MENINGKATKAN EMPATI SOSIAL DENGAN CHARACTER BUILDING MAHASISWA PRODI BIMBINGAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM IAIN CURUP

Beni Azwar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat penguatan karakter sosial dengan Character Building Mahasiswa Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (BKPI), jenis penelitiannya Research and Development (R&D) dengan menggunakan Model Pengembangan ADDIE. Subjek penelitiannya mahasiswa semester IV BKPI. Data penelitian dikumpulkan dengan penyebaran angket, lembar validasi prototype, pedoman observasi dan pedoman wawancara serta dokumentasi. Validasi instrumen dilakukan dengan penilaian ahli dianalisis menggunakan uji Konkordansi kendalls, uji praktikalitas dilakukan dengan melakukan pengamatan oleh observer, uji efektivitas dilakukan dengan melihat skor karakter peduli sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran outbound. Hasil analisis kebutuhan (need analysis) bahwa karakter peduli lingkungan dan karakter peduli sosial mahasiswa belum begitu berkembang. Model pembelajaran outbound yang dihasilkan berdasarkan hasil validasi dinyatakan valid untuk meningkatkan karakter peduli terhadap lingkungan sosial. Dengan demikian model ini, dapat diimplementasikan melalui kegiatan outbound dengan dilaksanakannya beberapa kegiatan yang spesifik dengan karakter peduli terhadap lingkungan sosial. Model pembelajaran outbound yang dihasilkan, memiliki efektivitas yang tinggi untuk meningkatkan karakter peduli terhadap lingkungan sosial. Hasil uji coba yang dilakukan mengungkapkan bahwa, karakter peduli mahasiswa pada hasil post-test, lebih meningkat dibandingkan hasil pre-test. Penelitian ini menghasilkan model yang sudah dinyatakan valid, sangat praktis, dan memiliki efektivitas yang tinggi untuk meningkatkan karakter peduli terhadap lingkungan sosial.

References


Agusta, A. R., Setyosari, P., & Sa’dijah, C. (2018). Implementasi Strategi Outdoor Learning Variasi Outbound Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Kerjasama Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(4), 453–459.

Ancok, D. (2006). Outbound Management Training. UII Press.

Anuradha, P. (2019). The Teaching Learning Process. International Journal of Advanced Science and Technology, 28(17), 709–714.

Azis, M. M., Leion, H., Jerndal, E., Steenari, B., Mattisson, T., & Lyngfelt, A. (2013). The effect of bituminous and lignite ash on the performance of ilmenite as oxygen carrier in chemical‐looping combustion. Chemical Engineering & Technology, 36(9), 1460–1468.

Beningga, J. S., & et all. (2003). The Relationship of Character Education Implementation and Academic Achievement in Elementary Schools. Journal of Research in Character Education, 01(01), 20.

Buchori, S., Ibrahim, M., & Saman, A. (2016). Pengaruh character education training melalui outbound training untuk peningkatan kejujuran dan integritas. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 2(1), 12–19.

C. Peterson. (2003). Bringing ADDIE to life: instructional design at its best. J. Educ. Multimed. Hypermedia, 12 no 3, 1–5.

Carr, B. I., Kondragunta, V., Buch, S. C., & Branch, R. A. (2010). Therapeutic equivalence in survival for hepatic arterial chemoembolization and yttrium 90 microsphere treatments in unresectable hepatocellular carcinoma: a two‐cohort study. Cancer: Interdisciplinary International Journal of the American Cancer Society, 116(5), 1305–1314.

Cummings, C. L., Geis, G. M., Feldman, H. A., Berson, E. R., dan Kesselheim, J. C. (2018). Assessing Ethics Knowledge: Development of a Test of Ethics Knowledge in Neonatology. The Journal of Pediatrics, 196, 335–342.

Dewantara, K. H. (1962). Karja Ki Hadjar Dewantara. Madjelis Luhur Persatuan Taman Siswa.

Harry Anwar, R. A. R. (2018). Peran Perguruan Tinggi dalam Pengembangan Kepedulian Sosial Mahasiswa. Sosiohumanitas, 20(1), 1–13. https://doi.org/10.36555/sosiohumanitas.v20i1.45

Humaedi, H., Iskandar, H., & Abduh, I. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Outbound pada Pendidikan Jasmani dalam Meningkatkan Kesegaran Jasmani Siswa. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9(2), 117–122.

Hura, F., Neviyarni, N., & Taufik, T. (2018). Implementation of Character Education and Improvement of Skill Writing Descriptive in Class 4 SDN 075043 Oladano. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 2(2), 75–79.

Karunawardhana, K. V. K. (2016). The Impact of Effective Outbound Training Programs on Changing Employees’ Behavior in Parliament of Sri Lanka. Proceedings of International HR Conference, 3(1).

Lickona, T. (1992). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books, 1992.

Lickona, T. (2013). Educating for character in the sexual domain. Peabody Journal of Education, 88(2), 198–211.

Lickona, T., & Matters, C. (2012). How to help our children Develop Good Judgement, integrity, and other essential Virtues. In Terjemahan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mariana, L. (2014). Pengembangan model bimbingan kelompok dengan teknik outbound untuk mengurangi perilaku agresif siswa SMK Swasta Kota Semarang. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2).

Mustika, F., & Sahudra, T. M. (2018). Peranan Lingkungan Sosial terhadap Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Mahasiswa Pendidikan Geografi di Universitas Samudra Langsa. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(2), 235. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i2.11291

Pradipta, R. F., & Dewantoro, D. A. (2019). Origami and Fine Motoric Ability of Intellectual Disabiliy Students. International Journal of Innovation, 5(5), 531–545.

Purwati, Sauri, & Faiz, A. (2021). Analisis Istilah Kampus Ilmiah, Religius , dan Edukatif dalam Tinjauan Teori Realms Of Meaning Karya Phenix. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1724–1733.

Qosim, N., & Hamid, A. (2020). Mahasiswa Milenial Berkarakter Santri (Studi Institutut Zainaul Hasan Genggong Probolinggo). Fenomena, 19(1), 64–72. https://doi.org/10.35719/fenomena.v19i1.33

Satpathy, I., Patnaik, B. C. M., & Anamika. (2016). Outbound Training and its Influence on Behavioral Skills: An Overview. International Journal of Research in IT & Management, 6(May), 115–124. https://www.researchgate.net/publication/304023476_OUTBOUND_TRAINING_AND_ITS_INFLUENCE_ON_BEHAVIORAL_SKILLS_AN_OVERVIEW

Setyosari, P. (2010). Metode penelitian pendidikan dan pengembangan. Jakarta: kencana.

Shoimin, A. (2021). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar Ruzz Media.

Sinta Fitriani. (2019). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 229–238.

Susanta, A. 2010. (2010). Outbound Profesional. Pengertian, Prinsip Perancangan, dan Panduan Pelaksanaan. ANDI Yogyakarta.

Tentama, F., Subardjo., & Abdillah, M. H. (2019). Motivation to learn and social support determine employability among vocational high school students. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 8(02), 237–242.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v9i1.6056

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Beni Azwar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.