Layanan Pendidikan bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Jum Anidar

Abstract


Istilah anak berkebutuhan khusus bukan merupakan terjemahan atau kata lain dari anak penyandang cacat, tetapi anak berkebutuhan khusus mencakup spektrum yang luas yaitu meliputi anak berkebutuhan khusus temporer dan anak berkebutuhan khusus permanent (penyandang cacat). Jadi anak penyandang cacat merupakan bagian atau anggota dari anak berkebutuhan khusus. Dalam paradigma pendidikan kebutuhan khusus (special needs education), anak yang mempunyai kebutuhan khusus baik yang bersifat temporer maupun yang bersifat permanen akan berdampak langsung kepada proses belajar, dalam bentuk hambatan untuk melakukan kegiatan belajar (barrier to learning and development).


References


Direktorat Pendidikan Luar Biasa, 2004, Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Terpadu/Inklusi. Jakarta: Depdiknas

Delphie, Bandi, 2006, Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi, Bandung : Refika Aditama

Foreman, Phil (2002), Integration and Inclusion In Action. Mc Person Printing Group Australia.

Kauffman,J.M &Hallahan,D.P. (2005) Special Education: What It Is and Why We Need It. Boston: Pearson Education. Inc.

Khodijah, Nyayu, 2014, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Mulyadi, Seto, dkk, 2016. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Teori-teori baru dalam Psikologi, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Ormrod, Jeanne Ellis, 2011, Psikologi Pendidikan, edisi 7 (alih bahasa Wahyu Indiati, dkk), Jakarta : Erlangga

Santrock, John W, 2008, Psikologi Pendidikan, edisi kedua, Jakarta: Kencana

Semiawan, Conny, 2008, Perspektif Pendidikan Anak Berbakat, Jakarta : Gramedia

Suarna, I Nyoman, & Pandeirot, D Olga, 2014, Psikologi Pendidikan I, Jakarta : Erlangga

Undang-undang RI No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Citra Umbara.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v2i2.944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.