KORELASI ANTARA BODY IMAGE DENGAN SELF ESTEEM PADA SISWA

Listi Nur Wahyuni, Ani Wardah, Zainal Fauzi

Abstract


Masa remaja adalah periode tertentu yang umumnya dianggap antara usia 10-19 tahun. Remaja mengalami banyak perubahan. Umumnya para remaja menyadari perubahan yang dialami mereka, khususnya perubahan dalam hal penampilan. Remaja memandang tubuhnya sebagai bagian yang terpisah dan setiap bagian berperan dalam kepribadiannya. Selain melakukan penilaian terhadap tubuhnya, remaja tentunya juga melakukan penilaian terhadap keberhargaan dirinya (Self Esteem). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Body Image dengan Self Esteem pada siswadi SMKN 1 Banjarbaru. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampel random sampling sebanyak 120 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis korelasi spearman rank. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara Body Image dengan Self Esteem pada siswa di SMKN 1 Banjarbaru. Hal ini menunjukan bahwa semakin positif Body Image, maka akan semakin tinggi Self Esteem pada siswa. Begitu juga sebaliknya semakin negatif Body Image maka akan semakin rendah Self Esteem siswa.

References


Damayanti, Anak Agung Mas & Luh Kadek Pande Ary Susilawati. (2018). Peran Citra Tubuh dan Penerimaan Diri terhadap Self-Esteem pada Remaja Putri di Kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 5(2), 424-433.

Deaux, K., & Snyder, M. (2019). The Oxford handbook of personality and social psychology (second edition). Oxford University Press.

Desryani,Veby Nur. (2015). Hubungan antara Harga Diri dan Gaya Hidup Hedonisme dengan Body Image. Jurnal Motivasi, 2(1), 73-80.

Fianinda, Corona Fatma. (2017). Hubungan antara Citra Tubuh dengan Harga Diri pada Remaja Putri. Skripsi. Unika Soegijiapranata Semarang.

Gillen, M. M., & Markey, C. N. (2016). Body Image and Mental Health. Dalam Encyclopedia of Mental Health: Second Edition (hlm. 187–192).

Huwaida, A. (2022). Hubungan antara Body Image

dengan Kepercayaan Diri Pada Remaja Madrasah Aliyah Negeri (MAN). (Doctoral dissertationan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau). Diakses dari : http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60001

Jannah, Miftahul. (2016). Remaja dan Tugas-Tugas Perkembangannya Dalam Islam. Jurnal Psikoislamedia. 1 (1)

Maemunah, Siti Erma. (2020). Hubungan antara Tingkat Kepuasan Citra Tubuh (Body Image) dengan Harga Diri (Self-Esteem) pada Mahasiswi Fakultas Psikologi. Jurnal Aksioma Al-Asas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 27-38.

Minev, M., Petrova, B., Mineva, K., Petkova, M., & Strebkova, R. (2018). Self-esteem in adolescents. Trakia Journal of Science, 16(2), 114–118.

Periantalo, J. (2015). Penyusunan skala psikologi: asyik, mudah, dan bermanfaat. Yogyakarta: Pustaka belajar.

Rombe, S. (2014). Hubungan Body Image dan kepercayaan diri dengan perilaku konsumtif pada remaja putri di SMA Negeri 5 Samarinda. E jurnal psikologi, 2 (1), 76-91.

Suhron, M. (2016). Asuhan Keperawatan Konsep Diri: Self-Esteem. Ponorogo: Unmuh Ponorogo Press.

Sumanty, D., Sudirman, D., & Puspasari, D. (2018). “Hubungan Religiusitas dengan Citra Tubuh pada Wanita Dewasa Awal”. Jurnal Psikologi Islam dan Budaya. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

Sumanty, D., Sudirman, D., & Puspasari, D. (2018). “Hubungan Religiusitas dengan Citra Tubuh pada Wanita

Zhafirah, T., & Dinardinata, A. (2018). Hubungan antara citra tubuh dengan harga diri pada siswi SMA Kesatrian 2 Semarang. Jurnal Empati, 7 (2), 334-340.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v9i2.7118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Listi Nur Wahyuni, Listi Nur Wahyuni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.