Paradigma Cinta dan Materialistik Menuntut Ilmu dalam Islam: Sebuah Solusi Bagi Kepala Madrasah Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar

Yuriyan Dinata, Rini Setyaningsih

Abstract


Permasalahan pendidikan di Indonesia salah satunya adalah pelajar umumnya malas dalam belajar menyebabkan tingkat IQ negara ini rendah, dan kemungkinan buruknya generasi bangsa akan mengalami penurunan drastis dalam kecerdasan literasi. Meskipun kajian tentang menumbuhkan motivasi belajar dan kewajiban menuntut ilmu dalam Islam telah banyak diteliti, kajian hal yang mendasar dan esensial secara mendalam, yaitu paradigma belajar dalam Islam jarang dipertimbangkan. Penelitian ini mengatasi kesenjangan tersebut dengan mengubah paradigma pelajar Muslim di Indonesia yang mulanya materialistik menjadi paradigma cinta dalam menuntut ilmu pada Islam. Adapun metode yang digunakan adalah literature riview yang secara mendalam dan holistik. Temuan penelitian terlihat bahwa paradigma materialistik dalam belajar tidak memberikan motivasi yang kokoh dan konsisten untuk pelajar Muslim di Indonesia. Sedangkan, paradigma cinta dalam belajar dengan pemaknaan implisit terhadap hadist riwayat Ibnu Majah nomor 224 tentang kewajiban menuntut ilmu bagi seorang Muslim menjadikan qalbu (hati) terbuka dan rileks untuk menuntut ilmu. Temuan ini menunjukkan bahwa sebagai seorang Muslim untuk tetap terdikte kepada Allah Swt, Rasulullah Saw, dan ilmu dalam hal belajar. Untuk itu, paradigma cinta ini sangat direkomendasikan bagi kepala madrasah sebagai langkah awal dalam perbaikan motivasi pelajar Muslim.


Keywords


Paradigma Cinta; Paradigma Materialistik; Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Afan Faizin. (2020). Narrative Research; a Research Design. Jurnal Disastri (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(3), 142–148. https://doi.org/10.33752/disastri.v2i3.1139

Agustina, M. T., & Kurniawan, D. A. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi Perseptual, 5(2), 120. https://doi.org/10.24176/perseptual.v5i2.5168

Ahsan, A. A. (2020). Pendidikan Anak Dalam Surah Luqman Ayat 13-17. Jurnal Al-Asas, Vol. 4(01), 54–68.

Al-Ghazali. (1990). Ihya’ Ulumiddin (M. Zuhri, Ed.; 1st ed.). Asy Syifa’.

Ardiansyah, D., Taufik, A., & Basuki, B. (2023). Konsep al-Tilmidz dalam Menuntut Ilmu: Perspektif Ahmad Tsalby dalam Kitab At-Tarbiyah Islamiyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8(1), 150–161. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).11988

Ardy, U. (2023). Jangan Jatuh Cinta dengan Kenyamanan Dunia. Youtube. https://youtu.be/VfFD6unNcxc?si=RVn3AlqPkuAqeDuN

Asfar, A. M. I. T. (2019). ANALISIS NARATIF, ANALISIS KONTEN, DAN ANALISIS SEMIOTIK (Penelitian Kualitatif). Jurnal Penelitian Kualitatif, 1(1). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.21963.41767

Asid Maududin, I., Mansur Tamam, A., & Supraha, W. (2021). Konsep Pendidikan Tazkiyatun Nafs Ibnul Qayyim Dalam Menangani Kenakalan Peserta Didik. Jurnal Rayah Al-Islam, 5(01), 140–156. https://doi.org/10.37274/rais.v5i1.393

Assjari, & Permanarian. (2010). Desain Penelitian Naratif. Jurnal JAffl_Anakku, 9(2).

Average IQ by country (2024 update) - International IQ test. (2024). Registri IQ Internasional. https://international-iq-test.com/en/test/IQ_by_country

Ayob, M. A. S., Soh, N. S. M., & Zaini, M. N. M. (2021). Perspektif Ibn Miskawayh dan al-Ghazali Mengenai Kebahagiaan Perspective of Ibn Miskawayh and al-Ghazali on Happiness. International Journal of Islamic and Civilizational Studies, 8(1), 39–53. https://doi.org/10.11113/umran2021.8n1.460

Azhari, D. S., & Mustapa, M. (2021). Konsep Pendidikan Islam Menurut Imam Al-Ghazali. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(2), 271–278. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.2865

Bado, B. (2022). MODEL PENDEKATAN KUALITATIF: TELAAH DALAM METODE PENELITIAN ILMIAH. Tahta Media Group. http://eprints.unm.ac.id/32293/1/EBOOK BUKU METODE PENELITIAN.pdf

Bakri, M., & Hosna, R. (2020). Kompetensi Kepala Sekolah Sebagai Leader Dalam Meningkatkan Pendidikan Mutu Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Al-Ma’arif 02 Singosari Malang. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 31(2), 324–339. https://doi.org/10.33367/TRIBAKTI.V31I2.1257

Darani, N. P. (2021). Kewajiban Menuntut Ilmu dalam Perspektif Hadis. Jurnal Riset Agama, 1(1), 133–144. https://doi.org/10.15575/jra.v1i1.14345

Darmanita, ST. Z., & Yusri, M. (2020). Pengoperasian Penelitian Naratif dan Etnografi; Pengertian, Prinsip-Prinsip, Prosedur, Analisis, Interpretasi, dan Pelaporan Temuan. As-Shaff: Jurnal Manajemen Dan Dakwah, 1(1), 24–34. https://jurnal.staiddimakassar.ac.id/index.php/asjmd/article/view/75

Dinata, Y., & Setyaningsih, R. (2023). Manajemen Komunikasi dan Kinerja Pustakawan. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi), 8(1), 112. https://doi.org/10.30829/jipi.v8i1.14186

Erina, M. D. (2023). Menapaki Jalan Cinta Rabiah Al-Adawiyah dan Erich Fromm (Suatu Studi Komparasi). Gunung Djati Conference Series, 23, 934–954.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Jurnal Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fahmi, R. M. (2021). Menuju Ma’rifat dan Hakikat melalui Jihad dalam Menuntut Ilmu: Studi Syarah Hadis. Jurnal Riset Agama, 1(2), 259–271. https://doi.org/10.15575/jra.v1i2.14565

Faiz, F. (2022). Akal Adalah Budaknya Perasaan. Youtube. https://youtu.be/fLMhM2mZwmY?si=u_RSzwy9DCpHBoFY

Faiz, F. (2023a). Memperbaiki Niat dalam Mencari Ilmu. Youtube. https://youtu.be/s8whdWcmaeU?si=aLhyw5M9uWgcaZrq

Faiz, F. (2023b). Teori Deterministik Sigmund Freud. Youtube. https://youtube.com/short/2RNhyNnC2Tc?si=o_1qh8AfbcCQRN5i

Faiz, F. (2024). Antara Akal dan Hati, Mana Yang Paling Utama? Youtube. https://youtu.be/deWKD4f_zaQ?si=_hjpV7vDPgOzBGex

Fatoni, I., Nurdin, Gani, R. H. A., Supratmi, N., & Wijaya, H. (2022). RELIGIUSITAS DALAM WASIAT RENUNGAN MASSA KARYA HAMZANWADI(PENDEKATAN PRAGMATIK). ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 02(02), 169–183.

Fauzi, M., Firdaus, M. Y., Fikra, H., & Vera, S. (2021). Akhlak Menuntut Ilmu Menurut Hadis serta Pengaruh Zaman terhadap Akhlak Para Peserta Didik. Jurnal Riset Agama, 1(3), 251–263. https://doi.org/10.15575/jra.v1i3.15375

Fauzi, R. (2022). Al-AmrādhAl-QalbiyyahDanTerapinya Dalam IlmuTasawuf. Hikamia: Jurnal Pemikiran Tasawuf Dan Peradaban Islam, 2(2), 88–100.

Fikriansyah, I. (2023). Memahami Paradigma dari Pengertian, Jenis, dan Contohnya. Detik Bali. https://www.detik.com/bali/berita/d-6572319/memahami-paradigma-dari-pengertian-jenis-dan-contohnya#:~:text=Paradigma adalah suatu keyakinan atau,perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Fitriani, F. (2021). Totalitas Cinta dalam Syair Rabi’ah Al-Adawiyah: Tinjauan Semiotika Pierce. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 10(2), 239–254. https://doi.org/10.24090/jimrf.v10i2.5057

Gumilang, G. S. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2). http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/fokus/a

Hajriansyah. (2020). SUNGAI KEARIFAN Bunga Rampai Tulisan-tulisan Islam Populer di Website LP2M UIN Antasari 2020 (M. S. Kurdi, Ed.). Antasari Press. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Hamirul. (2019). Peran Kepala Sekolah Sebagai Edukator untuk Meningkatkan Mutu Lulusan Di SMA Negeri I Muara Bungo. Efektor, 6(1), 52–60. https://doi.org/10.29407/E.V6I1.12546

Hasibuan, I. M., Sari, M., Mazaya, N. W., & Cholid, N. (2023). Nasihat Menuntut Ilmu Perspektif Imam Syafií dan Relevansinya di Zaman Sekarang. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(4), 1609–1617.

Herwati, & Ainol. (2021). Emotional Qoutient (EQ) Perspektif Muhammad Ustman Najati Dalam Kitab al-Hadist an-Nabawiy al ‘Ilm an-Nafs. Conseils : Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 1(2), 58–70. https://doi.org/10.55352/bki.v1i2.97

Hidayat, R. I., & Nawawi. (2021). THARIQOHSEBAGAIPESAN DAKWAH MENUJU KEBAHAGIAN HIDUP. Al-Munqidz : Jurnal Kajian Keislaman, 9(1), 15–25.

Italiana, N. R., & Hafsari, T. D. (2023). Tanggung Jawab Manusia Sebagai Khalifah Di Bumi Untuk Menjaga Dan Melestarikan Lingkungan Alam. Journal Islamic Education, 1(3), 288. https://maryamsejahtera.com/index.php/Education/index

Jayana, T. A. (2021). Pendidikan Literasi Berbasis Alquran dalam Tinjauan Teologis, Historis, dan Sosiologis. Islamic Review: Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman, 10(2), 205–218. https://doi.org/10.35878/islamicreview.v10i2.313

Khasanah, W. (2021). Kewajiban Menuntut Ilmu dalam Islam. Jurnal Riset Agama, 1(2), 296–307. https://doi.org/10.15575/jra.v1i2.14568

Kusnadi, M. F., & Hambali, R. Y. A. (2023). Filsafat Cinta Jalaluddin Rumi dalam Upaya Mencegah Paham Radikalisme di Indonesia. Gunung Djati Conference Series, 19, 709–716.

Laksono, A. T. (2022). MEMAHAMI HAKIKAT CINTA PADA HUBUNGAN MANUSIA: Berdasarkan Perbandingan Sudut Pandang Filsafat Cinta Dan Psikologi Robert Sternberg. JAQFI: Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam, 7(1). https://doi.org/http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2834271&val=9611&title=MEMAHAMI%20HAKIKAT%20CINTA%20PADA%20HUBUNGAN%20MANUSIA%20BERDASARKAN%20PERBANDINGAN%20SUDUT%20PANDANG%20FILSAFAT%20CINTA%20DAN%20PSIKOLOGI%20ROBERT%20STERNBERG

Lutfiwati, S. (2020). Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 10(1), 54–63. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh

Mar’ah, F., & Ningsih, T. (2021). Konsep Pendidik dan Peserta Didik dalam Paradigma Profetik. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam , 8(1), 268–280. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/geneologi/article/view/4703

Maryamah, Syukr, A., Badarussyamsi, & Rizki, A. F. (2021). Paradigma Keilmuan Islam. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(2), 160–171.

Masruroh, A. B. (2021). Pembentukan Sikap Tawadu’ Santri Kepada Guru Melalui Kajian Kitab Ta’lim Al-Muta’allim Di Pondok Pesantren Darun Najah Semen Kediri [IAIN Kediri]. https://etheses.iainkediri.ac.id/3563/

Milner, M. (1980). freud dan interpretasi sastra (A. Ds, S. Widaningsih, & Laksmi, Eds.). C.D.U. et SEDES reunis.

Nai, H., & Wijayanti, W. (2018). Pelaksanaan tugas dan fungsi kepala sekolah pendidikan menengah negeri. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), 183–192. https://doi.org/10.21831/AMP.V6I2.10182

Naibaho, S. W., Siregar, E. Y., & Elindra, R. (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA MTs NEGERI 1 TAPANULI TENGAH DISAAT PANDEMI COVID-19. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 304–312. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2596

Naldi, A., Zein, M., Stai, D., & Perdagangan, P. B. (2023). Konsep Tawakal Dalam Kajian Akhlak Tasawuf Berdasarkan Dalil Pada Al Qur’an. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 10(2), 320–329.

Nasrah, A. M. (2020). Analisis Motivasi Belajaar dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 207–213.

Niamah, K. (2021). Paradigma Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 1(1), 59–71. https://doi.org/10.14421/hjie.2021.11-05

Nugraha Putra, A. L. (2023). Kebahagiaan Dalam Pandangan Ibnu Al-Qayyim Al-Jauziyah Dan Relevansinya Terhadap Masyarkat Modern. Jurnal Peradaban, 2(2), 47–66. https://doi.org/10.51353/jpb.v2i2.731

Nurhidayat, N., Wahidin, K., & Maulana, M. A. (2022). Paradigma Islam Dalam Kewajiban Menuntut Ilmu Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 1–16.

Nursalim, A. B. (2022). Mencintai Allah Swt. Youtube. https://youtube.com/shorts/WYOcJn1EoJM?si=nZxAKkv9VrycvzD

Nursalim, A. B. (2024). Hidup Sederhana. Youtube. https://youtube.com/shorts/XsDDSgdzq-s?si=wXCjA2jJ0RRJEECA

Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177

Popper, K. (2011). Popper : Logika Penemuan Ilmiah (A. F. Sompotan, H. Nugroho, M. E. Surmaini, A. Ramdhani, & A. Kristianto, Eds.). Institut Teknologi Bandung.

Putra, A. S., & Radita, F. R. (2020). Paradigma Belajar Mengaji Secara Online Pada Masa Pandemic Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Arman. Mataazir: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(1), 49–61.

Rahmawati, A. (2022). MAKNA CINTA RINDU DAN RIDHO PERSPEKTIF AL-GHAZALI DALAM KITAB IHYA ULUMUDDIN [IAIN Bengkulu]. http://repository.iainbengkulu.ac.id/9987/

Rumiatun, H. (2022). FILSAFAT CINTA PERSPEKTIF IBNU HAZM EL-ANDALUSY [IAIN Bengkulu]. http://repository.iainbengkulu.ac.id/8104/

Rustina, N. (2021). PEMAKNAAN HADIS ANJURAN MENUNTUT IlMU DARI ABU HURAIRAH RIWAYAT MUSLIM DI KALANGAN AKADEMISI KOTA AMBON. Aqlam: Jorunal of Islam and Plurality, 6(2), 23–39.

Sabarrudin, S., Syarifah, I., Ardimen, A., & Samad, D. (2023). Psikologi Manusia dalam Al-Qur’an dan Hadits. Anwarul: Jurnal Pendidikandan Dakwah, 3(1), 83–96. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i1.841

Saihu, M. (2022). Eksistensi Manusia sebagai Khalifah dan Implementasinya dalam Pendidikan Islam. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(3), 400–413.

Setyaningsih, R., Windra, N., Dinata, Y., & Irawati, I. (2023). Supervisor Optimization in Improving the Quality of Education. Journal of Asian Islamic Educational Management (JAIEM), 1(1), 8–16. https://doi.org/10.53889/jaiem.v1i1.194

Shihabuddin, A., Putra, M. R. M., Muti, S., & Hasri, S. (2024). Motivasi Mahasiswa Melanjutkan Pendidikan pada Program Magister Manajemen Pendidikan Islam di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 4859–4875.

Sina, A., Ariani, D., Tarigan, K. S., Sertiawan, N., & Tarigan, M. (2022). Kedudukan Manusia di Alam Semesta: Manusia Sebagai ‘Abdullah, Manusia Sebagai Khalifah Fil Ard. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1349–1358.

Soleh, K. (2012). Epistemologi Ibn Rusyd. UIN-Maliki Press.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan) (A. Nuryanto, Ed.). Alfabeta.

Suriani, A., Chandra, C., Sukma, E., & Habibi, H. (2021). Pengaruh Penggunaan Podcast dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Berbicara pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 800–807. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.832

Syakhrani, A. W. (2022). Petunjuk Rasulullah Saw Tentang Tugas Dan Kewajiban Peserta Didik. Educatioanl Journal: General and Specific Research, 2(2), 298–306. https://www.hadits.id/hadist/tirmidzi/1842

Tampubolon, B. (2020). Motivasi Belajar Dan Tingkat Belajar Mandiri Dalam Kaitannya Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 5(2), 34. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v5i2.1920

Ulfatin, N. (2015). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya (Studi Kasus, Etnografi, Interaksi Simbolik, dan Penelitian Tindakan Pada Konteks Manajemen Pendidikan). Media Nusa Creative.

Wahyudi, M. F. (2021). Peran Manusia Di Bumi Sebagai Khalifah Dalam Perubahan Sosial. An Naba: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Islam, 4(1), 1–13.

Yakobus Banusu, & Firmanto, A. D. (2020). KEBAHAGIAAN DALAM RUANGKESEHARIAN MANUSIA. Forum Filsafat Dan Teologi, 49(2), 51–61.

Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication (Jsc), 1(1), 1–13. https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764

Yusron, M. A. (2022). AL-QUR’AN DAN PSIKOLOGI; MEMAHAMI KEPRIBADIAN MANUSIA PERSPEKTIF AL-QUR’AN. TAFAKKUR : Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 3(1), 82–99.

Zuhdiannoor, A. (2021). Tanpa Nabi Muhammad Saw Kita Tidak Ada Apa-Apanya. Youtube. https://youtu.be/-6DwqlOZjuE?si=Tz5zWCLie9fgLXkX

Zulkarnain, & Fatimah, S. (2019). Kesehatan dan Mental dan Kebahagiaan : Tinjauan Psikologi Islam. Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 10(1), 18–38.




DOI: https://doi.org/10.15548/jcm.v6i2.10979

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Yuriyan Dinata, Rini Setyaningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.