PENGEMBANGAN ASESMEN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) BERBANTUAN APLIKASI LECTORA INSPIRE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

Desi Ariska, Zainal Asril, Prima Aswirna

Abstract


Penelitian ini bertujuan penelitian ini yaitu menghasilkan Instrumen Asesmen HOTS yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan ini adalah Plomp yang terdiri dari 3 tahap, yaitu penelitian pendahuluan (Preliminary reseach), fase pengembangan atau prototipe (development of prototype phase), dan fase penilaian (Assesment phase). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validitas, angket praktikalitas, dan angket efektifitas. Uji validitas asesmen HOTS diberikan kepada 3 orang validator ahli dinilai dari aspek materi, media, dan bahasa. Uji praktikalitas asesmen HOTS diberikan kepada 2 orang pendidik fisika dan 20 orang peserta didik dinilai dari aspek kemudahan dan keterbacaan soal dalam pelaksanaan tes. Uji efektifitas diujikan kepada 20 orang peserta didik kelas XI IPA MAN 1 Padang dengan memberikan asesmen HOTS. Hasil penelitian ini telah dihasilkan asesmen HOTS yang valid, praktis dan efektif. asesmen HOTS tersebut valid baik dari segi materi, media dan bahasa dengan nilai rata-rata 87,10% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan soal HOTS Fisika tersebut mempunyai nilai rata-rata yaitu 80,6% dengan kategori praktis, sedangkan untuk keefektifan produk dilihat dari segi angket memperoleh nilai rata-rata sebesar 82,6% dengan kategori sangat efektif, sedangkan untuk asesmen HOTS diperoleh efektifitas soal sebesar 79,8% dengan kategori efektif. Jadi dapat disimpulkan bahwa Asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS) Berbantuan Aplikasi Lectora Inspire Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Berpikir Kreatif Peserta Didik memenuhi criteria valid, praktis dan efektif.


Keywords


Asesmen HOTS; Lectora Inspire; Berpikir Kritis; Berpikir Kreatif

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jcm.v3i1.3497
Abstract views : 299 times
PDF : 371 times

References


Panduan Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas. Online),(http://awan965. wordpress. com) diakses 21 Mei 2020.

Al Rabadi, W. M., & Salem, R. K. (2018). The Level of High-Order Thinking and Its Relation to Quality of Life among Students at Ajloun University College. International Education Studies, 11(6), 8.

Aleven, V. A., & Koedinger, K. R. (2002). An effective metacognitive strategy: Learning by doing and explaining with a computer-based cognitive tutor. Cognitive science, 26(2), 147–179.

Alzoubi, A., Al Qudah, M., Albursan, I., Bakhiet, S., & Abduljabbar, A. S. (2016). The effect of creative thinking education in enhancing creative self-efficacy and cognitive motivation. Journal of Educational and Developmental Psychology, 6(1), 117–117.

Anggraeni, H., Rahayu, S., Rusdi, R., & Ichsan, I. Z. (2018). Pengaruh reciprocal teaching dan problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik sma pada materi sistem reproduksi. Biota: Biologi dan Pendidikan Biologi, 11(1), 77–95.

Bagarukayo, E., Weide, T., Mbarika, V., & Kim, M. (2012). The impact of learning driven constructs on the perceived higher order cognitive skills improvement: Multimedia vs. text. International Journal of Education and Development using ICT, 8(2).

Facione, P. A. (2011). Critical thinking: What it is and why it counts.

Insight assessment, 2007(1), 1–23.

Faridah, R., Siswono, T. Y. E., & Rahaju, E. B. (2018). Developing

Higher Order Thinking Skill (HOTS) Mathematic Problem Using That Quiz Application. Mathematics, Informatics, Science, and Education International Conference (MISEIC 2018), 167–170.

Heong, Y. M., Yunos, J. M., Hassan, R. B., Othman, W. B., & Kiong, T.

T.(2011). The perception of the level of higher order thinking skills among technical education students. International Conference on Social Science and Humanity journal. Faculty of Technical Education, Universiti Tun Hussein Onn Malaysia, 5(2), 281–285.

Jamaluddin, J., Jufri, A. W., Muhlis, M., & Bachtiar, I. (2020). Pengembangan Instrumen Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pijar Mipa, 15(1), 13–19.

Lengelle, R., Meijers, F., Poell, R., & Post, M. (2013). The effects of creative, expressive, and reflective writing on career learning: An explorative study. Journal of Vocational Behavior, 83(3), 419–427.

Onosko, J. J., & Newmann, F. M. (1994). Creating more thoughtful learning environments. Creating powerful thinking in teachers and students: Diverse perspectives, 27–49.

Reeves, T. C. (2006). How do you know they are learning? The importance of alignment in higher education. International Journal of Learning Technology, 2(4), 294–309.

Shi, T., McAllister, D. A., O’Brien, K. L., Simoes, E. A., Madhi, S. A., Gessner, B. D., Polack, F. P., Balsells, E., Acacio, S., & Aguayo, C. (2017). Global, regional, and national disease burden estimates of acute lower respiratory infections due to respiratory syncytial virus in young children in 2015: A systematic review and modelling study. The Lancet, 390(10098), 946–958.

Warmi, A., & Imami, A. I. (2019). Analisis soal penilaian akhir semester mata pelajaran matematika smp berdasarkan level berpikir. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5(2), 53–63.

Yee, M. H., Md Yunos, J., Hassan, R., Tee, T. K., Mohamad, M. M., & Othman, W. (2015). Disparity of learning styles and higher order thinking skills among technical students. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 204, 143–152.

Yenusi, T., Mumu, J., & Tanujaya, B. (2019). Analisis soal latihan pada buku paket matematika SMA yang bersesuaian dengan higher order thinking skill. Journal of Honai Math, 2(1), 53–64.

Yuliana, T., Sari, M., & Meria, A. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Learning Cycle 7E Berbantuan Video pada Materi Teori Kinetik Gas dan Termodinamika. NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6(1), 7–21.

Anjaryani, F. (2018). Pengembangan Kreativitas Peserta Didik di SDIT Alam Harapan Ummat Purbalingga. Tesis. IAINPURWOKERTO.

Conklin, W. (2011). Higher-order thinking skills to develop 21st century

learners. Teacher Created Materials.

Fanani, M. Z. (2018). Strategi pengembangan soal hots pada kurikulum

Edudeena: Journal of Islamic Religious Education, 2(1).

Gilligan, M. E. (2007). Traditional versus alternative assessments: Which type do high school teachers perceive as most effective in the assessment of higher-order thinking skills?. Saint Louis University.

Meyer, O. A., Omdahl, M. K., & Makransky, G. (2019). Investigating the effect of pre-training when learning through immersive virtual reality and video: A media and methods experiment. Computers & Education, 140, 103603.

Resnick, L. B., & Mathematics, S. N. R. C. (US) C. on R. in.

(1987). Education and learning to think.

Riduwan, M. B. A. (2010). Metode dan teknik menyusun tesis. Bandung:

Alfabeta.

Schneider, S., Beege, M., Nebel, S., & Rey, G. D. (2018). A meta-analysis of how signaling affects learning with media. Educational Research Review, 23, 1–24.

Shidiq, A. S., Masykuri, M., & VH, E. S. (2015). Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) menggunakan instrumen two-tier multiple choice pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan untuk siswa kelas XI SMA N 1 Surakarta. Seminar Nasional Pendidikan Sains V 2015.

Siregar, N. F., & Nasution, E. Y. P. (2019). Pembelajaran Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skills. Curup Annual Conference on Math (CACM), 1(1), 21–26.

Yuliantaningrum, L., & Sunarti, T. (2020). Pengembangan Instrumen

Soal HOTS untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis,

Berpikir Kreatif, dan Pemecahan Masalah Materi Gerak Lurus

pada Peserta Didik SMA. Inovasi Pendidikan Fisika, 9(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 CERDAS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.