PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS OUTDOOR LEARNING TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbasis Outdoor Learning terhadap berpikir kritis siswa kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini kuantitatif, metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan desain The Matching Posttest-Only Control Design terhadap dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV SDN 51 Kota Bengkulu.Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes tertulis. Data dari hasil penelitian ini menggunakan inferensial yaitu uji-t dan uji korelasi.Hasil penelitian menunjukkan hasil uji-t dengan t-hitung pada keterampilan berpikir kritis siswa di kelas kontrol sebesar 60,77 mengalami kenaikan naik menjadi rata-rata kelas eksperimen pada hasil berpikir kritis siswa sebesar 88,43. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbasis Outdoor Learning terhadap berpikir kritis siswa sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, S., Sukmawati, R. A., & Amalia, R. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurmadikta, 1(2),21-28. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v1i2.795
Ananda Ramanawati. (2017). Implementasi Strategi Outdoor Learning Kelas VA SDN Pananggungan Malang. DOI http://digilib.uinsuka.ac.id/28820/
Dani, A.R. (2024). Pengaruh Metode Outdoor Learning Terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV SDI Sorobaya Kabupaten Gowa. Pujia Unismuh Makassar, https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/39913-Full_Text.pdf
Ennis, R.H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. Presentation at the Sixth International Conference on Thinking at MIT, Cambridge, MA, July, 1994. Faculty. Education. Illinois.
Hardika, S. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim. 1-7.
Husamah. (2013). Pembelajaran Luar Kelas Outdoor Learning. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Jauhar, Mohammad. (2011). Implementasi PAIKEM Dari Behavioristik Sampai Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Kusumaningsih, L. A. (2020). Penerapan Model Predict Observe Explain Berbantuan Media Scrapbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Progres Pendidikan. 185-192.
Munajah, R. (2017). Hubungan Penguasaan Kosakata dan Berpikir Kritis Dengan Kemampuan Membaca Pemahaman (Penelitian Kuantitatif Asosiatif di Kelas IV SD Negeri Banjarsari 5 Serang Kecamatan Cipocok Kota Serang). Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 1(1)
Nurhid, E. W. (2017). Strategi dan Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas (Outdoor Learning). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Riestyan, R. A. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2.
Wahyuni, S. (2022). Implementasi Metode Examples Non Examples Dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9 (1), 50-61.
Winarni, E. W. (2018). Pendekatan Ilmiah Dalam Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bengkulu: FKIP UNIB.
DOI: https://doi.org/10.15548/jcm.v6i2.10982
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Revvi Ayu Fratiwi, Abdul Muktadir, Endang Widi Winarni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.