PENGARUH MODEL CHILDREN LEARNING IN SCIENCE(CLIS) TERHADAP KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 35 PADANG
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan belajar peserta didik, saat kegiatan diskusi peserta didik tidak berani menjawab pertanyaan pendidik dalam proses pembelajaran, kurang kreativitas pendidik dalam menggunakan model pembelajaran dalam proses pembelajaran tertentu yang dapat digunakan selama proses pembelajaran yang menyebabkan peserta didik kurang pandai dalam mengemukakan ide-ide dan gagasan yang dimiliki selama proses pembelajaran. Salah satu yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS)
Penelitian ini bertujuan 1). Untuk mengetahui gambaran hasil Pre-test dengan penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) pada pembelajaran IPS di SMP N 35 Padang, 2). Untuk mengetahui gambaran hasil Post-test dengan penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) pada pembelajaran IPS di SMP N 35 Padang, 3). Untuk mengetahui Perbedaan Model Pembelajaran Children Learning In Science(CLIS) Terhadap Keaktifan Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 35 Padang. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan yang digunakan adalah Pre-test Post-test with Non-Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh Peserta Didik kelas VIII SMP N 35 Padang tahun ajaran 2024/2025. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling, dengan sampel yaitu kelas VIII.5 dan kelas VIII.6
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pre-test hasil belajar IPS kelas eksperimen adalah 43 dan rata-rata nilai post-test hasil belajar IPS kelas eksperimen adalah 54, sedangkan rata-rata nilai pre-test hasil belajar IPS kelas eksperimen adalah 50 dan rata-rata nilai post-test hasil belajar IPS kelas eksperimen adalah 63. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS versi 20 atau hasil analisis dipeoleh α sig dalam dua sisi atau sig (2-tailed) sebesar 0,000, maka diambil kesimpulan bahwa (0,000 < 0,05). Oleh karena itu dapat dikatakan Ha diterima, artinya terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Terhadap Keaktifan Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 35 Padang
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Herliana, T., Supriadi, N., & Widyastuti, R. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Komunikasi Matematis: Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science (Clis) Berbantuan Alat Peraga Edukatif. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), Article 3. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V5i3.950
Ismail, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (Clis) Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Siswa Sma. Jurnal Petik, 1(1), 19. Https://Doi.Org/10.31980/Jpetik.V1i1.55
Mirdad, J. (2020). Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran): Jurnal Sakinah, 2(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.2564/Js.V2i1.17
Nurya, S., Arif, S., Sayekti, T., & Ekapti, R. F. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Children Learning In Science (Clis) Berbasis Stem Education Terhadap Kemampuan Berpikir Ilmiah Siswa. Jurnal Tadris Ipa Indonesia, 1(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.21154/Jtii.V1i2.192
Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 Sd. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13. Https://Doi.Org/10.30997/Dt.V7i1.2645
Rahayu, A., Nuryani, P., & Riyadi, A. R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Savi Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), Article 2.
Ridha, R. (2022). Meningkatkan Aktivitas Belajar Pendidikan Kewaganegaraan Melalui Model Pembelajaran Children Learning In Science (Clis). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.58258/Jime.V8i1.2883
Riyadi, I. (2023). Pengembangan Konsep Ilmu Sosial Dalam Pembelajaran IPS. Selat Media.
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Deepublish.
Sugianto, H. (2020). Pai Learning Innovation On Mapel Fiqih (From Theory To Practice). 07(02).
Sukma, K. I., & Handayani, T. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Wordwall Quiz Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), Article 4. Https://Doi.Org/10.31949/Jcp.V8i4.2767
Suryadi, A. (2022). Teknologi Dan Media Pembelajaran Jilid Ii.
Syahputri, A. Z., Fallenia, F. D., & Syafitri, R. (2023). Kerangka Berfikir Penelitian Kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), Article 1.
Warsita, B. (2008). Teori Belajar Robert M. Gagne Dan Implikasinya Pada Pentingnya Pusat Sumber Belajar. Jurnal Teknodik, 064–078. Https://Doi.org/10.32550/teknodik.v12i1.421
Wibowo, A. E. (2021). Metodologi Penelitian Pegangan Untuk Menulis Karya Ilmiah. Penerbit Insania.
Widodo, M. B. P., Aula, A. F. Y., Riswanti, M. L., & Rozi, A. F. (2023). Society 5.0 Pembelajaran IPS. Cahya Ghani Recovery.
DOI: https://doi.org/10.15548/jcm.v6i2.10973
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Aulia Rahmi Putri, Syahril Syahril, Suryadi Fajri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.