ANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK TERINTEGRASI KETERAMPILAN 4C DI KELAS IV MI/SD

Iin Parwati, Remiswal Remiswal, Debi Febianto

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi adanya kecenderungan guru dalam pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran belum optimal dan kurang memahami bentuk pengintegrasian RPP tematik dengan Keterampilan 4C. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk pendeskripsian RPP tematik integrasi keterampilan 4C, untuk pendeskripsian kendala guru dalam membuat RPP tematik integrasi keterampilan 4C dan pendeskripsian strategi meningkatkan kompetensi guru dalam membuat RPP tematik integrasi keterampilan 4C. Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode Library Research (Penelitian Kepustakaan). Pendekatan yang penulis gunakan dalam penelitian ini  adalah pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini dalam pembuatan RPP sesuai dengan komponen dari keterampilan 4C dan sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 14 tahun 2019 tentang penyederhanaan rencana pelaksanaan pembelajaran. Kendala yang dihadapi guru dalam penyusunan RPP tematik integrasi keterampilan 4C yakni kurangnya pemahaman guru tentang keterampilan 4C dan cara mengintegrasikannya dalam pembelajaran tematik. Strategi yang digunakan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP tematik integrasi keterampilan 4C dengan: (1) mengadakan pelatihan atau workshop dari sekolah maupun pemerintah; (2) guru mempelajari RPP dengan seksama; (3) guru mengikuti seminar yang berkaitan dengan RPP terutama yang berkaitan dengan keterampilan abad 21.


Keywords


RPP Tematik; Integrasi; Keterampilan 4C

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jcm.v3i1.3493
Abstract views : 337 times
PDF : 254 times

References


Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2017. (2019). Panduan Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas. (http://awan965. wordpress. com), diakses 21 Desember 2020.

Artobatama, I., Hamdu, G., & Giyartini, R. (n.d.). (2020). Analisis Desain

Pembelajaran STEM berdasarkan Kemampuan 4C di SD. Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 76–86.

Kementerian Agama, R. I. (2010). Al Qur’an dan Tafsirnya Jilid X: Juz

, 29, 30. Jakarta: Lentera Abadi.

Muhali, M. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21. Jurnal Penelitian

Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25–50.

Paramita, I. A. P. (2020). Pengembangan Rencana Pelaksanaan

Pembelajaran Tema Sehat Itu Penting Berbasis Kecakapan Belajar Dan Berinovasi Abad 21. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 74–84.

Abdi, M., & Purwoko, B. (2017). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan

Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing. Surabaya.

Departemen Agama, R. I. (2006). Undang-undang Republik Indonesia

Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen serta Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian Kepustakaan. Malang : Literasi

Nusantara.

Kementerian Agama (2018). Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan

Islam Nomer 5164 Tahun 2018 Tentang Petunjuk Teknis Penyusunan RPP Pada Madrasah.

Mardalis. (2016). Metode Penelitian. Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta

: Bumi Aksara.

Mendikbud. (2019). Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Nursiami, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Ppk (Penguatan Pendidikan Karakter) dan 4C (Creative, Critical Thiking, Communicative, Dan Collaborative) Terhadap kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Minat Belajar Peserta Didik. UIN Raden Intan Lampung.

Prabowo, S. L. (2010). Perencanaan pembelajaran pada bidang studi,bidang studi tematik, muatan lokal, kecakapan hidup, bimbingan dan konseling. UIN-Maliki Press.

Priyanto. (2019). Pembelajaran abad 21: Strategi Menuju Standar Proses Pendidikan Modal Dasar Guru dalam Pembelajaran Kurikulum 2013. Indocamp.

Robima. (2020). Wawancara. MIN 1 Merangin.

Sugiyono, S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 CERDAS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.