ANALISIS PROBLEMATIKA GURU DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI 31 KOTA PAYAKUMBUH

Cut Cantika Aprilia, Hidayati Hidayati, Dorisno Dorisno

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi  permasalahan penerapan Kurikulum Merdeka dilihat dari pola yang muncul di lapangan, belum sepenuhnya terwujud karena berbagai persoalan yang dihadapi guru. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui problematika guru tentang perencanaan, pelaksanaan, dan asesmen pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka di SD Negeri 31 Kota Payakumbuh. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian analisis data dilakukan menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian problematika guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka meliputi 3 hal. Pertama, pada perencanaan pembelajaran yaitu (1) Kesulitan guru dalam menganalisis Capaian Pembelajaran, (2) Guru kesulitan dalam mengembangkan langkah-langkah pembelajaran yang berdiferensiasi. Kedua, dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu (1) Guru kesulitan dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi terutama dalam menerapkan metode pembelajaran yang interaktif, (2) Kesulitan dalam penerapan proyek penguatan profil pelajar pancasila, (3) Guru belum mampu membimbing dan memotivasi peserta didik berpartisipasi aktif  dalam menerapkan pembelajaran mandiri, (4) dan Keterbatasan referensi buku ajar. Ketiga, pada asesmen pembelajaran yaitu (1) Guru dalam menyusun instrument penilaian tidak bervariasi, (2) Kesulitan melakukan tindak lanjut langsung. Diharapkan hasil penelitian ini memberikan kontribusi dalam mengatasi dan meminimalisir permasalahan yang terjadi.


Keywords


Analisis; Problematika; Guru; Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

References


Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan T. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah.

Baharuddin, M. S., & Mawnah, B. (2022). Probelamtika Guru di Sekolah. Nusantara Global, 3(1), 48–55.

Cahyono, N. A., & Putra, J. D. (2022). Hambatan Guru Matematika dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(3), 1–8.

Ekawati, R., & Susanti, D. (2022). Analisis Persiapan Guru dalam Melaksanakan Sistem Pembelajaran Kurikulum Merdeka di SD IV Muhammadiyah Kota Padang. Jurnal Media Ilmu, 1(1), 2.

Endraswara, S. 2009, Metodologi Penelitian Folklor. Jakarta: PT. Buku Kita.

Farhana, I. 2022, Merdeka Pikiran dengan Kurikulum Merdeka. Lindan Bestari.

Heryahya, A., Herawati, E. S. B., Susandi, A. D., & Zulaiha, F. (2022). Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal Of Education And Instruction, 5(2), 2–3.

Hikmah, N. 2022, Kurikulum Merdeka Islam Anak Usia Dini. Tangerang Selatan: Bait Qur’any Multmedia.

Irfan, M., Islmiati, N., & Ratnah. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di MIS At-Taqwa Wawonduru. Jurnal Of Education, 06(01), 3.

Jaya, I. M. L. M. 2020, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Makrufi, A. D., Gandi, S., Muin, A., Tajeri, Fakhrudin, A., Hamdani, & Suprapno. 2022, Pengembangan Kurikulum Merdeka. Malang: Literasi Nusantara Abadi.

Nuruleni, F., & Rahma, A. (2022). Analisis Problematika Pelaksanaan Merdeka Belajar Matematika. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar, 2(1), 6–7.

Purani, N. K. C., & Putra, I. K. D. A. S. (2022). Analisis Kesiapan Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SDN 2 Campaga. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 4(2), 1–2.

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe Di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625.

Rosmana, P. S., Iskandar, S., Ayuni, F., Hafizha, F. Z., Firelli, P., & Devi, R. (2023). Kesiapan Sekolah dalam Proses Pembelajaran Kurikulum Merdeka di SD. Journal Of Sosial Science Research, 3(2), 2–4.

Sugiyono. 2015, Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(4), 529–535.

Wuwur, E. S. P. O. (2023). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Soko Guru, 3(1), 3.

Yamid, M., & Syahrir. (2020). Pembangun Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 1–2.




DOI: https://doi.org/10.15548/jcm.v6i2.10977

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Cut Cantika Aprilia, Hidayati Hidayati, Dorisno Dorisno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.