TINGKAT STRES AKADEMIK PADA SISWA SMKN DI BANDA ACEH

Putri Ayu Mahbengi, Nurhasanah Nurhasanah, Nurbaity Nurbaity

Abstract


Stres akademik muncul dari tekanan untuk mencapai prestasi dan keunggulan dalam persaingan akademik yang meningkat. Siswa SMKN di Banda Aceh mengalami beban stres akademik yang berasal dari berbagai tekanan dan tuntutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif persentase. Populasi terdiri dari 6 SMKN di Banda Aceh, dengan jumlah sampel sebanyak 4 sekolah atau 2.976 siswa, diwakili oleh 327 siswa. Sampel diambil melalui teknik multistage random sampling dari tingkat kelas X hingga XII. Pengumpulan data dilakukan menggunakan dua skala: tingkat stres akademik dan penyebab stres akademik. Hasil penelitian menunjukkan tingkat stres akademik siswa, dengan 1% dalam kategori sangat tinggi, 14% tinggi, 35% sedang, 39% rendah, dan 11% sangat rendah. Penyebab stres akademik melibatkan tuntutan dari sekolah seperti waktu terbatas untuk tugas, kekhawatiran akan masa depan, dan kehilangan energi untuk belajar. Tuntutan dari diri siswa melibatkan motivasi belajar rendah, ketakutan akan kegagalan, kecemasan menghadapi ujian, sumber daya yang tidak memadai, dan kekhawatiran tentang masa depan.

References


Anggraini, D. V.(2018). Faktor Penyebab Stres Akademik Pada Siswa(Studi Deskriptif Pada Siswa Kelas 4 dan 5 SD Bentara WacanaMuntilan).

Azwar, S. (2015). Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Barseli, M., & Ifdil, I. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143.

Barseli, Mufadhal, Riska Ahmad, and Ifdil Ifdil. (2018). “Hubungan Stres Akademik Siswa Dengan Hasil Belajar.” Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia 4(1): 40.

Bungin, B. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenadamedia.

Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peseerta didik. Bandung: PT. RemajaRosdakarya offset.

Dhea, E. D. (2016). “Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Bidikmisi Dan Non Bidikmisi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta”. [SkripsiFakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta: 1-120], Yogyakarta.

Fajar, N. (2022). Analisis Respons Stres Pada Peserta Didik Kelas 11 Jurusan Titl Smk Yatpi Godong. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 2, No. 1.

Nasib T. L. G (2016). Teori Stres: Stimulus, Respons, dan Tran-saksional. Jurnal Buletin Psikologi. Vol. 24, No. 1, 1 – 11.

Rahmah, W. (2020). Identifikasi Tingkat Stres Akademik Siswa Smp Negeri Di Kota Banda Aceh. [Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala], Banda Aceh.

Rahmawati S., Indriayu M., & Sabandi M. (2017). Pengaruh Tekanan Akademik Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret.

Santrock, J. W. (2015). Life-Span Development Fifteenth Edition (11th ed., Vol. 2). New York: McGraw-Hill Education.

Simbolon, I. (2015). Reaksi Stres Akademis Mahasiswa Keperawatan Dengan Sistem Belajar Blok Di Fakultas Keperawatan X Bandung. Jurnal Skolastik Keperawatan, 1(01), 29–37.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suyono, S., Triyono, T., dan Handarini, D. M. (2016). “keefektifan teknik relaksasi untuk menurunkan stres akademik siswa SMA”. Jurnal Pendidikan Humaniora, 4(2), 115-120.

Syamsu, Yusuf & Nurihsan, AJ. (2005). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rosdakarya.

Tamara, J. & Chris, A. (2018). Hubungan stres dengan prestasi akademik di SMA DiakoniaJakarta. Jurnal Tarumanagara Medical, Vol. 1, No. 1

Utami S. D. (2015). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Stres Akademik Pada SiswaKelas Xi Di Man 3 Yogyakarta. Jurnal skripsi Fakultas Ilmu PendidikanUniversitas Negeri Yogyakarta.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v9i2.6364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Putri Ayu Mahbengi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.