 10.15548/atj.v9i2.5605
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 ulin nihayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.