IMPLEMENTASI SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS DI SMP NEGERI 5 PAYAKUMBUH

Niade Fitri, Nursyamsi Nursyamsi, Nini Nini

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi bahwa di Smp Negeri 5 Payakumbuh, pelaksanaan supervisi kunjungan kelas sudah dilaksanakan dengan baik oleh supervisor. Hanya saja ada beberapa perangkat rencana pembelajaran guru belum seluruhnya mengacu pada prinsip-prinsip dan komponen-komponen yang harus ada dalam suatu rencana pelaksanaan pembelajaran. Terlebih kesibukan kepala sekolah sekolah karna sering ada kegiatan diluar sekolah, sehingga teknik supervisi kunjungan kelas adakalanya bergeser dari jadwal yang sudah ditentukan.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan langkah-langkah supervisi kunjungan kelas di SMP Negeri 5 Payakumbuh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menemukan bahwa supervisi kunjungan kelas yang dilakukan kepala sekolah diawali dengan (1) tahap persiapan (pra observasi atau pertemuan awal) dengan cara mengadakan pertemuan dengan guru (rapat dewan guru), menyiapkan instrumen observasi, menyusun jadwal supervisi kunjungan kelas. (2) tahap pengamatan selama kunjungan (observasi) dengan cara mengamati jalannya proses pembelajaran, mencatat kegiatan observasi secara rinci dan lengkap. 3) tahap akhir kunjungan dengan cara menanyakan pendapat guru mengenai proses pembelajaran, mendiskusikan hasil observasi kepada guru. (4) tahap tindak lanjut dengan cara melakukan pembinaan penyusunan RPP yang baik dan benar sesuai aturan yang berlaku, melakukan pembinaan pengelolaan pembelajaran di kelas secara profesional.


Keywords


Implementasi; Supervisi; Kunjungan Kelas

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jcm.v3i1.3494
Abstract views : 103 times
PDF : 101 times

References


Andang. (2010). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Ngalim Purwanto. (1998). Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Suharsimi Arikunto. (2004). Dasar-dasar Supervisi Pendidikan. Jakarta : Rinneka Cipta.

Muhammad Azhar. (1996). Supervisi Klinik. Surabaya: Usaha Nasional

H A R Tilaar. (1999). Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional Dalam Perspektif 21. Magelang : Indonesia tera.

Sudarwan Danim dan Khairil. (2012). Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Prasojo, Lantip Diat dan Sudiyono. (2011). Supervisi Pendidikan, Yogyakarta: Gava Media.

Lexy J. Moleong. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 CERDAS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.