KOMPARASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 1 2x11 ENAM LINGKUNG YANG BELAJAR DENGAN MODEL RECIPROCAL TEACHING DAN MODEL EKSPOSITORI

Muhammad Fakhril Amin, Andi Susanto, Fitria Mardika

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMPN 1 2×11 Enam Lingkung. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas model pembelajaran Reciprocal Teaching dengan model Ekspositori dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain randomized control group only design. Sampel penelitian terdiri dari 57 siswa yang terbagi menjadi kelas eksperimen (Reciprocal Teaching) dan kelas kontrol (Ekspositori). Data dikumpulkan melalui tes pemahaman konsep matematis yang dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa kelas eksperimen (78,28) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (67,68), dengan hasil uji-t menunjukkan nilai thitung=  (2,97) > ttabel=  (2,37). Kesimpulannya, model Reciprocal Teaching lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa dibandingkan model Ekspositori. Hasil ini memberikan implikasi bahwa model Reciprocal Teaching dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran matematika yang lebih aktif dan berorientasi pada siswa.


Keywords


Model Reciprocal Teaching; Ekspositori; Kemampuan Pemahaman Konsep; Matematika SMP

Full Text:

PDF

References


Argikas, T. B., & Khuzaini, N. (2016). Penerapan Model Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Depok. Jurnal Mercumatika, 1.

Budiyono. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. UNS Press.

Depdiknas. (2006). Permendiknas. Depdiknas.

Gita, I. G. N. A. P., & Dantes, N. (2014). Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap Pemahamn Konsep Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar, 4.

Handayani, R. (2020). Metodologi Penelitian Sosial. Trussmedia.

Hariyati, H., & R, N. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mathematics Education And Application Journal (META), 2(2), 25–34. https://doi.org/10.35334/meta.v1i2.1238

Sari, U. A. (2020). Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Geografi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 5(1), 60. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v5i1.6597

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013 (1st ed.). Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2011). Statistika untuk penelitian. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suryabrata, S. (2003). Metode Penelitian. Rajawal.

Susanto, A. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Model Reciprocal Teaching (Rt) Dan Model Air Auditory Intellectualy Repetition (Air). Math Educa Journal, 3(2), 219–230. https://doi.org/10.15548/mej.v3i2.677

Susanto, A., & Mardika, F. (2023). Model pembelajaran guided discovery learning dengan video pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis. 11(2), 188.




DOI: https://doi.org/10.15548/jcm.v6i2.10976

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Muhammad Fakhril Amin, Andi Susanto, Fitria Mardika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.