PENERAPAN E-MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN PhET SIMULATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK FISIKA KELAS X SMA KARTIKA 1-5 PADANG

Geby Friska Nanda, Media Roza, Muharmen Suari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik yang belajar dengan E-Modul berbasis Discovery learning berbantuan PhET simulation  kelas X Fase E SMA Kartika 1-5 Padang. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy exsperimental) dengan randomized posttest only group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Kartika 1-5 Padang tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah yaitu 349 peserta didik terdiri dari 10 kelas. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Sampel yang terpilih sebagai kelas ekperimen adalah kelas X E1 dan X E3. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes dengan analisis data yang digunakan yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik menjadi lebih tinggi menggunakan E-Modul berbasis Discovery Learning Berbantuan PhET Simulation. Berdasarkan hasil uji t: Two Sample Assuming Equal Variance didapatkan nilai thitung kedua kelas 2,89 lebih tinggi dari ttabel (1,99) dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil ini menunjukkan bahwa, penggunaan E-Modul pada pembelajaran berbasis Discovery Learning Berbantuan PhET Simulation memberikan capaian kemampuan berpikir kritis peserta didik yang lebih tinggi pada pembelajaran fisika terutama pada materi energi terbarukan.


Keywords


E-Modul; Model Discovery Learning; kemampuan berpikir kritis

Full Text:

PDF

References


Fadillah, E., Roza, M., & Deswita, P. (2023). Development Of E-Modules Based On Discovery Learning On Critical Thinking Skills Physics Students In Class X SMA/MA. In Proceedings of Imam Bonjol International Conference on Islamic Education , (pp. 117-131).

Idris, N. W. (2020). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 16(1), 39-50.

Indriani, S., Hutasoit, E. S., Siringoringo, K. B., Delima, P. N., Syahputri, T., Sianturi, S., Medan, U. N., Tuan, P. S., Serdang, K. D., Learning, D., & Simulation, P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dna Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Phet Simulation. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 4(1), 115–122.

M. Ariyanto, F. Kristin, I. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Pendidik Kita, 2(3), 106–115. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jgkp/article/view/10392/9331

Nurlaili, R., Zubaidah, S., & Kuswantoro, H. (2021). Pengembangan E-module Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Kelas XII Berdasarkan Penelitian Analisis Korelasi Kanonik dari Persilangan Tanaman Kedelai, 10(3), 213–219.

Paul, Richard, & Linda, E. (2020). Critical thinking: The nature of critical and creative thought. Journal of Developmental Education, 44(1), 6-7.

Priadi, M. A., Riyanda, A. R., & Purwanti, D. (2021). Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbasis E-Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. IKRA-ITH HUMANIORA : Jurnal Sosial Dan Humaniora, 5(2), 1–13. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/959

Purwana, I. G., & Saputra, E. (2019). Penerapan Creative Problem Solving dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas XI-IPA3 SMAN 1 Watubangga. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT), 7 (3), 16–21.

Rahayu, N., & Alyani, F. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Adversity Quotient. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 121-136. https://doi.org/10.31000/prima.v4i2.2668

Refelita, F., Haliza, N., Bunda, S. P., & Utami, L. (2023). Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Dalam Pembelajaran Kimia:Literatur Review. In Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik dan Peneliti Sains Indonesia (Vol. 2, pp. 158-172).

Roza, M., Azhar, M., Festiyed, Aswirna, P., & Sari, R. P. (2023). The Effect of STEM Approach on Students’ Critical Thinking Skills. International Conference on Biology Education,, Vol. 1, pp. 42-51, 42-51).

Wahyuningsih, D., Kurniawan, D. A., Maison, M., & Aziz, A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Fluida Statis. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Sains (pp. 400-406).

Yuliawati, D. D., Bintang, K. A., Fath A., M. S., Fitrotul, R., Gheafitri, Z., & Hanatan, A. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Dengan Penilaian Tes Dan Non Tes. Jurnal Pembelajaran Fisika, 11(2), 65-68. https://doi.org/10.19184/jpf.v11i2.310




DOI: https://doi.org/10.15548/jcm.v6i2.10978

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Geby Friska Nanda, Media Roza, Muharmen Suari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.