Model Pengembangan Karakter-Cerdas Mahasiswa Melalui Infusi dalam Pembelajaran Psikologi Belajar Di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN IB Padang

Jum Anidar

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah  banyak sekali mahasiswa yang belum menunjukkan karakter  sesuai dengan yang diharapkan, masih banyak ditemui mahasiswa yang pintar tapi sombong, dan sebaliknya. Banyak mahasiswa yang tidak menghargai dosen bahkan ada mahasiswa yang justru menjelek-jelekkan dosen. Sering juga ditemui mahasiswa yang coumloude tapi susah mencari pekerjaan, itu karena hanya mementingkan kognitif saja tanpa memikirkan karakter yang lainnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, sampel penelitian adalah mahasiswa jurusan MPI semester III. Instrumen penelitiannya angket, sedangkan pengumpulan data dilakukan melalui pre test dan pos test. Pengolahan dan analisis data ini dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 20.00.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan perhitungan dengan menggunakan Uji t. Diperoleh t hitung = 2.584  dan t table  =  2,16  pada taraf Alpha =  0,05 Oleh karna, t hitung lebih besar dari  t table ,maka disimpulkan bahwa karakter cerdas kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan pengembangan karakter cerdas melalui infusi dalam pembelajaran Psikologi belajar lebih tinggi dari pada karakter cerdas mahasiswa  yang tidak diberikan perlakuan. Dilihat dari hasil rata-rata pos test kelas eksperimen 201,76 dan post test kelas kontrol 193.00. maka terjadi peningkatan karakter cerdas mahasiswa kelompok eksperimen sebanyak sebanyak 8,76 %.


References


Adisusilo, Sutarjo, J.R. 2012. Pembelajaran Nilai – Karakter, konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif . Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Alizamar, 2012, Model Pendekatan Kelompok dalam Pengembangan Kegiatan Belajar Mahasiswa (Program Doktor), Universitas Negeri Padang.

Anidar, Jum, 2013, Implementasi Pendidikan Karakter pada Mahasiswa Jurusan MPI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Imam Bonjol Padang, Laporan Penelitian, tidak diterbitkan. Padang

Arjanggi, R. 2012, Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Psikologi Islami

Arikunto, Suharsimi, 2010, Prosedur Penelitian Suatau Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Aqib, Zainal, dan Sujak , 2011, Panduan dan aplikasi Pendidikan Karakter, Yrama

Batubara, Juliana, 2013, Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Karakter Mahasiswa Dalam Proses Perkuliahan (Studi Eksperimen pada Mahasiswa Jurusan MPI IAIN IB Padang), Laporan Penelitian, tidak diterbitkan. Padang

Dorland’s Pocket Medical Dictionary, 1998, Philadelphia: W.B Saunder Company

Kesuma, Dharma dkk, 2011. Pendidikan Karakter, Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung : PT Remaja Rosda Karya

Muclish, Masnur , 2011, Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, PT : Bumi Aksara, Jakarta

Mulyasa, 2011, Manajemen Pendidikan karakter, Bumi aksara, Jakarta

Prayitno, & khaidir, A, 2011, Model Pendidikan Karakter-Cerdas, Padang: UNP Press,

Prayitno, dkk, 2011, Panduan Umum Pengembangan Penghayatan dan Pengmalan Nilai-Nilai Karakter-Cerdas (P3N-KC), Universitas Negeri Padang

Prayitno, dkk, 2011, Pengembangan Karakter-Cerdas Format Klasikal (PKC-KA), Universitas Negeri Padang

Prayitno, 2008, Dasar Teori dan Praksis Pendidikan, UNP

Santrock, John W, 2007, Psikologi Pendidikan, Jakarta : Kencana Prenada Group

Siregar, Syofian, 2013, Motode Penelitian Kuantitatif, dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual dan SPSS, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Sudjana, 2002, Metode Statistik. Bandung: Transito

Suryabrata, Sumadi, 2006, Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sugiyono, 2012, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta

Thalib, Syamsul Bachri, 2010, Psikologi Pendidikan berbasis Analisis Empiris Aplikatif, Jakarta : Kencana Prenada Group

Undang-Undang R I Nomor 12 tahun 2012, tentang Pendidikan Tinggi

Winkel, WS, 1997, Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta : Gramedia.

Yusuf, A.Muri, 2013, Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif dan penelitian gabungan, Padang: UNP Press

Yakub, Elni MS, 2011, Pelaksanaan pembentukan nilai-nilai karakter cerdas secara kolaboratif antara guru BK melalui layanan bimbingan kelompok dengan guru kewarganegaraan di SMAN I Siak Hulu Kabupaten Kampar, Laporan Penelitian, tidak diterbitkan.

Zuhdi, Darmiyati. 2008, Humanisasi pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara

Adisusilo, Sutarjo, J.R. 2012. Pembelajaran Nilai – Karakter, konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif . Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v2i1.936

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.