Dimensi-Dimensi Kemanusiaan

Mulyadi Mulyadi

Abstract


Dimensi kemanusiaan adalah hal ikhwal yang berhubungan dengan misi kehidupan yang dilalui oleh manusia sebagai makhluk ciptaan Allah yang mesti dikembangkan secara serasi dan seimbang melalui pendidikan terutama pendidikan keluarga (rumah tangga) yang kemudian dilanjutkan melalui jenis dan jenjang pendidikan formal lainnya di samping pendidikan nonformal lainnya yang akan mewarnai perilaku kehidupan melalui pengembangan dimensi-dimensi tersebut. Di sisi lain  dimensi-dimensi kemanusiaan adalah bentuk perbedaan ukuran, postur badan termasuk sifat, sikap, bakat, dan kemampuan, yang berbeda antara individu yang satu dengan yang lainnya.

Dalam kajian Pendidikan Islam ada tujuh macam dimensi-dimensi kemanusiaan yang mesti  dikembangkan secara seimbang dan berkesinambungan di antaranya adalah sebagai berikut: 1)  dimensi fisik; 2) dimensi akal; 3) dimensi iman; 4) dimensi akhlak; 5) dimensi kejiwaan; 6) dimensi keindahan, dan 7) dimensi sosial-kemasyarakatan. Berbeda halnya dengan pandangan kajian bimbingan dan konseling yang menyatakan bahwa dimensi-dimensi kemanusiaan meliputi: 1) dimensi keindividualan; 2) dimensi sosial; 3) dimensi kesusilaan; dan 4) dimensi keberagamaan. Dengan dimikian antara kajian Pendidikan Islam dengan Ilmu Konseling memberikan semacam pemahaman berkenaan dengan pengembangan semua dimensi-dimensi tersebut melalui kegiatan pendidikan, karena sekecil apapun kegiatan pendidikan tidak terlepas dari proses latihan dan bimbingan, sehingga terwujudlah kepribadian manusia yang mulia bagi setiap individu. Kepribadian manusia yang mulia itu adalah kepribadian yang mampu menginplementasikan dimensi-dimensi kemanusiaannya.


References


Abdurrahman, Agus, 2013, Psikologi sosial, Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada

Abidin, Zainal, 2000, Memahami manusia melalui filsafat, Bandung: Rosda Karya

Ahmadi, Abu, 2005, Psikologi Perkembangan, Jakarta, PT. Rineka Cipta

al- Ahwani, Ahmad Fu’ad, 1979, Al- Tarbiyah fi al-Islam, Kairo: Dar al- Ma’arif

Ali, Muhammad Daud, 2006, Pendidikan Agama Islam Jakarta: PT.Raja Grafindo

Ali, Yunasril, 1997, Manusia Citra Ilahi Pengembangan Konsep Insan Kamil Ibn’Arabi oleh al-Jili, Jakarta: Paramadina

al-Maraghi, Ahmad Mustafa, 1971, Tafsir al- Maraghi Juz I Bairut: Libanon Dar al-Fikr

Al-Nahlawi, Abdurrahman, 1995, Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat, Jakarta: Gema Insani Press

Asmaran As, 1992, Pengantar Studi Akhlak, Jakarta: Grafindo Persada

Baharudin, 2004, Pengantar Psikologi Islami, Yogyakarta: Pustaka pelajar

Basyir, Ahmad Azhar, 1994, Refleksi atas Persoalan keislaman, Bandung : Mizan

Daradjad, Zakiah, 1995, Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah, Jakarta: Ruhama

________, Zakiah, 1974, Pembinaan Jiwa/Mental, Jakarta: Bulan Bintang

________, Zakiah, 1996, Islam dan Kesehatan Mental, Jakarta: PT. Toko Gunung Agung

Departemen Pendidikan Nasional, 2001, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka

Dt. R. Panjang, Hasymi, 2012, Tafsir Ayat Bimbingan Dan Konseling, Padang: Hayfa Press

F.j.Monks, Siti Rahayu Haditono. 1999, Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Hamka, 1986, Tafsir Al Azhar Juz XXX, Surabaya: Pustaka Islam

Jalaluddin, 2005Psikolgi Agama, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Muchtar, Heri Jauhari, 2008, Fiqih Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya

Mujib, Abdul, 2006, Kepribadian dalam Psikologi Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Mulyadi, 2015, Tugas - Tugas Perkembangan Remaja, Materi Kuliah Psikologi Perkembangan II Anak dan Remaja.

________, 2017, Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah, Jakarta: Prenada Media Grup,

Muthahhari, Murtadha, 1994, Manusia Sempurna Pandangan Islam Tentang Hakekat Manusia, terj. Jakarta: Lentera

Nasution, Harun, 1986, Akal dan Wahyu Dalam Islam, Jakarta: UI Press

Noorsyam, Muhammad , 1984, Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pancasila. Surabaya : Usaha Nasional

Prayitno dan Erman Amti, 1994, Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depar-temen Pendidikan dan Kebudayaan

Ramayulis, 2011, Psikologi Agama, Jakarta: Kalam Mulia

Shihab, M. Quraish 2002, Tafsir al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Kese-rasian al-Qur’an Jakarta : Lantera Hati,

Surya, Muhammad, 2003, Teori Konseling, Pustaka Bani Qurasy, Bandung

Tarazi, Norma, 2003, The Cild In Islam : a Moslim Parent’s Handbook, terj. Nawang Sri Wahyuningsih, Wahai Ibu Kenalilah Anakmu : Pegangan Orang Tua Muslim Untuk Mendidik Anak, Bandung : Mitra Pustaka

Yasin, Abdul Fatah, 2008, Dimensi Dimensi Pendidikan Islam, Malang: UIN Malang Press

Yusuf, Syamsul, 2011, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung : PT. Remaja Rosda Karya

Zubaedi, 2012, Filsafat Pendidikan Islam, Yogyakarta:Pustaka Pelaja


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v5i1.751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.