ANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK TERINTEGRASI KETERAMPILAN 4C DI KELAS IV MI/SD
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15548/jcm.v3i1.3493
Abstract views : 337 times
PDF : 254 times
References
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2017. (2019). Panduan Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas. (http://awan965. wordpress. com), diakses 21 Desember 2020.
Artobatama, I., Hamdu, G., & Giyartini, R. (n.d.). (2020). Analisis Desain
Pembelajaran STEM berdasarkan Kemampuan 4C di SD. Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 76–86.
Kementerian Agama, R. I. (2010). Al Qur’an dan Tafsirnya Jilid X: Juz
, 29, 30. Jakarta: Lentera Abadi.
Muhali, M. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21. Jurnal Penelitian
Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25–50.
Paramita, I. A. P. (2020). Pengembangan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran Tema Sehat Itu Penting Berbasis Kecakapan Belajar Dan Berinovasi Abad 21. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 74–84.
Abdi, M., & Purwoko, B. (2017). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan
Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing. Surabaya.
Departemen Agama, R. I. (2006). Undang-undang Republik Indonesia
Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen serta Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.
Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian Kepustakaan. Malang : Literasi
Nusantara.
Kementerian Agama (2018). Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan
Islam Nomer 5164 Tahun 2018 Tentang Petunjuk Teknis Penyusunan RPP Pada Madrasah.
Mardalis. (2016). Metode Penelitian. Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta
: Bumi Aksara.
Mendikbud. (2019). Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
Nursiami, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Ppk (Penguatan Pendidikan Karakter) dan 4C (Creative, Critical Thiking, Communicative, Dan Collaborative) Terhadap kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Minat Belajar Peserta Didik. UIN Raden Intan Lampung.
Prabowo, S. L. (2010). Perencanaan pembelajaran pada bidang studi,bidang studi tematik, muatan lokal, kecakapan hidup, bimbingan dan konseling. UIN-Maliki Press.
Priyanto. (2019). Pembelajaran abad 21: Strategi Menuju Standar Proses Pendidikan Modal Dasar Guru dalam Pembelajaran Kurikulum 2013. Indocamp.
Robima. (2020). Wawancara. MIN 1 Merangin.
Sugiyono, S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 CERDAS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.