KONSEP TAWAKKAL DALAM Q.S ALI-IMRAN (TAFSIR MAUDHU’I) SERTA IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Oktavia Wahyuni, Zulmuqim Zulmuqim, Radhiatul Hasnah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman yang keliru tentang tawakkal, tawakkalbukanlah pasrah tanpa ada usaha terlebih dahulu. Namun, yang dimaksud tawakkal adalah menyerahkan diri kepada Allah dengan penuh keyakinan setelah melakukan ikhtiar (usaha) dan mengharapkan pertolongan-Nya. Dalam Al-Qur‟an banyak dijelaskan mengenai konsep tawakkal, namun pada penelitian ini konsep tawakkal yang dijelaskan dalam Q.S Ali-Imran dan implikasinya dalam pendidikan Islam. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kepustakaan dengan menggunakan langkah-langkah tafsir maudhu‟i yaitu sebagai berikut: (1) menetapkan masalah yang dibahas, (2) menghimpun ayat-ayat yang berkaitan dengan masalah, (3) menyusun runtutan ayat sesuai dengan masa turunnya, disertai pengetahuan asbab an-nuzul, (4) memahami korelasi ayat-ayat tersebut, (5) menyusun pembahasan dalam kerangka sempurna, (6) melengkapi pembahasan dengan hadis yang relevan dan (7) mempelajari ayat secara keseluruhan dengan jalan menghimpun ayat-ayat yang mempunyai pengertian sama. Hasil dari penelitian ini adalah konsep tawakkal dalam Q.S Ali-Imran terdapat beberapa ayat dan penulis memberikan tema pada ayat tentang tawakkal yaitu: (1) perintah tawakkal pada ayat 122, (2) tawakkal setelah ikhtiar pada ayat 159-160, dan (3) Allah sebaik-baik pelindung/wakil pada ayat 173-174. Dalam Q.S Ali-Imran ini juga terdapat keterkaitan terhadap komponen pendidikan Islam, terhadap komponen pendidik, komponen peserta didik, komponen tujuan pendidikan Islam yakni menjadikan peserta didik “insan kamil” dengan bentuk taqwa, berilmu berakhlak mulia (tawakkal) dan terhadap komponen materi pendidikan Islam. Materi pendidikan Islam diantaranya pendidikan akhlak yang terbagi menjadi akhlak kepada Allah, akhlak kepada sesama dan lain-lain. Akhlak kepada Allah salah satunya adalah sikap tawakkal.

Keywords


Tawakkal, Pendidikan Islam.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jcm.v3i1.3491
Abstract views : 3510 times
PDF : 954 times

References


Abdul Baqi. 1994. Muhammad Fuadi. Mu‟jam al-Mufahras li al-fadzhi Qur‟anil Karim. Lebanon: Darul Mahrufah.

Hamka. 2015. Tafsir Al-Azhar. Jakarta: Gema Insani.

Misbah, Junaenah. 2016. Pendidikan Islam dalam Perspektif Teori dan Praktek. Jakarta: AMP Press.

Rosidin. 2019. Ilmu Pendidikan Islam: Berbasis Maqashid Syariah dengan Pendekatan Tafsir Tarbawi. Depok: Rajawali Pers.

Syakir, Syaikh Ahmad. 2017. Mukhtashar Tafsir Ibnu Katsir (Jilid 1). Jakarta: Darus Sunnah.

yamsuddin, Ijmad. 2004. Sunan Ibnu Majah. Lebanon: Dar al-Kutub al Ilmiyah.

Shihab, M. Quraish. 2002. Tafsir Al- Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur‟an Volume 2. Jakarta: Lentera Hati.

Tafsir, Ahmad. 2014. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zaini Hasan dan Nofry Andi. 2015. Ilmu Tafsir. Yogyakarta: Lingkar Media Yogyakarta.

Abuddin Nata. 2014. Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia. Jakarta: Rajawali Pers.

Achmad. Tawakal dalam Perspektif IslamJurnal Pendidikan dan Pranata IslamVolume 10 Nomor 2 Tahun 2019.

Frimayanti, Ade Imelda. Implementasi Pendidikan Nilai dalam Pendidikan Islam,Volume 8 No. II 2017.

Ghoni, Abdul. Konsep Tawakkal dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Vol.3, No.1, Juli 2016.

Syafe‟i, Imam. Al- Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 6, November 2015.

Tarmizi. Kepribadian Guru dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Al-Irsyad Pendidikan dan Konseling, Vol., No.1. 2016.

Arifka. Skripsi. Konsep Tawakkal dalam Perspektif M. Quraish Shihab (Kajian Tafsir Tarbawi). Banda Aceh: UIN Ar-Raniry. 2017.

Ikhwan, Asy‟ari. Skripsi. Konsep Tawakkal Menurut M.Quraish Shihab dan Relevansinya dengan Kecerdasan Spiritual. Semarang: UIN Walisongo.

Yakan, Mohd Fathi Bin Zakaria. Skripsi. Konsep Tawakkal dalam Al- Qur‟an. Riau: UIN SUSKA. 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 CERDAS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.