Analisis Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Di SD/MI

Wandri Ramadhan, Zainal Asril, Rendy Nugraha Frasandy

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembentukan karakter positif peserta didik pada masa sekarang dirasa sangat perlu dilakukan karena globalisasi yang terjadi pada masa semua lini berdampak pada tantangan dan pengaruh yang besar baik secara langsung maupun tidak yang berpengaruh positif maupun pengaruh negatif. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk meneliti Analisis Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SD/MI Rumusan Masalah dalam penelitian ini bagaimana penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SD/MI.? Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penguatan pendidikan karakter (PPK) dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SD/MI. Metode penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan jenis penelitian kualitatif dengan sumber data primer dan sekunder. Dengan instrument penelitian tabel analisis jurnal yang terkait dengan topic yang telah dipilih. Hasil penelitian Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) terdiri dari lima nilai utama diantaranya Religius, Nasionalis, Gotong Royong, Integritas dan Mandiri. langkah-langkah dan penerapan pendidikan karakater yang di integrasikan dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) berupa pengembangan kompetensi dasar yang di integrasikan dengan pendidikan karakter, mengintegrasikan antara budaya lokal dikembangkan sesuai kompetensi dasar, pengintegrasian nilai-nilai karakter melalui mencantumkan nilai-nilai karakter ke dalam Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).


Keywords


Analisis; Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan; Pendidikam Kewarganegaraan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jcm.v3i2.3514
Abstract views : 923 times
PDF : 1215 times

References


Abdul, Halim Hanafi. 2017. Metodologi Penelitian Kependidikan. Bandung: Hakim Publishing.

Dahlan, Muchtar Achmad. et alii, Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud.

Edo, Dwi Cahyo. 2017. Pendidikan Karakter Guna Menanggulangi Dekadensi Moral Yang Terjadi Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar.STKIP PGRI METRO

Hendro, Widodo. 2019. Penguatan Pendidikan Karakter di SD Muhammadiyah Macanan Sleman Yogyakarta,Jurnal Lentera Pendidikan UAD

Indra, Kurniawan. 2013. Integrasi Pendidikan Karakter Ke Dalam Pembelajaran Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD-Jilid I No 1.

Kaelan. 2010. Metode Penelitian Agama Kualitatif Interdisipliner Yogyakarta: Paradigma.

Karimah, Miladinah. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Madrasah Salafiyah Ibtidaiyah. Jurnal IJCETS UNNES

Meilan, Ribka. 2018. Pkn Sebagai Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Untuk Anak Sekolah Dasar. Jurnal FIS UNIMED, 2549-435X

Milya, Sari dan Asmendri. Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA. Vol 6, No.1, Print ISSN 2477 6181

Mujtahidin. 2015. Analisis Integrasi Nilai-Nilai Karakter Kompetensi Dasar Mata Pelajaran PKN Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 2303-307X.

Nurjannah. 2018. Pembentukan Karakter Melalui Pembelajaran PKN Siswa SDN Peunaga Cut Ujong. Jurnal Genta Mulia STKIP Meulaboh

Rokhmadiyah, Nadya Vera Wibowo. 2020. Analisis Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran PPKn di SDN 1 Surotrunan. Jurnal Kalam Cendekia UNSEMAR

Setiawan, Denny. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Karakter Melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Unimed, 2085-482X

Sutama, Sabar Narimo. 2019. Pembentukan Karakter Peserta Didik Dalam Pembelajaran PPKn Berbasis Budaya Lokal. Jurnal Varia Pendidikan

Yolanda, Agufratiwi. 2019. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pkn Kelas V SDN 113 Rejang Lebong


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Journal Cerdas Mahasiswa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.