Teknik Relaksasi untuk Membantu Siswa Mengatasi Kecemasan Menghadapi Ujian

Ahmad Syarkawi

Abstract


Fakta di lapangan menunjukkan bahwa banyak siswa yang mengalami kecemasan menghadapi ujian atau tes. Kecemasan dapat menggangu kinerja akademis dan penampilan siswa dalam menghadapi ujian. Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan teknik relaksasi dalam membantu siswa mengatasi kecemasan menghadapi ujian atau tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik relaksasi efektif membantu siswa mengatasi kecemasan menghadapi ujian atau tes dari kategori tinggi menjadi kategori sedang bawah. Serta terbukti pula menurunkan kecemasan menghadapi ujian atau tes pada subyek secara signifikan.

References


Allen, J, & Schroude. 1988. Anxiety, cognitive development and corres-pondence attribution and behavioral prescript-tion. Personality and Social Psychology Bulletin. 14.

Barakatu. A, 2001. Penerapan Teknik REBT Mengatasi Kecemasan Meng-ikuti Tes Pada Suku Etnis Bugis Makasar. Laporan Penelitian tidak di-terbitkan. Malang: Program Pasca-sarjana . Universitas Negeri Malang.

Bankart,C., Koshikawa, F., Nedate, K., & Haruki. 1992. When West meets East: Contribution of Eastern Tradi-tion to the Future of Psychotherapy. Psycho-therapy.29.

Bernstein GA, Borchardt CM, Perwien AR. 1996. Anxiety disorders in children and adolescents: A review of the past 10 years. Journal of the American Acade-my of Child and Adolescent Psychiatry 35.

Bernstein GA, Shaw K. 1997. Practice Para-meters for the Assessment and Treatment of Children and Adoles-cents with Anxiety Disorders. Journal of the American Academy of Child and Adolescent Psychiatry 36 (10Suppl).

Bishop, D. R. 1992. Religious values as cross-cultural issues in counseling. Counseling and Values. 36. 179-193.

Butler, G., & Mathews ,A . (1983). Cognitive Processes in nxiety. Advances in Behavior Research and Therapy. 5.

Corey, G. 2003. Theory and practice of counseling and psychotherapy. Terjemahan oleh E.Koeswara. 2003. Bandung: PT. Refika Aditama.

Davis.M et.al,1995. The Relaxation & Stress Reduction Workbook (Panduan Relaksasi dan Reduksi Stress (3nd ed.). Diterjemahkan oleh Achir Yani S. Jakarta; Penerbit Buku Kedokteran EGC

Dewi.I, 2008. Anxiety Disorder: Dapat Dialami Pula oleh Anak dan Remaja.

-Jul-2008, 20:35:20 WIB. www.kabarindonesia.com

Diana, R. 2006. Penerapan Rational Emotive Therapy (RET) Pada Psikoterapi Individual untuk Anak dan Remaja. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA. Vol 8.

Elliot, S. N., Kratochwill, T.R, Cook, J. L., & Travel, J. R. 2000. Educational Psy-chology: Effective Teaching, Effective Learning (3 rd ed). Boston : The McGraw – Hill Book Company.

Ellis, A. 1990. Rational-Emotive Therapy. Dalam J.K. Zeig & W.M. Munion (Ed), What is psychotherapy: Contemporary perspective (hh. 75-78). San Francisco: Jossey-Bass Publishers.

Ellis, A. 1992. Comment First and Second Order Change in RET : A Reply to Lyddon. Journal of Coun-seling & Development. 70.

Ellis, A., & Grieger , R. (Ed). (1986). RET Handbook of Rational-Emotive therapy. Vol. 2. New York : Springer Publishing Company.

George, R. L., & Cristiani, T. S. (1990). Counseling : Theory and Practice (3rd ed.). Boston: Allyn and Bacon.

Johnson, W. B., & Ridley, C.R. (1992). Brief Christian and Non–Christian Rational–Emotive Therapy with De-pressed Christian Clients: An Explo-ratory Study. Counseling and Values,36.

Kiselica, M.S., Baker, S.B., Thomas, R. N. ,& Reedy, S. (1994) . Effects of Stress Inoculation Training on Anxiety, stress, and Academic Perfor-mance among Adolescents, Journal of Counseling Psychology. 3.

Laksmiwati.H,2003. Pengembangan Pro-sedur Implementasi Strategi Cognitive Restructuring dan Systematic Desensi-tization Untuk Mengatasi Kecemasan Berbicara di Muka Umum. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA. Vol 5.

Laurent, J., & Stark, K. D. (1993). Testing the Cognitive Content–Specificity Hypo-thesis with Anxious and De-pressed Youngsters. Journal of Abnormal Psychology . 102.

Lazarus, R.S. (1969). Patterns of Adjustment and Human Effectiveness. New York: McGRAW–Hill Book Company .

Leonard. 2008. Pengaruh Konsep Diri, Sikap Siswa pada Matematika dan Kecemasan Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika(Survei pada SMP di Wilayah DKI Jakarta). Laporan Penelitian tidak diterbitkan. Uni-versitas Indraprasta PGRI.

Nursalim. M,dkk. 2005, Strategi Konseling. Surabaya; Unesa University Pres Nelson, R & Jones. 1995. Counseling and Personality: Theory and Practice.

Sidney : Allen & Unwin. Peck, D.,& Shapiro, C. (1990). Measuring Human Problem: A practical guide. Chichester–New York : John Wiley and Sons.

Prawitasari, J.E.(1998). Pengaruh Relaksasi Terhadap Keluhan Fisik: Kumpulan Makalah Suatu studi eksperimental. Yogyakarta: Dep-dikbud, Fakultas Psikologi UGM.

Roush,D. 1984. Rational –Emotive Therapy and Youth : Some New Techniques for Counselor. The Personnel and Guidance Journal . 3.

Smith, R. J., Arnkoff, D.B.,& Wright, T. L. 1990. Test Anxiety and Academic Competence: A Comparison of Alternative Models. Journal of coun-seling Psychology. 3.

Turmudhi,A.M. 2004. Kecemasan Menghadapi ujian Sekolah Dimuat di koran “Kedaulatan Rakyat”, 26 Maret 2004

Wolpe. 1990. The Practice of Behavior Therapy (4th ed). New York : Pergamon Press.

Yusuf, S.L dan Juntika N, 2006. Landasan Bimbingan dan Konseling. (2th ed) Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dengan PT Remaja Rosdakarya


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v5i1.756

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.