Layanan Pendidikan bagi Anak Berkebutuhan Khusus
Abstract
Istilah anak berkebutuhan khusus bukan merupakan terjemahan atau kata lain dari anak penyandang cacat, tetapi anak berkebutuhan khusus mencakup spektrum yang luas yaitu meliputi anak berkebutuhan khusus temporer dan anak berkebutuhan khusus permanent (penyandang cacat). Jadi anak penyandang cacat merupakan bagian atau anggota dari anak berkebutuhan khusus. Dalam paradigma pendidikan kebutuhan khusus (special needs education), anak yang mempunyai kebutuhan khusus baik yang bersifat temporer maupun yang bersifat permanen akan berdampak langsung kepada proses belajar, dalam bentuk hambatan untuk melakukan kegiatan belajar (barrier to learning and development).
References
Direktorat Pendidikan Luar Biasa, 2004, Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Terpadu/Inklusi. Jakarta: Depdiknas
Delphie, Bandi, 2006, Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi, Bandung : Refika Aditama
Foreman, Phil (2002), Integration and Inclusion In Action. Mc Person Printing Group Australia.
Kauffman,J.M &Hallahan,D.P. (2005) Special Education: What It Is and Why We Need It. Boston: Pearson Education. Inc.
Khodijah, Nyayu, 2014, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Mulyadi, Seto, dkk, 2016. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Teori-teori baru dalam Psikologi, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Ormrod, Jeanne Ellis, 2011, Psikologi Pendidikan, edisi 7 (alih bahasa Wahyu Indiati, dkk), Jakarta : Erlangga
Santrock, John W, 2008, Psikologi Pendidikan, edisi kedua, Jakarta: Kencana
Semiawan, Conny, 2008, Perspektif Pendidikan Anak Berbakat, Jakarta : Gramedia
Suarna, I Nyoman, & Pandeirot, D Olga, 2014, Psikologi Pendidikan I, Jakarta : Erlangga
Undang-undang RI No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Citra Umbara.
DOI: 10.15548/atj.v2i2.944
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.