Dimensi-Dimensi Kemanusiaan
Abstract
Dimensi kemanusiaan adalah hal ikhwal yang berhubungan dengan misi kehidupan yang dilalui oleh manusia sebagai makhluk ciptaan Allah yang mesti dikembangkan secara serasi dan seimbang melalui pendidikan terutama pendidikan keluarga (rumah tangga) yang kemudian dilanjutkan melalui jenis dan jenjang pendidikan formal lainnya di samping pendidikan nonformal lainnya yang akan mewarnai perilaku kehidupan melalui pengembangan dimensi-dimensi tersebut. Di sisi lain dimensi-dimensi kemanusiaan adalah bentuk perbedaan ukuran, postur badan termasuk sifat, sikap, bakat, dan kemampuan, yang berbeda antara individu yang satu dengan yang lainnya.
Dalam kajian Pendidikan Islam ada tujuh macam dimensi-dimensi kemanusiaan yang mesti dikembangkan secara seimbang dan berkesinambungan di antaranya adalah sebagai berikut: 1) dimensi fisik; 2) dimensi akal; 3) dimensi iman; 4) dimensi akhlak; 5) dimensi kejiwaan; 6) dimensi keindahan, dan 7) dimensi sosial-kemasyarakatan. Berbeda halnya dengan pandangan kajian bimbingan dan konseling yang menyatakan bahwa dimensi-dimensi kemanusiaan meliputi: 1) dimensi keindividualan; 2) dimensi sosial; 3) dimensi kesusilaan; dan 4) dimensi keberagamaan. Dengan dimikian antara kajian Pendidikan Islam dengan Ilmu Konseling memberikan semacam pemahaman berkenaan dengan pengembangan semua dimensi-dimensi tersebut melalui kegiatan pendidikan, karena sekecil apapun kegiatan pendidikan tidak terlepas dari proses latihan dan bimbingan, sehingga terwujudlah kepribadian manusia yang mulia bagi setiap individu. Kepribadian manusia yang mulia itu adalah kepribadian yang mampu menginplementasikan dimensi-dimensi kemanusiaannya.
References
Abdurrahman, Agus, 2013, Psikologi sosial, Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada
Abidin, Zainal, 2000, Memahami manusia melalui filsafat, Bandung: Rosda Karya
Ahmadi, Abu, 2005, Psikologi Perkembangan, Jakarta, PT. Rineka Cipta
al- Ahwani, Ahmad Fu’ad, 1979, Al- Tarbiyah fi al-Islam, Kairo: Dar al- Ma’arif
Ali, Muhammad Daud, 2006, Pendidikan Agama Islam Jakarta: PT.Raja Grafindo
Ali, Yunasril, 1997, Manusia Citra Ilahi Pengembangan Konsep Insan Kamil Ibn’Arabi oleh al-Jili, Jakarta: Paramadina
al-Maraghi, Ahmad Mustafa, 1971, Tafsir al- Maraghi Juz I Bairut: Libanon Dar al-Fikr
Al-Nahlawi, Abdurrahman, 1995, Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat, Jakarta: Gema Insani Press
Asmaran As, 1992, Pengantar Studi Akhlak, Jakarta: Grafindo Persada
Baharudin, 2004, Pengantar Psikologi Islami, Yogyakarta: Pustaka pelajar
Basyir, Ahmad Azhar, 1994, Refleksi atas Persoalan keislaman, Bandung : Mizan
Daradjad, Zakiah, 1995, Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah, Jakarta: Ruhama
________, Zakiah, 1974, Pembinaan Jiwa/Mental, Jakarta: Bulan Bintang
________, Zakiah, 1996, Islam dan Kesehatan Mental, Jakarta: PT. Toko Gunung Agung
Departemen Pendidikan Nasional, 2001, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka
Dt. R. Panjang, Hasymi, 2012, Tafsir Ayat Bimbingan Dan Konseling, Padang: Hayfa Press
F.j.Monks, Siti Rahayu Haditono. 1999, Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press
Hamka, 1986, Tafsir Al Azhar Juz XXX, Surabaya: Pustaka Islam
Jalaluddin, 2005Psikolgi Agama, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Muchtar, Heri Jauhari, 2008, Fiqih Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya
Mujib, Abdul, 2006, Kepribadian dalam Psikologi Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Mulyadi, 2015, Tugas - Tugas Perkembangan Remaja, Materi Kuliah Psikologi Perkembangan II Anak dan Remaja.
________, 2017, Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah, Jakarta: Prenada Media Grup,
Muthahhari, Murtadha, 1994, Manusia Sempurna Pandangan Islam Tentang Hakekat Manusia, terj. Jakarta: Lentera
Nasution, Harun, 1986, Akal dan Wahyu Dalam Islam, Jakarta: UI Press
Noorsyam, Muhammad , 1984, Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pancasila. Surabaya : Usaha Nasional
Prayitno dan Erman Amti, 1994, Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depar-temen Pendidikan dan Kebudayaan
Ramayulis, 2011, Psikologi Agama, Jakarta: Kalam Mulia
Shihab, M. Quraish 2002, Tafsir al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Kese-rasian al-Qur’an Jakarta : Lantera Hati,
Surya, Muhammad, 2003, Teori Konseling, Pustaka Bani Qurasy, Bandung
Tarazi, Norma, 2003, The Cild In Islam : a Moslim Parent’s Handbook, terj. Nawang Sri Wahyuningsih, Wahai Ibu Kenalilah Anakmu : Pegangan Orang Tua Muslim Untuk Mendidik Anak, Bandung : Mitra Pustaka
Yasin, Abdul Fatah, 2008, Dimensi Dimensi Pendidikan Islam, Malang: UIN Malang Press
Yusuf, Syamsul, 2011, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung : PT. Remaja Rosda Karya
Zubaedi, 2012, Filsafat Pendidikan Islam, Yogyakarta:Pustaka Pelaja
DOI: 10.15548/atj.v5i1.751
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.