ANALISIS KESESUAIAN BUKU TEMATIK TEMA BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA DENGAN KOMPETENSI DASAR KURIKULUM 2013 DI KELAS V SD/MI
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya buku teks siswa tematik kurikulum 2013 yang beredar di kalangan siswa saat ini. Buku teks yang digunakan oleh guru dan siswa harus relevan dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Pada kenyataannya buku teks siswa tematik kurikulum 2013 yang beredar saat ini belum di ketahui tingkat kesesuaiannya dengan kompetensi dasar kurikulum 2013. Bedasarkan hal tersebut, maka peneliti terarik untuk meneliti “Kesesuaian Buku Tematik Tema Benda-benda di Sekitar dengan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat kesesuaian buku teks siswa tematik terpadu tema benda-benda di sekitar kita dengan kompetensi dasar kurikulum 2013 di kelas V SD/MI.? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesesuaian buku teks siswa tematik terpadu tema benda-benda di sekitar kita dengan kompetensi dasar kurikulum 2013 di kelas V SD/MI.Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan library research dengan menggunakan teknik dokumentasi. Dengan instrument penelitian menggunakan daftar check-list dengan bentuk penilaian skala likert. Dengan teknik analisis data content analysis.Hasil penelitian ini pada sub Tema 1 Benda Tunggal dan Campuran dengan nilai kesesuaian sebesar 92%, pada sub tema 2 benda dalam kegiatan ekonomi dengan nilai 96%, subtema 3 manusia dan berada di lingkungannya 88.5%, subtema 4 kegiatan berbasis literasi dengan nilai kesesuaian 91%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Journal :
Analisis Keterkaitan Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti(KI), Dan Kompetensi Dasar (KD) Dalam Implementasi Kurikulum 2013’, Jurnal Diklat Keagaman, XII (2018)
Apolonia, Hendrice Ramda. (2017). ‘Analisis Kesesuaian Materi Buku Teks Kemendikbud Matematika Kelas VII Dengan Kurikulum 2013’, Jurnal Pendidikan Matematika, XII .
Armdeni, Media Roza, Asmawati Arief. (2019). ‘Kendala Pendidikan dalam Penilaian AUtentik pada Kurikulum 2013di MIN Kecamtan Bayang Kab. Pesisir Selatan’ Jurnal Tarbiyah al-Awlad 9.
Deswika, Sri Putri. (2018). ‘Peningkatan Aktivitas Belajar Tematik dengan Strategi Inkuiri Pada Tema Lingkungan di MI/SD. Jurnal Tarbiyah al-Awlad 8.
Meria, Aziza. (2017).Kompetensi Guru Kelas Madrasah Ibtidaiyah, Jurnal Tarbiyah al-Awlad 7.
Sari, Milya. (2020). ‘Natural Science’, Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6 .
Sinambela, Pardomuan Nauli Josip Mario. (2012). ‘Kurikulum 2013 Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran’, Jounal Sinambela, 06.
Wahyu, Ningrum Hesty. (2017). ' Analisis Materi dan Soal Matematika dalam Buku Tematik Kurikulum 2013 Siswa Sekolah Dasar' Journal Prosiding.
Wulandari Febria, Dorisno. (2020). ‘Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Tematik Subtema Merawat Tumbuhan untuk Siswa Kelas II Sekolah Dasar.Jurnal Tarbiyah al-Awlad 10.
Book :
Akbar, Sa’ dun. (2013).Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Andi Prastow. (2017). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana.
Ari Subekti. (2017) Buku Guru SD/MI Kelas V. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Fairuz, Tariza. (2019). Analisis Kesesuaian Materi IPA Dalam Buku Ajar Kelas V SD/MI Dengan Kurikulum 2013, 02
Hamruni. (2008). Konsep Edutainment Dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: Bidang Akademik UIN Sunan Kalijaga.
Nazir, Muhammad. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia,
Nova, Eko Wahyu Wibowo. (2018). Citaku Dengan Kurikulum 2013, Ibtida’i,05
DOI: https://doi.org/10.15548/jcm.v3i1.3468
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 CERDAS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.