PENERAPAN METODE OK5R (OVERVIEW, KEY IDEAS, READ, RECORD, RECITE, REVIEW, REFELECT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MADRASAH IBTIDAIYAH

Nyangfah Nisa Septiana, Rendy Nugraha Frasandy

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan kemampuan membaca pemhaman yang dimiliki peserta didik belum sepenuhnya bisa memahami isi bacaan dengan benar. Hal ini dipengaruhi oleh penggunaan metode pembelajaran yang masih berfokus pada guru berdampak pada cara membaca peserta didik yang belum tepat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan ialah melalui penggunaan metode OK5R dalam proses pembelajaran membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana peningkatan dan perbedaan kemampuan membaca pemahaman peserta didik antara menggunakan metode OK5R dengan metode ceramah . Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen jenis quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini menggunakan keseluruhan populasi berjumlah 34 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan membaca pemahaman pada kelas yang menerapkan metode OK5R yang dilihat dari rata-rata nilai pre test 56,60 menjadi 82,80. Kemudian juga terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan membaca pemahaman kelas eksperimen dengan kelas kontrol melalui hasil analisis uji SPSS nilai  sig α (0,00) < 0,05 hal ini berarti terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara yang menggunakan metode OK5R dengan menggunakan metode ceramah.


Keywords


Metode OK5R; Membaca Pemahaman

Full Text:

PDF

References


Aprinawati, I. (2018). Penggunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1), 140–147. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.35

Frans, S. A., Wijaya, Y. A., & Ani, Y. (2023). Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 5(1), 54. https://doi.org/10.19166/dil.v5i1.6567

Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Didaktika, 9(1), 1–8. https://jurnaldidaktika.org/

Hasnunidah, N. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Media Akademi.

Istarani, I. (2012). Kumpulan 40 Metode Pembelajaran. Media Persada.

Magdalena, I., Cempaka, B., & Azhar, C. R. (2020). Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Strategi Pembelajaran Know Want Learned (Kwl) Siswa Di Kelas Iv Sdn Pinang 1. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(3), 387–400. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Mardhiyah, A., Hartati, T., & Rengganis, I. (2019). Penerapan Strategi OK5R (Overview, Key Ideas, Read, Record, Recite, Reflect dan Review) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(III), 35–44.

Maynur, J., Ta’ris, L., Nasuha, C., & Juprianto, J. (2020). Strategi Mengajarkan Membaca Pemahaman dan Menulis. 3, i–211. https://cendikia.kemenag.go.id/storage/uploads/file_path/file_03-12-2022_638aca6013a7f.pdf

Nasrul, S., Suryani, A. I., & Apfani, S. (2020). Analisis Validitas Pengembangan Bahan Ajar Membaca Dalam Hati Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Strategi Ok5R Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 227–236. https://doi.org/10.29408/didika.v6i2.2665

Rahmadhani, S. L., & Sholehuddin, S. (2024). Analisis Faktor Kemampuan Pemahaman Membaca pada Kelas V Sekolah Dasar. Seminar Nasional Dan Publikasi Ilmiah 2024 FIP UMJ, 793–799. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/index

Saragih, J. Y., Nainggolan, M. F., & Dabukke, B. E. (2020). PENERAPAN METODE (OK5R) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI SD NEGERI 060833 KECAMATAN MEDAN PETISAH. Jurnal Abdimas Mutiara, 1(2), 520–524. https://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JAM/article/view/4898/3301

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Yati, I., Herlina, H., & Syarifuddin, S. (2021). Penerapan Metode Overview, Key Ideas, Read, Record, Recite, Review dan Reflect untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. El-Ibtidaiy:Journal of Primary Education, 4(2), 127–143. https://doi.org/10.24014/ejpe.v4i2.14439




DOI: https://doi.org/10.15548/jcm.v6i2.10974

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Nyangfah Nisa Septiana, Rendy Nugraha Frasandy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.