Konsep Diri Peserta Didik Difabelnetra Serta Usaha Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengembangkannya Di MAN 2 Payakumbuh

Safri Mardison, Nurhidayah Nurhidayah

Abstract


 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi bahwa peserta didik difabelnetra memiliki kemauan yang kuat untuk mengenyam pendidikan, bagi peserta didik difabelnetra kesulitan-kesulitan bukanlah menjadi penghalang, mereka merasa bahwa tidak ada perbedaan antara peserta didik difabelnetra dengan peserta didik normal lainnya. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian adalah peserta didik difabelnetra, guru Bimbingan dan konseling di MAN 2 Payakumbuh. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, konsep diri peserta didik difabelnetra yang terdiri dari Self-esteem (penghargaan diri) peserta didik difabelnetra di MAN 2 Payakumbuh adalah positif. Self-image (citra diri) peserta didik difabelnetra di MAN 2 Payakumbuh adalah positif. Usaha guru BK dalam mengembangkan konsep diri peserta didik difabelnetra adalah memberikan konseling individual berupa pemberian motivasi untuk meningkatkan dan membentuk rasa percaya diri.


References


Alex Sobur. 2009. Psikologi Umum. Bandung: CV Pustaka Setia.

Aliah B. Purwakania Hasan. 2000. Psikologi Perkembangan Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Elida Prayitno. 2002. Psikologi Perkembangan Remaja. Padang,: Jurusan BK UNP.

Elizabeth B.Hurlock. 1999. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Ganda Sumekar. 2009. Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press.

Jalaluddin Rahkmat. 2008. Psikologi Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Pervin A Lawrence, Cervone Daniel, dan John P. Oliver. 2010. Psikologi Kepribadian Teori dan Penelitian. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.

Purwaka Hadi. 2007. Komunikasi Aktif Bagi Tunanetra. Padang: Departemen Pendidikan Nasional.

Wasty Soemanto. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v3i1.590

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.